Ini 5 Fakta dr Lois Owien, Dokter yang Sempat Ditangkap Polisi Terkait Penyebaran Hoax Covid-19

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 13 Juli 2021 13:15
Ini 5 Fakta dr Lois Owien, Dokter yang Sempat Ditangkap Polisi Terkait Penyebaran Hoax Covid-19
Dr. Lois viral belakangan ini.

Sosok dokter bernama dr. Lois Owien menjadi viral setelah menyatakan bahwa dirinya tidak percaya covid-19 di sebuah stasiun televisi. Acara tersebut dipandu oleh Malaney Ricardo dan juga Hotman Paris.

Setelah mengungkapkan ketidakpercayaannyamengenai covid-19 ini, dirinya menjadi perbincangan banyak orang di sosial media. Dokter-dokter lain bahkan ikut bersuara atas pernyataan yang dilontarkan dr. Lois tersebut.

Dr. Lois pun kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian dan sempat ditangkap terkait penyebaran hoaks covid-19.

Namun siapa sih sebenarnya sosok dr. Lois ini? Melansir dari Merdeka.com, ini 5 fakta dr. Lois Owien.

1 dari 6 halaman

Tidak Terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia

Salah satu dokter yang angkat bicara soal pernyataan dr. Lois adalah dokter Tirta di laman Twitter=nya.. Dia pun menyebutkan beberapa fakta tentang dr. Lois, salah satunya adalah ternyata dr. Lois tidak terdaftar di IDI dan Surat Tanda Registrasi (STR) sebagi dokter sudah tidak aktif sejak 2017 lalu.

Unggahan Twitter Dokter Tirta © Diadona

" Bu lois tidak terdaftar di @PBIDI dan str dia sebagai dokter tidak aktif sejak 2017."

 

2 dari 6 halaman

Tak Pernah Tangani Pasien Covid-19

Dr. Lois © Diadona

Selain itu, dokter Tirta menambahkan bahwa dr. Lois tenyata tidak pernah menangangi pasien covid-19, bahkan tidak pernah terlibat sebagai relawan pandemi. Lokasinya sekarang pun tidak diketahui dengan jelas ada di mana.

" Bu lois tidak diketahui alamat dan lokasi persis domisili. Bu lois juga tidak praktek, tidak menangani pasien covid, dan terlibat sebagai relawan pandemi."

 

3 dari 6 halaman

Lulusan Universitas Kristen Indonesia

Dokter Lois adalah lulusan dokter di Universitas Kristen Indonesia, dilihat dari akun facebooknya. Dia juga menempun pendidikan bidang anti aging medicine di Malaysia, yaitu cabang ilmu kedokteran dan kedokteran terapan untuk mengatasi penuaan.

 

4 dari 6 halaman

Aktif di Medsos

Dr. Lois juga aktif di media sosial. Terlihat dari laman Twitterna @LsOwien, dia sering mengungkapkan pemikirannya di situ. Di akun tersebut, dr. Lois menuliskan 'covid-19 bukan virus corona' di bio-nya.

Twitter dr. Lois © Diadona

 

5 dari 6 halaman

Tidak Ditahan

Karena dianggap bikin gaduh terkait penyebaran hoaks covid-19, dr. Lois sempat ditangkap oleh pihak kepolisian. Namun melansir dari Detik.com, dr. Lois sudah dibebaskan dari penahanan dengan pertimbangan tidak akan mengulangi perbutannya lagi. Di samping itu semua bukti sudah disimpan dengan baik, dan dr. Lois pun tidak bisa melarikan diri.

Beri Komentar