Pengertian Geopolitik dan Geostrategi Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 3 Juli 2020 09:52
Pengertian Geopolitik dan Geostrategi Menurut Para Ahli
Pengertian geopolitik adalah permainan politik dari negara-negara di dunia untuk membagi wilayah kekuasaan di berbagai bidang.

Pengertian geopolitik merupakan metode analisis kebijakan luar negeri yang berupaya memahami dan menjelaskan perilaku politik internasional dalam variabel geografi.

Sedangkan menurut pendapat lain, geopolitik ialah kebijakan politik yang memanfaatkan geografi sebagai basis penguasaan ruang hidup untuk menjamin kelangsungan kehidupan negara yang bersangkutan.

Oleh karena itu, fungsi dari geopolitik adalah sebagai konsep ketahanan naional dalam pertahanan dan keamanan, dan pembangunan, serta untuk mengatur pembatasan negara guna menghindari terjadinya sengketa dengan negara tetangga.

Nah, untuk lebih lengkapnya tentang pengertian geopolitik, langsung saja simak ulasan beirkut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Geopolitik Indonesia

Pengertian GeopolitikPengertian Geopolitik © shutterstock.com/BUTENKOV ALEKSEI

Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics memiliki makna, yaitu kepentingan umum warga negara suatu bangsa untuk mencapai tujuan tertentu yang di kehendaki.

Sehingga, konsep geopolitik Indonesia berdasarkan pada pandangan kewilayahan dan kehidupan bangsa. Di mana sebuah negara yang sangat luas dengan berbagai keragaman di dalamnya.

Selain itu, pentingnya geopolitik bagi Indonesia ialah untuk mempertahankan Negara yang berperan penting dalam pembinaan kerjasama dan penyelesaian konflik antarnegara.

Dengan begitu,mgeopolitik merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan berwujud Negara kepulauan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

2 dari 5 halaman

Pengertian Geopolitik Menurut Para Ahli

Pengertian GeopolitikPengertian Geopolitik © shutterstock.com/smolaw

Untuk penjelasan lebih lanjut, adapun pengertian geopolitik menurut para ahli berikut ini:

1. Frederich Ratzel

Menurut Frederich Ratzel, pengertian geopolitik adalah suatu ilmu politik yang menjadi peletak dasar-dasar suprastruktur untuk kekuatan suatu negara dalam mewadahi pertumbuhannya.

2. Peter Haggett

Pengertian geopolitik ialah cabang ilmu geografi yang mengkaji mengenai aspek keruangan pemerintah,  mencakup hubungan regional, atau hubungan internasional, yang ada di muka bumi.

3 dari 5 halaman

3. Preston E. James

Preston E. James berpendapat bahwa, pengertian geopolitik merupakan sistem dalam hal menempati suatu ruang yang ada di permukaan bumi.

4. Rudolf Kjellen

Pengertian geopolitik ialah suatu seni serta praktek penggunaan kekuasaan politik atas suatu wilayah tertentu.

5. Sunarso

Geopolitik merupakan ilmu penyelenggaraan negara dimana setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah- masalah geografi wilayah suatu bangsa.

4 dari 5 halaman

Pengertian Geopolitik dan Geostrategi

Pengertian GeopolitikPengertian Geopolitik © shutterstock.com/smolaw

Bagi sebagian orang, masih belum tau apa definisi geopolitik dan geostrategi. Sehingga, dari artikel ini akan menjawab pertanyaanmu selama ini tentang definisi dari dua kata tersebut.

Pengertian geopolitik merupakan kekuatan dan kekuasaan yang dikembangkan berdasarkan tentang paham perang dan damai yang disesuaikan dengan kondisi dan konstelasi geografi di wilayah tertentu.

Sedangkan pengertian geostrategi adalah perumusan strategi nasional yang memperhitungkan kondisi dan kostelasi geografi sebagai faktor utamanya.

5 dari 5 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia

Pengertian GeopolitikPengertian Geopolitik © shutterstock.com/Rawpixel.com

Seperti yang diketahui, wawasan nusantara merupakan sebuah cara pandang Bangsa Indonesia dan juga wilayah NKRI, yang meliputi udara, darat, dan laut sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial Budaya serta Pertahanan Keamanan.

Sehingga, dari penjelasan tesebut pengertian wawasan nusantara sebagai geopolitik ialah cara pandang bangsa Indonesia mengenai sebuah bentuk geografi yang bedasarkan dasar negara yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, didalam pelaksanaanya, suatu wawasan nusantara lebih mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebinekaan guna mencapai tujuan nasional.

Intinya, bagi bangsa Indonesia pengertian geopolitik adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia untuk mengena mengenal lingkungannya, yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945.

Beri Komentar