Kisah Melati Sesilia, Mantan Member JKT48 yang Kini Sukses Jual Nasi Bakar di Pinggir Jalan

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 21 Juni 2022 20:02
Kisah Melati Sesilia, Mantan Member JKT48 yang Kini Sukses Jual Nasi Bakar di Pinggir Jalan
Walaupun pernah ada di posisi yang dielu-elukan fans, Melati nggak malu untuk mulai usahanya dari bawah lho!

Fans idol group JKT48 pasti tidak asing dengan nama Melati Sesilia. Sosok yang akrab disapa Meme itu merupakan mantan member JKT48 dari generasi empat. Sempat meraih sederet prestasi seperti mewakili JKT48 dalam event internasional di Thailand sampai masuk dalam member pilihan untuk single original pertama 'Rapsodi', Melati Sesilia akhirnya memutuskan untuk lulus dari JKT48 pada tahun 2020.

Melepas titel JKT48 dari namanya, Melati Sesilia sempat merasa bingung dengan masa depannya usai menuntaskan pendidikan kuliah.

"Awalnya aku kuliah bisnis manajemen di Binus. Dari awal kuliah sampai akhir itu aku mikirin, 'Ini gue kuliah kalau udah kelar mau ngapain ya?'," ujarnya dalam obrolan di kanal YouTube Raditya Dika.

1 dari 6 halaman

Berawal dari Putus Cinta

Hingga akhirnya Melati Sesilia memiliki inisiatif untuk membuat usaha kuliner. Hal itu didasari oleh dua hal, yakni karena patah hati usai putus dengan kekasihnya dan karena kebisaan sang mama untuk memasak.

" Habis itu bilang sama mama kalau mau bikin usaha. Timingnya juga pas aku nggak punya pacar. Dulu kalau punya pacar kerjaannya kuliah pacaran kuliah pacaran," ungkap Melati Sesilia.

" Terus sumber dayanya juga mama. Mamaku pinter masak, jadi kalau bikin usaha pasti F&B (food and beverage)," imbuhnya.

2 dari 6 halaman

Sempat Kesulitan Cari Tempat

Mama Melati Sesilia pun menyambut ide anaknya. Tercetuslah ide untuk berjualan nasi bakar di pinggir jalan. Tantangan pertama pun muncul, yakni sulitnya mencari lahan untuk berjualan.

" Itu mama udah seminggu nyari nggak ketemu-ketemu. Akhirnya aku bilang, 'Ayo deh cari sama Meme'," ujar Melati Sesilia.

" Aku cari dari Sentiong jalan kaki, cari keliling. Di depan minimarket kan biasanya ada yang jualan. Aku sampai nanya-nanya, 'Ini ada tempat kosong nggak?' Aku minta nomornya, 'Kalau ada yang kosong, mas-masnya nyerah jualan, kasih tau aku ya'," imbuh Melati.

3 dari 6 halaman

Cerita Sepi di Awal dan Efek Live TikTok

Tantangan Melati Sesilia dalam berjualan tak henti di situ. Usai mendapat lokasi, ia masih dihadapkan pada kenyataan bahwa usaha nasi bakarnya tak langsung laris.

" Awal jualan sepi banget, yang beli cuma tiga nasi bakar. Itu (yang beli) dua orang doang," kenang Melati Sesilia.

Meski sepi, Melati Sesilia tetap rutin menekuni usaha kulinernya. Usahanya pun membuahkan hasil. Ia menemukan momentum gara-gara keisengan untuk live TikTok di tengah-tengah kebosanannya menunggu warung yang sepi pembeli itu.

" Suatu hari aku nggak ada kegiatan, terus aku buka dua tempat salahnya. Masih jaman sepi udah buka dua tempat, terus satu nggak ada karyawannya. Yaudah aku jaga deh hari itu," tutur Melati Sesilia.

" Terus ini pinggir jalan kan serem. Cewek, sampai jam 12 nggak ada yang nemenin. Entah kenapa muncul ide 'Apa gue live TikTok aja ya?', biar ada temen ngobrolnya. Jadi kayak killing time, soalnya nggak ada yang beli," ujarnya menambahkan.

4 dari 6 halaman

Kondisi Jualan Melati Sesilia Kini

Live TikTok Melati Sesilia rupanya mendapatkan sambutan yang sangat hangat, terutama dari para fans yang mengikutinya sejak era JKT48. Melati pun mendapatkan banyak pesan untuk melakukan live setiap menjaga warung. Tanpa disadari, sesi live di TikTok Melati menjadi sarana iklan yang memulai kesuksesan usahanya.

" Sampai akhirnya ada satu orang pembeli yang videoin, dia nanya-nanya harga, terus videonya viral. Sampai Kak Boengkoes (YouTuber Boengkoes Network) itu ngontak aku, mau cobain. Dari situ rame, kebawa sampai sekarang," ujar Melati Sesilia.

" Sekarang rata-rata laku 300 porsi setiap malem," terang Melati menceritakan kesuksesan usahanya yang kini meningkat hingga seratus persen.

5 dari 6 halaman

Melati Sesilia Bangga dengan Usahanya

Disinggung perihal masa lalunya sebagai seorang idol JKT48, Melati Sesilia merasa tak keberatan atau malu. Baginya, perpindahan dari menari di atas panggung ke berjualan nasi bakar di tepi jalan adalah hal yang biasa saja.

" Nggak papa (nggak malu), lagipula kuliahku bisnis manajemen, kalau ditanya jadi nyambung aja. Jadi kepakai ilmunya. Yaudah, santai aja," ungkap Melati Sesilia.

Selain niat yang sudah sangat bulat untuk memulai usaha sendiri, dukungan dari teman juga jadi penyuntik semangat tersendiri untuk Melati Sesilia.

" Rata-rata mereka beli. Enak juga soalnya. Hahaha," pungkasnya.

Beri Komentar