Review Film Buya Hamka yang Dibintangi Vino G Bastian, Cerita Ajaran Islam Penuh Makna

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 19 April 2023 10:53
Review Film Buya Hamka yang Dibintangi Vino G Bastian, Cerita Ajaran Islam Penuh Makna
Udah mulai bisa ditonton mulai hari ini lho!

Film Buya Hamka akhirnya dirilis pada hari ini, yaitu Rabu (19/4/2023). Vino G Bastian berperan sebagai Buya Hamka, seorang pejuang Islam. Laudya Chintya Bella juga ikut bermain sebagai Sitti Raham, istri dari Buya Hamka. Film ini dibuat oleh Fajar Bustomi dan juga menampilkan beberapa bintang terkenal seperti Desy Ratnasari, Ben Kasyafani, Anjasmara, dan Donny Damara yang tampil dengan penampilan yang berbeda.

Film Buya Hamka sendiri akan terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama akan menceritakan tentang sosok Buya Hamka, bagian kedua akan menceritakan masa kejayaannya, dan bagian terakhir akan kembali ke masa kanak-kanak tokoh yang juga menjadi kisah dalam Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Lalu, seperti apa cerita dari film yang disebut memakan biaya produksi hingga puluhan miliar rupiah? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Sinopsis Film Buya Hamka

Bagian pertama dari film Buya Hamka akan memperkenalkan tokoh Buya Hamka, kehidupan sehari-hari bersama istrinya Sitti Raham, dan juga anak-anak mereka. Selain itu, film ini juga akan menyoroti tugas penting Buya Hamka sebagai kepala keluarga dan juga tokoh penting dalam organisasi Muhammadiyah. Ia diposisikan di Sulawesi untuk mengajarkan Islam melalui organisasi tersebut.

Selanjutnya, Buya Hamka mendapatkan tawaran untuk menjadi pemimpin redaksi di Medan. Namun, karena kondisi ekonomi, ia harus tinggal jauh dari istri dan anak-anaknya.

2 dari 5 halaman

Buya Hamka mengajarkan generasi muda untuk berjuang dengan mengutamakan nilai-nilai keislaman. Salah satu ucapan khasnya yang masih diingat hingga saat ini adalah, " kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup, kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja."

Namun, kejayaan Buya Hamka juga mengalami perubahan layaknya roda yang berputar. Sebuah keputusan yang diambil membuat sastrawan kelahiran tahun 1908 ini menjadi sasaran olokan dari masyarakat Indonesia. Buya Hamka dicap sebagai pengkhianat yang menikmati keuntungan dengan dikelilingi oleh perempuan hingga dijuluki penjilat penjajah. Kisah ini terjadi pada masa jajahan Jepang di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Review Film Buya Hamka

Dengan durasi 106 menit, film Buya Hamka terasa sangat padat dengan cerita. Sehingga, beberapa hal detail masih menjadi pertanyaan hingga akhir film. Salah satunya adalah saat Buya Hamka memberikan hadiah kepada istrinya berupa sarung yang mencuri perhatian.

Mungkin saja dalam sejarahnya, sarung tersebut memiliki makna yang mendalam. Sayangnya, Fajar Bustomi beserta penulis Alim Sudio dan Cassandra Massardi tidak mengulasnya. Namun, film yang termasuk dalam genre drama biografi ini tidak membosankan. Hal yang menjadi daya tarik adalah gombalan-gombalan Buya Hamka yang menggemaskan untuk istrinya, Sitti Raham. 

4 dari 5 halaman

Chemistry antara Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella berhasil mendapat acungan jempol. Nah, film ini sudah mulai bisa ditonton di bioskop mulai hari ini ya, Diazens. Pas banget buat mengisi waktu saat ngabuburit!

Beri Komentar