Putri Leonor Ucap Sumpah Setia sebagai Calon Ratu Spanyol di Hari Ulang Tahun ke-18

Reporter : Aditia
Jumat, 3 November 2023 14:07
Putri Leonor Ucap Sumpah Setia sebagai Calon Ratu Spanyol di Hari Ulang Tahun ke-18
Putri Leonor sendiri akan menjadi ratu pertama Spanyol setelah satu abad

Putri Leonor, calon ratu Spanyol akan segera mewarisi tahkta sang ayah.Baru-baru ini, Leonor menginjak usia 18 tahun pada 31 Oktober 2023 lalu.

Tepat umur 18 tahun ini, calon ratu Spanyol ini mengucapkan sumpah setia pada Konstitusi Spanyol.

Putri Leonor mengenakan setelan serba putih dan ditemani oleh Raja Felipe, Ratu Letizia, dan sang adik, Putri Sofia.

Leonor melakukan sumpahnya di Kongres Deputi di Madrid, ibu kota Spanyol.

1 dari 2 halaman

Ucap Sumpah Setia

Putri Leonor Ucap Sumpah Setia © Diadona

“ Saya bersumpah untuk menjalankan tugas saya dengan setia, untuk menjaga dan memastikan bahwa Konstitusi dan undang-undang dipatuhi, untuk menghormati hak-hak warga negara dan Komunitas Otonom, serta kesetiaan kepada Raja,” ucapnya, dikutip dari People.

Sumpah tersebut diterima oleh Presiden Cortes Generales Francina Armengol, menegaskan bahwa Putri Leonor adalah pewaris sah kerjaan sesuai dengan konstitusi yang berlaku.

“ Cortes Generales baru saja menerima sumpah yang diambil oleh Yang Mulia, sesuai dengan Konstitusi, sebagai pewaris Mahkota. Hadirin sekalian. Hidup Konstitusi! Panjang umur raja! Hidup Spanyol!” serunya.

 


Kalung Charles III

Usai melakukan sumpah, Putri Leonor menerima medali dari Presiden Kongres dan Senat serta menandatangi Buku kehormatan Kongres Deputi edisi kedua.

Setelah itu, Putri Leonor diberikan Kalung Charles III eksklusif untuk anggota keluarga kerajaan Spanyol dan kepala negara dan pemerintahan.

Pada sumpahnya, Putri Leonor menegaskan kembali mengenai komitmennya terhadap konstitusi dan kesetiaannya kepada Raja.

" Mulai hari ini saya berhutang budi kepada seluruh rakyat Spanyol, yang akan saya layani setiap saat dengan rasa hormat dan kesetiaan. Tidak ada kebanggaan yang lebih besar. Pada hari yang sangat penting ini yang akan selalu saya ingat dengan penuh emosi, saya meminta Anda untuk memercayai saya, karena saya telah menaruh seluruh kepercayaan saya pada masa depan kita, di masa depan Spanyol," kata sang Putri.

" Saya telah dengan sungguh-sungguh, secara formal dan terbuka berkomitmen terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan nilai-nilai konstitusional kita, yang saya yakini sepenuhnya. Saya telah memikul tanggung jawab besar terhadap Spanyol di hadapan Cortes Generales, yang saya harap dapat membalasnya dengan bermartabat dan dengan contoh terbaik," tutupnya.

 

2 dari 2 halaman

Jadi Ratu Pertama Spanyol usai 1 Abad Berlalu

Putri Leonor Ucap Sumpah Setia © Diadona

Putri Leonor juga mengikuti parade militer dari Angkatan Darat, Garda Sipil yang tampil di depan perwakilan pemerintah, para pejabat, dan tamu undangan.

Putri Leonor sendiri akan menjadi ratu pertama Spanyol setelah satu abad yang lalu Ratu Isabella II memimpin pada tahun 1868.

Pada tahun 2014, saat sang ayah resmi menjadi raja Spanyol, Leonor menerima gelar sebagai pewaris takhta Kerajaan Spanyol.

Gelar Putri Leonor itu meliputi Putri Asturias, Putri Girona, Putri Viana, Bangsawan dari Montblanc, Countess dari Cervera, dan Nyonya Balaguer.

Tak lama ini juga, ia bergabung pada Akademi Militer Umum Zaaragoza dan memulai pendidikan militer tiga tahunnya. Hal ini untuk mempersiapkan dirinya menjadi panglima tertinggi angkatan bersenjata Spanyol sebagai Ratu Spanyol.

 

Beri Komentar