Ini Dia Chef Budioni Sosok Baru Juri MasterChef Indonesia, Mantan Peserta MasterChef Inggris

Reporter : Galang
Senin, 4 April 2022 12:54
Ini Dia Chef Budioni Sosok Baru Juri MasterChef Indonesia, Mantan Peserta MasterChef Inggris
Ini dia sosok juri baru MasterChef Indonesia

MasterChef Indonesia terus bergulir, sosk baru hadir di tengah maraknya kompetisi. Chef Budi atau Budiono bin Sukim bakal mejadi salah satu juri di episode terbaru MasterChef Indonesia.

Chef Budiono sendiri sempat tampil di MasterChef Inggris pada 2021. Ia terpilih dari 1.000 lebih juru masak di Inggris yang ingin unjuk kebolehan dalam acara yang ditayangkan di TV BBC.

Saat melakoni proses seleksi, ia sempat ditanya oleh chef bintang satu Michelin, Marcus Warering. Budiono ditanyai alasannya mengikuti kontes memasak tersebut. Dia menjawab keinginannya tampil adalah mempromosikan masakan Indonesia.

1 dari 3 halaman

chef budiono © Diadona

" I will be appearing on this series of MasterChef, The Professional. Stay tune on this Thursday 11th November 2021 at 21:00 on BBC1 Mean while, keep cooking" tulis budi di akun Instagramnya.

Chef Budi lahir di Pemalang, Jawa Tengah. Dikutip dari BBC Indonesia, saat masa kecil ia sering membantu kakeknya berjualan gulai kambing. Momen itu yang membuatnya tertarik dengan dunia kuliner, terlebih sebagai juru masak.

" Saat (sekolah menengah) SMEA, pagi hari saya jualan otak-otak pakai sepeda buat biaya sekolah di Jakarta, dan malamnya mengajar les tiga anak SD," tuturnya.

2 dari 3 halaman

chef budiono © Diadona

Sementara perjalanannya sebagai chef internasional mulai berkembang ketika ia dipindahkan dari Four Seasons hotel Jakarta ke Four Seasons di London pada 2004.

Ia Sempat pindah setahun ke Dubai pada 2015 dan kembali lagi ke London yang kemudian bekerja di Marriott dan Savoy Hotel.

Semasa menjadi peserta di MasterChef Inggris, ia berkompetisi dengan 32 juru masak yang telah disaring dari 1.000 pelamar. Ia harus unjuk kebolehan dan melewati lima tahap sbelum dapat tampil di acara ini.

3 dari 3 halaman

" Saya memang hanya punya satu tujuan, mempromosikan masakan Indonesia, karena itu yang saya rasakan penting banget di sini. Kita tiga langkah di belakang Thailand, Jepang dan Vietnam," cerita Budiono kepada wartawan BBC News Indonesia, Endang Nurdin.

Chef Budi harus terhenti di babak perempat final. Tapi bagi dirinya, dengan pengalaman sebanyak itu maka sudah sepatutnya disebut kemenangan.

Dalam tes keahlian Marcus Warering dengan mengolah scallop dengan bunga kol, Chef Budi dianggap terlalu terburu-buru dengan waktu 20 menit yang disediakan.

" Berbicara dengan chef Marcus sudah menang bagi saya karena bersaing dengan lebih 1.000 calon," kata Budiono.

Chef Budi melanjutkan, jalannya masih panjang dan ia bermimpi ingin membuka restoran Indonesia di Inggris suatu saat nanti.

Beri Komentar