Kisah Haru Seorang Kakek, Ikhlas Donorkan Hati pada Bayi yang Tak Dikenalnya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 30 Desember 2020 11:27
Kisah Haru Seorang Kakek, Ikhlas Donorkan Hati pada Bayi yang Tak Dikenalnya
Berhati mulia banget ya kakek satu ini.

Aksi mulia belum lama ini dilakukan oleh seorang kakek asal Ohio bernama Michael Speck. Ia dengan tanpa ragu mendonorkan sebagian hatinya untuk menyelamatkan nyawa seorang bayi bernama Jacob Cooper, Menariknya, sebelumnya Speck sama sekali nggak mengenal orang yang akan menerima transplantasi hatinya ini.

Dikutip dari cbsnews.com, bayi bernama Jacob Cooper lahir dengan atresia bilier, penyakit langka pada hati dan saluran empedu yang bisa berujung kematian. Nyawa Jacob bisa tertolong berkat transplantasi hati yang dilakukan oleh Michael Speck. Kakek berhati mulia ini menyumbangkan sebagian hatinya pada Jacob yang berusia 10 bulan.

1 dari 5 halaman

Membutuhkan Transplantasi Hati Secepatnya

Michael Speck dan Jacob Cooper © Diadona

Sebelumnya, Dr. Yuri Genyk yang bekerja di Rumah Sakit Anak Los Angeles tempat Jacob menjalani operasi, mengatakan bayi itu membutuhkan transplantasi hati untuk bertahan hidup.

" Dia (Jacob) semakin sakit. Dia dirawat di rumah sakit karena infeksi sebelum transplantasi. Dia dalam keadaan kritis," jelas Genyk.

2 dari 5 halaman

Kakek Speck Donorkan Sebagian Hatinya

Mengetahui kondisi sang anak, Ayah dan ibu Jacob segera mengajukan diri sebagai pendonor. Tapi, sayangnya keduanya tak cocok sebagai donor sang anak.

Tapi siapa sangka, donor hati untuk Jacob datang dari orang yang sama sekali tak dikenal. Yup, dia adalah kakek berusia 64 tahun bernama Michael Speck yang tinggal di Ohio, dan jaraknya 3.218 kilometer dari tempat tinggal Jacob.

3 dari 5 halaman

Bukan Pertama Kali sebagai Pendonor

Michael Speck dan Jacob Cooper © Diadona

Speck sendiri adalah seorang ayah sekaligus kakek. Bukan pertama kali ini ia melakukan aksi mulia, beberapa tahun sebelumnya Speck pernah mendonorkan sebelah ginjalnya pada seorang menteri.

" Dokter bedah memberi tahu saya bahwa itu adalah bayi kecil berusia 10 bulan. Saat saya tahu itu, saya langsung menangis," ucap Speck.

4 dari 5 halaman

Proses Transplantasi Berjalan Lancar

Pada Oktober lalu, Speck pergi ke Los Angeles untuk melakukan transplantasi dan berjalan dengan sukses. Kakek asal Ohio ini berharap aksi yang dilakukannya bisa jadi inspirasi bagi orang lain.

" Ada begitu banyak orang di luar sana yang bisa melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan," katanya.

5 dari 5 halaman

Pertemuan Pertama Kali Lewat Zoom

Michael Speck dan Jacob Cooper © Diadona

Orang tua Jacob, Chad dan Aileen Cooper tak bisa membendung rasa harunya saat bertemu dengan Speck, orang yang sudah menyelamatkan nyawa anaknya, lewat Zoom.

" Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa kami berterima kasih pada Anda Michael, Anda sudah menyelamatkan nyawa putra kami," kata Aileen Cooper saat bertemu dengan Speck via Zoom.

" Ini sebuah kehormatan bagiku," kata Speck pada kedua orang tua Jacob.

Sangat mulia banget ya apa yang dilakukan oleh Speck. Semoga apa yang dilakukan oleh kakek ini bisa jadi inspirasi bagi kita semua ya.

Beri Komentar