Puluhan Makam di Bandung Rusak dan Lenyap karena Longsor, Jenazah sampai Hanyut ke Sungai

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 3 Mei 2020 19:43
Puluhan Makam di Bandung Rusak dan Lenyap karena Longsor, Jenazah sampai Hanyut ke Sungai
Bencana alam bisa terjadi kapan saja.

Bencana alama merupakan kejadian yang terjadi begitu saja dan tak disangka-sangka. Bencana alam banyak macamnya, dan salah satunya adalah longsor. Sementara makam berada di tanah, bagaimana jika longsor melenyapkan tempat puluhan jasad yang telah meninggal?

Melansir dari media lokal, kejadian itu terjadi di Bandung, tepatnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra. Karena hujan deras, bantara sungai yang longsor membuat rusak dan sampai melenyapkan puluhan makam di sana.

1 dari 3 halaman

Longsor di Malam Hari

Kejadian ini dibenarkan oleh Ketua RW 2 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Ciibeunying Kaler, yang bernama Entus. Peristiwa itu terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.30 WIB, Jumat 1 Mei 2020 lalu. Dia juga menambahkan longsor tersebut terjadi di dua titik, yaitu di Blok E dan Blok F TPU Cikutra.

2 dari 3 halaman

Makam Hilang sampai Jenazah Ikut Hanyut

Sedangkan menurut laporan, bantaran sungai yang setinggi 20 meter itu longsor bersamaan dengan sejumlah batu nisan. Longsoran tersebut jatuh dan hanyut ke Sungai Cidurian. Bahkan, beberapa jenazah dari pemakaman tersebut ada yang ikut hanyut ke sungai.

" Ada yang masih dicara (jenazahnya). Yang sudah ditemukan ada tiga. Sementara yang harus segera dipindahkan ada 15 makam karena kondisinya sudah mengkhawarkan, harus segera kita antisipasi," ucap Sumpena, Kepala UPT wilayah 3 Dinas Penataan Ruang Kota Bandung.

Dia juga menambahkan, sejauh ini tercatat ada 29 makam yang rusak, dan 14 di antaranya mengalami rusak berat.

Beri Komentar