Nama Organ Gerak Katak, Fungsi dan Fakta Menarik Tentang Binatang Amfibi ini

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 16 Agustus 2022 16:44
Nama Organ Gerak Katak, Fungsi dan Fakta Menarik Tentang Binatang Amfibi ini
Katak bergerak dengan cara melompat dan berenang. Dengan organ apakah dia bergerak?

Selain bisa melompat tinggi, katak juga bisa berenangd iair. Hal ini bisa terjadi karena organ geraknya. Apa nama organ geraknya tersebut?

Nama organ gerak katak adalah tungkai kaki. Tungkai belakangnya jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Mengapa demikian? Karena tungkai belakang berfungsi buat melompat sehingga strukturnya lebih kukuh. Nah, tungkai bagian depan berfungsi buat menahan tubuh saat mendarat.

1 dari 3 halaman

Apa Nama Organ Gerak Katak?

Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 yang ditulis oleh Christina Umi, 2000, tulang belakang katak berukuran panjang dengan otot yang kuat. Makanya katak bisa lompat dengan tinggi, bukan?

Nggak cuma itu aja, katak juga punya selaput renang yang ngasih tekanan kuat saat dia berada di dalam air sehingga dia bisa bergerak dan berenang. Daripada saat di daratan, katak bergerak lebih baik ketika di air.

Beberapa spesies punya kaki belakang yang pendek dan nggak bisa melompat, tapi katak lainnya unya kaki yang panjang dan kuat. Pada permukaan datar, banyak katak yang bisa melompat 20 kali dari panjang tubuhnya pada permukaan yang datar.

Nah, udah tahu kan kalau organ gerak katak dinamakan tungkai? Sekarang Diadona mau ngasih tau beberapa fakta yang unik dan menarik dari hewan amfibi ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Unik tentang Katak

Nama Organ Gerak Katak dan FungsinyaNama Organ Gerak Katak dan Fungsinya © Ed van duijn on Unsplash

Melansir laman American Museum of Natural History (AMNH), berikut ini fakta yang menarik tentang katak :

1. Sejak kapan nih katak ada di Bumi? Beberapa bukti menyebutkan kalau katak udah menjelajah Bumi selama 200 juta tahun. Yah, barengan sama dinosaurus lah.

2. Katak terbesar di dunia adalah katak goliath dari Afrika Barat—bisa tumbuh sampai 40 senti dan berat sampai 3.5 kg. Kerangka katak goliath ditampilkan dalam Frogs: A Chorus of Colors .

3. Katak bisa berumur sangat panjang, meskipun rentang umur sebenarnya belum diketahui pasti. Kata Eropa bisa hidup sampai berumur 10-20 tahun sedangkan menurut laman AMNH, katak di penangkaran diketahui hidup lebih dari 20 tahun.

4. Katak memiliki penglihatan malam yang sangat baik dan sangat sensitif terhadap gerakan. Mata yang menonjol dari kebanyakan katak memungkinkan mereka untuk melihat ke depan, ke samping, dan sebagian di belakang mereka.

5. Katak adalah hewan darat pertama yang memiliki pita suara. Katak jantan memiliki kantung vokal—kantong kulit yang berisi udara. Beberapa jenis katak bisa memiliki suara yang terdengar hingga jarak 1 mil.

6. Sepertri halnya hewan amfibi lainnya, katak berdarah dingin. Artinya, suhu tubuh mereka berubah sesuai dengan suhu lingkungan mereka. Ketika suhu turun, beberapa katak menggali liang di bawah tanah atau di lumpur di dasar kolam trus tidur di situ sampai suhu menghangat.

3 dari 3 halaman

Perbedaan Katak dan Kodok

Nama Organ Gerak Katak dan FungsinyaNama Organ Gerak Katak dan Fungsinya © Zdenk Machek on Unsplash

Dan oh iya nih, kamu mungkin mengira kalau katak dan kodok adl hewan yang sama. Padahal keduanya adalah hewan yang berbeda lho

Ditulis oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, beberapa ini perbedaan antara kodok dengan aktak :

Kodok bertubuh lebar dan besar, kulit kering, tebal dan kasar dan kaki relatif pendek. Saat melompat, lompatannya nggak terlalu jauh. Dia bisa hidup di mana saja mulai dari rumah orang, perkotaan, sungai berair jernih hingga yang paling kotor sekalipun.

Nah, kalau katak memiliki tubuh yang langsing. Kulitnya basah, lembab, berlendir tipis dan juga halus. Kakinya juga lebih panjang yang merupakan organ geraknya, sehingga dia bisa melompat lebih jauh. Selain itu, kaki belakangnya berselaput jelas sehingga beberapa jenis adalah perenang ulung.

Soal tempat hidupnya sih katak punya banyak jenis yang menempati habitat tertentu. Contohnya ada katak sawah, katak pohon, atau juga yang biasanya kita temui bersembunyi di balik batuan pada sungai berarir bersih.

Nah, udah tahu kan apa nama organ gerak katak, fungsi plus ditambah fakta menarik tentang hewan satu ini.

 

Beri Komentar