LSM adalah Lembaga Nonprofit di Bidang Sosial, Apa Bedanya dengan Ormas?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 17 Juni 2021 17:45
LSM adalah Lembaga Nonprofit di Bidang Sosial, Apa Bedanya dengan Ormas?
LSM adalah lembaga yang berorientasi pada tujuan sosial dan tak mengharap keuntungan finansial.

LSM adalah Lembaga Swadaya Masyarakat, sebuah organisasi bentukan perorangan atau sekelompok orang secara sukarela. Apa tujuannya? Untuk memberikan layanankepada masyarakat umum tanpa berorientasi pada keuntungan.

Melansir Investopedia, pengertian LSM sendiri memiliki banyak interpretasi. Namun istilah yang paling umum diterima yaitu bahwa LSM adalah suatu organisasi swasta nirlaba yang beroperasi di luar kendali pemerintah.

Menurut Budi Setiyono, LSM adalah lembaga yang punya fungsi penting dalam pemerintahan dan kehidupan politik. Perannya sangat signifikan dalam proses demokrasi.

Pada konsepnya, karakter LSM adalah nonpratisipan, nggak mencari keuntungan ekonomi, sukarela dan berlandaskan gerakan moral. Karena itulah, LSM harus luwes dalam bererak dan nggak dibatasi oleh ikatan bermotif politik atau ekonomi. Makanya, LSM punya ruang untuk menggaungkan aspirasi dan melayani kepentingan publik yan selama ini luput dari perhatian pemerintah.

Saat ini setidaknya ada lebih dari 10 ribu LSM di Indonesi,a, berdiri dengan beragam tujuan. Jumalahnya terus meningkat seiring dengan perkembangan di bidang demokrasi, ekonomi, pemerintah, dan tingginya kesadaran untuk berpastisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendirian dan berjalannya LSM memiliki dasar hukum yang tercantum dalam Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 mengenai yayasan

1 dari 4 halaman

Tujuan LSM

LSM adalah © Diadona

LSM adalah organisasi swadaya yang bekerja dengan tujuan tertentu tergantung bidang yang dijalankan. Contoh LSM adalah:

  • LSM yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan
  • LSM yang bekerja dengan visi perlindungan anak dan perempuan
  • LSM bidang lingkungan
  • LSM untuk memberikan bantuan hukum kepada mereka yang membutuhkan

Fungsi LSM

Suatu LSM bisa disebut telah berhasil mencapai tujuannya bila berjalan sesuai dengan fungsi yang dimiliki. Funsgi LSM dikutip dari Guru PPL

Menjaga stabilitas politik dan sosial dengan meminimalisir konflik dan menjadi penengah berbagai kepentingan

Melibatkan diri dan mengawasi proses pengambilan kebijakan dan program pembangunan demi kepentingan publik

Instruksi Menteri Dalam Negri Nomor 8 Tahun 1990 menyebut fungsi
Lembaga Swadaya Masyarakat antara lain :

  1. Wahana partisipasi masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan
    kesejahteraan masyarakat.
  2. Wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan
  3. Wahana pembangunan keswadayaan masyarakat.
  4. Wahana pembinaan dan pengembangan anggotanya dalam usaha

2 dari 4 halaman

Dana operasional LSM adalah sebagian besar mengandalkan sumbangan sukarelawan, baik dalam maupun luar negeri. Sementara itu tak sedikit LSM yang memilih untuk membiayai dirinya sendiri.

Namun melalui Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa publik, ada potensi terbukanya akses pendanaan untuk LSM kecil dan organisasi berbasis kepercayaan terhadap dana pemerintah, melansir the Conversation. Ini dilatar belakangi oleh banyaknya kelompok masyarakat yang tak tersentuh layanan pemerintah, misalnya mereka yang berada di daerah terpencil, kelompok rentan, anak-anak dan orang muda serta penyandang disabilitas.

3 dari 4 halaman

Contoh LSM di Indonesia

LSM adalah © Diadona

Berikut beberapa contoh LSM yang kerap bekerja bersinggungan denga masyarakat:

YLBHI

Adalah LSM yang bergerak untuk memberi hukum untuk rakyat miskin, buta hukum, dan korban pelanggaran HAM.

Kontras

Atau Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan adalah LSM untuk membantu para korban tindakan kekerasan dan orang yang dianggap telah hilang.

KPK RI

Merupakan LSM yang bekerja untuk memabntu mengungkap kasus korupsi. LSM ini cukup disegani dan telah berhasil menyeret nama-nama politisi besar. Sebut saja Abraham Samad yang pernah dilaporkan terkait sejumalh pertemuannya dengan petinggi partai politik.

4 dari 4 halaman

Beda LSM dan Ormas

LSM adalah © Diadona

Pasal 1 angka 1 UU No.: 17/2013 tentang Ormas mendefiniskannya sebagai yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Apa bedanya dengan LSM?

Melansir berbagai sumber, beda keduanya terletak pada substansinya. Ormas adalah organisasi berbasis massa, bergerak baik secara independen atau di bawah bendera partai poliotik. Sedangkan LSM adalah lembaga yang beroriientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Beri Komentar