Mengapa Imlek Harus Memberikan Angpao? Ini Penjelasannya

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Rabu, 22 Januari 2020 06:00
Mengapa Imlek Harus Memberikan Angpao? Ini Penjelasannya
Tak sembarangan, ini hal yang harus kmau perhatikan ketika membagikan angpao.

Memasuki tahun baru Cina atau imlek, mungkin ini adalah waktu terbaik utuk mendapatkan uang. Tradisi memberikan auang pada saat tahun baru Cina memang sudah biasa. Tak hanya diberikan kepada keluarga dan juga kerabatr dekat, orang yang tak memiliki hubungan saudarapun bisa menerima angpau.

Dikutip dari loanstreet.com, ternyata memberikan uang dalam balutan angpau merah ini ternyata memiliki sejarah tersendiri.

1 dari 2 halaman

Sejarah Memberi dan Menerima Angpao

Tradisi memberi dan menerima angpao ini ternyata terjadi sudah ribuan tahun yang lalu pada Dinasti Qin (221 hingga 206 AM). Pada saat itu para tetua akan memasangkan koin melalui benang merah untuk anak-anak yang lebih muda. Hal ini diyakini dapat melindungi mereka dari penyakit dan juga kematian. Hal ini dikenal dengan y?suì qián atau 'uang yang menangkal roh jahat'.

Saat ini memberi dan menerima uang dalam tradisi Cina menjadi penting di seluruh dunia, terutama tahun baru Imlek. Bagi mereka, meberikan uang saat perayaan ini merupakan bentuk dari keberuntungan, kesehatan dan juga kemakmuran.

2 dari 2 halaman

Aturan dalam Angpao

Hindari angka 4 semaksimal mungkin dalam memberikan angpao. Karena dalam bahasa Cina, 4 memiliki pelafalan 'si' yang terdengar seperti 'kematian'. Kamu akan benar-benar mengalami masalah jika memebrikan angpao yang berisikan angka empat, terutama jika memasangkan angka 1 dan 4, menjadi 14. Hal ini karena pelafalannya menjadi 'yao si' yang terdengar seperto 'akan mati'.

Angpao ini tentunya diberikan kepada anggota keluarga, kerabat dekat , dan kerabat yang hanya kamu lihat sesekali. Selain itu, angpao biasanya juga diberikan kepada tamu yang mampir ke rumah saat perayaan Imlek, anak-anak tetangga dan juga teman sekolah anak.

Beri Komentar