Ganti Identitas, Serda Aprilia Manganang Dapat Nama Baru dari Istri Jendral Andika Perkasa

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 18 Maret 2021 21:20
Ganti Identitas, Serda Aprilia Manganang Dapat Nama Baru dari Istri Jendral Andika Perkasa
Serda Manganang mendapatkan nama baru sebagai laki-laki dari Ibu Hetty Andika Perkasa.

Nama Aprilia Manganang belakangan ini kerap terdengar di berbagai pemberitaan. Eks pevoli tim nasional Indonesia itu memang sempat ramai diperbincangkan lantaran status gendernya.

Sebelumnya, Aprilia Manganang merupakan pemain di tim nasional voli putri Indonesia. Namun, belakangan diketahui bahwa jenis kelamin asli dari Aprilia adalah seorang laki-laki. Hal itu bisa terjadi karena ia mengidap hipospadia.

Beberapa waktu berselang setelah jenis kelamin aslinya telah diketahui, Aprilia Manganang pun mendapat identitas baru. Namanya sebagai seorang lelaki bahkan disematkan langsung oleh Ibu Hetty Andika Perkasa, istri Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa.

Aprilia Manganang telah resmi menjadi seorang laki-laki. Hal itu disampaikan langsung oleh Kasad TNI Jendral Andika Perkasa beberapa waktu silam. Hasil tersebut didapat dari pemeriksaan yang dilakukan pada bulan Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

1 dari 3 halaman

Nama Baru Serda Manganang

Jendral Andika Perwira, Ibu Hetty Andika Perwira, dan Serda ManganangJendral Andika Perwira, Ibu Hetty Andika Perwira, dan Serda Manganang © youtube.com/TNI AD

Melengkapi pergantian status jenis kelaminnya tersebut, Ibu Hetty Andika Perkasa rupanya telah menyiapkan nama khusus untuk prajurit berpangkat sersan dua tersebut.

" Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau dikasih nama?" tanya Ibu Hetty Andika Perkasa dalam video yang diunggah di kanal YouTube TNI AD.

" Siap (mau)," jawab Manganang singkat.

" Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang 'Lanang'," ujar Ibu Hetty.

2 dari 3 halaman

Arti Nama

Ibu Hetty Andika PerkasaIbu Hetty Andika Perkasa © youtube.com/TNI AD

Nama yang diberikan oleh Ibu Hetty Andika Perkasa bukan sembarangan. Ada doa yang terselip di dalamnya.

Ia mengambil nama tersebut dari istilah Bahasa Jawa yang berarti laki-laki. Lewat nama pemberian tersebut, Ibu Hetty berharap Manganang bisa menjadi sosok laki-laki sejati.

" Lanang itu lelaki, itu Bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang menjadi lelaki sejati. Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang. Untuk menjadi lelaki yang bisa menjadi kebanggaan saya," ujar Ibu Hetty.

3 dari 3 halaman

Sidang Perubahan Identitas Serda Manganang

Setelah resmi menjadi laki-laki lewat keterangan medis dan mendapat nama baru, Serda Aprilia Manganang atau Lanang akan segera mengesahkan status identitas barunya itu di Pengadilan Negeri Tondano. Sidang akan dilangsungkan secara virtual pada Jumat, 19 Maret 2021 esok.

Jendral Andika Perkasa pun mengungkapkan dukungan untuk perubahan status identitas prajuritnya tersebut. Ia berharap, setelah disahkan oleh negara, Manganang bisa menjalani kehidupan baru dengan lebih tenang.

" Harapannya setelah ini Serda Manganang bisa menjadi seseorang yang memang ditakdirkan untuknya," terang Jendral Andika Perkasa dikutip dari laman Tempo.

Beri Komentar