Nama-Nama Dataran Rendah di Indonesia

Reporter : Nasa
Kamis, 24 Maret 2022 09:26
Nama-Nama Dataran Rendah di Indonesia
Berikut merupakan ulasan dari jawaban dari pertanyaan 'Nama-Nama Dataran Rendah di Indonesia'

Nama-nama dataran rendah di Indonesia dapat ditemui di sejumlah daerah di Indonesia. Dataran rendah sendiri merupakan tanah luas yang berada pada ketinggian relatif rendah.

Lebih lanjut, dataran rendah juga dapat disebut sebagai dataran aluvial. Dataran rendah disebut terjadi akibat proses sedimentasi sungai. Umumnya, dataran rendah berlokasi di dekat pantai.

Kemudian juga di hilir sungai yang mengakibatkan rentan terkena banjir. Dataran rendah memiliki ciri-ciri dan manfaat tersendiri bagi manusia yang hidup di lingkungan tersebut.

Ciri-Ciri Dataran Rendah

Menurut jurnal berjudul Karakteristik Wilayah Daratan Dan Perairan Di Indonesia yang ditulis oleh Fajri Tsaniati Hasanah dari Universitas Negeri Surabaya, berikut merupakan ciri-ciri dataran rendah :

  • Tanahnya relatif datar.
  • Biasanya di daerah sekitar pantai, namun terdapat juga di daerah pedalaman.
  • Terjadi akibat proses sedimentasi.
  • Memiliki tanah yang subur dan dijadikan pemukiman.
  • Memiliki tekanan udara yang tinggi dibandingkan dataran tinggi.

1 dari 3 halaman

Manfaat Dataran Rendah 

Lebih lanjut, menurut buku Geografi dan Sosiologi kelas VII yang ditulis oleh Drs. Sugiharyanto, M.Si terdapat sejumlah manfaat dataran rendah yang juga perlu kamu ketahui :

  • Sebagai Jalur Transportasi

Dataran rendah merupakan daerah yang bermanfaat sebagai jalur transportasi untuk mendukung manusia dalam menjalankan kehidupannya. 

Hal ini dikarenakan penduduk membangun pemukiman dan pusat aktivitas mereka mengikuti alur transportasi yang berbentuk linier.

2 dari 3 halaman

  • Pusat Aktivitas Penduduk

Dataran rendah bermanfaat sebagai pusat aktivitas penduduk seperti pusat pemerintahan, pusat komunikasi, pusat pendidikan, dan pusat industri.

Keanekaragaman aktivitas penduduk menunjukkan adanya heterogenitas mata pencaharian penduduk. Mata pencaharian penduduk di daerah dataran rendah adalah petani, pedagang, buruh, pegawai kantor, dan lain sebagainya.

  • Lahan Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan

Dataran rendah terjadi akibat proses sedimentasi. Hal tersebutlah yang membuat dataran rendah memiliki tanah yang subur.

Tanah yang subur tersebut dapat dijadikan sebagai lahan pertanian misalnya dapat membuat sawah irigasi dan sawah tadah hujan.

Selain itu karena tanahnya subur, rumput menjadi mudah tumbuh. Wilayah rerumputan tersebut cocok untuk dijadikan peternakan.

Sedangkan untuk lahan perkebunan tidak semua daerah dataran rendah cocok untuk dijadikan perkebunan bergantung pada lokasinya.

3 dari 3 halaman

Nama Nama Dataran Rendah di Indonesia

Nama Nama Dataran Rendah di Indonesia / Ilustrasi Dataran Rendah © Diadona

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dataran rendah adalah tanah yang keadaannya relatif datar dan luas sampai ketinggian sekitar 200 m dari permukaan laut yang umumnya ditemukan di sekitar pantai.

Nama Nama Dataran Rendah di Indonesia : 

  1. Dataran Rendah Madiun
  2. Dataran Rendah Pantai Utara Jawa Barat
  3. Dataran Rendah Pantai Selatan Kalimantan
  4. Dataran Rendah Pantai Timur Sumatera
  5. Dataran Rendah Surakarta

Demikian ulasan jawaban dari pertanyaan " Nama-Nama Dataran Rendah" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar