Pengertian Biomassa, Jenis, dan Manfaat dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Juni 2020 10:03
Pengertian Biomassa, Jenis, dan Manfaat dalam Kehidupan Sehari-hari
Biomassa adalah bahan bakar untuk produksi industrial.

Biomassa adalah energi yang dibuat untuk bahan bakar yang berasal dari sumber alami untuk memenuhi kebutuhan berbagai kebutuhan.

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh dari biomassa adalah limbah hewan, limbah industri, pohon, tanaman produksi dan residu serat-serat tanaman.

Oleh sebab itu, mengapa biomassa disebut sebagai bahan bakar, sebab ia juga mengadung unsur karbon yang energinya bisa menjadi solusi bahan bakar yang selama ini mencemari lingkungan hidup dan tidak dapat diperbaharui.

Nah, agar kamu lebih paham dengan pengertian biomassa, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Biomassa adalah..

Biomassa adalah © Diadona

Seperti yang telah disebutkan, biomassa adalah bahan biologis yang hidup atau mati, untuk digunakan sebagai sumber bahan bakar.

Selain itu, istilah umum dari biomassa adalah materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagai biofuel, produksi serat, bahan kimia, atau panas.

Meski begitu, Biomassa tidak termasuk dalam organik yang telah tertransformasi oleh proses geologis untuk menjadi zat seperti batu bara atau minyak bumi.

2 dari 5 halaman

Oleh karena itu, ada beberapa fakta yang dihasilkan dari sumber energi biomassa adalah limbah eliminator, rumah kaca tanpa atap, biogas, serta energi daur ulang.

Tak hanya itu saja, keunggulan yang di dapat dari energi biomassa adalah mampu mengurangi impor bahan bakar fosil, mengubah sampah menjadi sumber energi yang bermanfaat, serta menjadi energi yang berguna dengan adanya teknologi pendukung.

3 dari 5 halaman

Biomassa Tanaman

Biomassa adalah © Diadona

Pada umumnya, hutan merupakan sumber daya alam yang merupakan suatu ekosistem, yang terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara individu dengan lingkungannya.

Sehingga lingkungan tempat tumbuh dari tumbuhan merupakan suatu sistem yang kompleks, dimana berbagai faktor saling beinteraksi dan saling berpengaruh terhadap tumbuh-tumbuhan.

Dengan begitu biomassa tanaman atau tumbuhan terus bertambah karena tumbuhan menyerap karbondioksida (CO­­2) dari udara dan mengubah zat ini menjadi bahan organik melalui proses fotosintesis. Sehingga hal inilah yang membedakan ekosistem tumbuhan dengan hewan.

4 dari 5 halaman

Energi Biomassa

Biomassa adalah © Diadona

Seiring berkembangnya ekonomi yang cenderung naik setiap tahunnya, tentu akan berpengaruh pada kebutuhan energi untuk kegiatan ekonomi khususnya dalam kegiatan transportasi dan industri.

Sehingga, kebutuhan energi sebagai penyedia tenaga listrik dan bahan bakar pun sangat dibutuhkan. Dengan begitu, munculah pertanyaan 'adakah sumber energi yang bisa digunakan, selain untuk memenuhi kebutuhan energi?'

Tentu jawabannya energi biomassa adalah salah satu jawabannya. Sebab, energi tersebut di dapatkan dari sumber energi yang berasal dari bahan biologis atau organik.

Selain itu, penggunaan biomassa pun juga banyak macamnya, mulai jadi bahan campuran suatu sumber energi serta ada pula yang secara murni menjadi sumber energi.

5 dari 5 halaman

Piramida Biomassa

Biomassa adalah © Diadona

Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan berat atau massa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkat yang diwakili pada waktu tertentu.

Sehingga, untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik maka berat rata-rata organisme di tiap tingkat diukur kemudian jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan.

Sebab, fungsi dari piramida biomassa adalah untuk menggambarkan perpaduan massa pada seluruh organisme di habitat tertentu dan diukur dalam gram.

Selain itu, piramida biomassa adalah jenis piramida yang memiliki massa relatif dari konsumen dan makanan yang iwakili pada waktu yang sama. Sehingga, massa perkiraan hewan dan tanaman bertumpuk pada bentuk piramida.

Beri Komentar