Sering Merasakan Sakit Kepala, Cacing Pita Bersarang di Otak Pria ini Selama 10 Tahun!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 30 Januari 2020 13:15
Sering Merasakan Sakit Kepala, Cacing Pita Bersarang di Otak Pria ini Selama 10 Tahun!
Setelah sekian lama menderita sakit kepala dan muntah yang tak ada henti-hentinya, beruntung pria ini masih hidup setelah dokter menemukan cacing pita yang telah bersarang di otaknya selama 10 tahun.

Pria asal Texas, bernama Gerardo ini telah menderita sakit kepala selama berbulan-bulan. Terkadang ia merasakan sakit yang begitu buruk dan membuatnya mual bahkan pingsan saat menyaksikan pertandingan sepakbola. Selama ini ia menganggap bahwa sakit yang dirasakannya adalah hal yang biasa.

Dilansir dari Unilad (28/1) Gerardo akhirnya memeriksakan dirinya ke rumah sakit untuk melakukan perawatan dari penyebab sakit kepala yang ia alami selama ini. Untungnya, Gerardo pun dirawat dilakukan perawatan lebih lanjut. Para profesional medis akhirnya dapat mengidentifikasi sumber dari rasa sakit dari pria ini dan menunjukkan massa 4 cm yang ada di dekat batang otaknya.

1 dari 3 halaman

Cacing Pita di Otak © Diadona

Dr Jordan Amadio, ahli bedah saraf di Dell Seton Medical Center yang menangani masalah pria ini, menemukan massa besar di otaknya. Ketika tes lebih lanjut dan tidak beranggapan bahwa penyakit yang di deritanya dikarenakan tumor otak. dokter pun menyadari kalau itu adalah cacing pita yang memiliki ukuran cukup besar. Dokter mengira Gerardo mengidap cacing pita lebih dari 10 tahun yang lalu setelah makan daging babi yang kurang matang, sehingga cacing itu tumbuh di dalam otaknya sejak saat itu.

 

2 dari 3 halaman

Cacing Pita © Diadona

Cacing pita telah menyebabkan infeksi pada sistem saraf pusat yang disebut neurocysticercosis, yang dialami sekitar 1.000 orang di Amerika Serikat setiap tahun! Mereka yang terkena mungkin tidak memiliki gejala, atau mereka mungkin hanya merasakan sakit perut, mual atau muntah, sakit kepala bahkan kejang.

Untungnya, Gerardo menyadari ada sesuatu yang salah pada sakitnya yang dialami sejak lama, dan dokter pun dengan segera dapat menghilangkan parasit dari otaknya. Ia diperkiralkan akan pulih, meskipun dokter mengatakan cacing dan larva itu bisa membunuhnya.

3 dari 3 halaman

Dr Amadio menangani masalah pria ini berkata :

'Di wilayah tertentu di negara seperti Texas dan California, ini bisa menjadi hlebih umum, jadi saya pikir harus lebih diperhatikan oleh setiap profesional medis, karena tidak umum dilihat dan sebenarnya bisa menyamar sebagai hal yang berbeda'.

Hal ini dikarenakan banyak orang orang tidak tahu bahwa mereka terinfeksi selama bertahun-tahun yang tidak selalu menunjukkan gejala. jadi, kalau kamu mengalami salah satu dari gejala di atas, pastikan untuk memeriksanya. terutama kalau kamu sudah makan babi yang kurang matang.

Jangan pernah menganggap enteng kalau kamu mengalami sakit pusing yang cukup lama, karena bisa jadi kamu mengalami seperti yang dialami oleh pria asal Texas ini.

Beri Komentar