Pengertian Laporan dalam Keuangan, Teks Hasil Observasi, serta Laba Rugi Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 2 Juli 2020 09:10
Pengertian Laporan dalam Keuangan, Teks Hasil Observasi, serta Laba Rugi Menurut Para Ahli
Pengertian laporan ialah bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai hal terhadap suatu kegiatan.

Pengertian laporan adalah sebuah fakta yang disajikan dan dirangkai dengan tanggung jawab yang diberikan kepada orang bersangkutan daam kegiatan tersebut.

Sehingga, fungsi dari laporan ialah sarana untuk menyampaikan informasi, bahan pertanggung jawaban, bahan evauasi, pengawasan, serta pengambilan keputusan.

Setelah beberapa fungsi tersebut, ciri-ciri dari laporan ringkas, logis, sistematis dan lengkap. Hal ini berguna sebagai pembeda, manakah laporan yang sah dan tidak. Selain itu, ini juga mempermudah orang yang bersangkutan dalam membuat laporan tersebut.

Nah, supaya kamu lebih tau pengertian laporan, dan jenisnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan © Diadona

Bagi kamu yang bekerja di bagian administrasi, tentu sudah paham dengan yang namanya laporan. Mulai dari laporan kerja, hingga laporan keuangan.

Pengertian laporan keuangan adalah hasil akhir dari suatu proses pencatatan transaksi keuangan di sebuah perusahaan pada 1 (satu) periode.

Sehingga proses penyusunan laporan keuangan harus menggunakan berbagai sumber data, mulai dari faktur, bon, nota kredit, laporan, bank dan lainnya. Sebab, semua data asli transaksi keuangan tersebut digunakan sebagai bukti keabsahan transaksi.

Umumnya, tujuan dari pembuatan laporan keuangan pada perusahaan ialah untuk membantu perusahaan dalam menilai pertumbuhan bisnis di masa depan, serta menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Laporan © Diadona

Merujuk dari penjelasan di atas, adapun pengertian laporan menurut beberapa ahli berikut ini untuk menambah wawasanmu semakin luas:

1. Sundjaja dan Barlian (2001:47)

Pengertian laporan keuangan ialah suatu laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi untuk alat komunikasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan.

2. M. Sadeli

Menurut M. Sadeli, pengertian laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntasi yang di dalamnya terdapat proses identifikasi serta laporan informasi ekonomi untuk sebagai bahan pertimbangan di dalam mengambil keputusan yang tepat.

3. Sofyan S. Harahap

Laporan keuangan merupakan suatu laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada periode tertentu.

3 dari 4 halaman

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian Laporan © Diadona

Sejauh ini, teks laporan hasil observasi memang hampir sama dengan teks deskripsi. Sebab sama-sama menyampaikan suatu informasi berdasarkan fakta.

Namun, pengertian teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan.

Tujuan dari teks laporan ini ialah untuk mengtasi suatu persoalan, mengambil keputusan yang lebih efektif, dan mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Sedangkan, fungsi dari teks ini ialah untuk melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan, serta sebagai sumber informasi terpercaya.

4 dari 4 halaman

Pengertian Laporan Laba Rugi

Pengertian Laporan © Diadona

Pengertian laporan laba rugi merupakan laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bidang keuangan tertentu.

Biasanya laporan ini dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Oleh karena itu, sebagian besar laporan dikerjakan pada akhir tahun atau akhir bulan.

Selain itu, dengan adanya laporan keuangan ini, pihak atasan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan yang terkini. Sehingga laporan tersebut bisa dijadikan sebagai dasar evaluasi untuk langkah kebijakan selanjutnya.

Intinya, laporan keuangan dari suatu perusahaan yang dihasilkan pada periode akuntansi untuk menjabarkan unsur-unsur pendapatan serta beban perusahaan, yang nantinya menghasilkan suatu laba bersih.

Beri Komentar