Indonesia Jadi Negara Ke-3 Paling Ramai Membahas Soal K-Pop di Twitter loh!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 23 September 2020 17:39
Indonesia Jadi Negara Ke-3 Paling Ramai Membahas Soal K-Pop di Twitter loh!
Prestasi bukan nih yeorobun?

Kalau ngomongin K-Pop itu emang nggak ada habisnya ya guys. Mulai dari boy atau girl group baru debut, comeback, hiatus atau bahkan kolaborasi. Indonesia sendiri jadi salah satu negara dengan populasi KPopers yang cukup besar nih!

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana saat idol KPop melakukan tur Asia. Pasti Indonesia jadi sasaran negara mereka berkunjung. Dalam hal streaming lagu baru di YouTube, Indonesia juga sering dibilang memberi kontribusi terbanyak, seperti yang terjadi pada MV BTS Dynamite beberapa waktu lalu.

1 dari 4 halaman

Bukti lain kalau populasi penggemar KPop sangat banyak di Indonesia ditunjukkan oleh Twitter pada 22 September kemarin. Dalam rangka menyambut 10 tahun #KpopTwitter, media sosial ini bekerjasama dengan K-Pop Radar. Mereka membagikan data yang berbicara mengenai topik K-Pop.

" K-Pop dan Twitter tumbuh berdampingan adlam satu dekade ke belakang, dan meski mucnul pandemi Covid, ada 6,1 miliar cuitan yang berhubungan dengan K-Pop di seluruh dunia selama 12 bulan ke belakang," ungkap Kim Yeonjeong, Head of Global K-kpop dalam bidang resmi Twitter mengutip dari Liputan6.

2 dari 4 halaman

Indonesia Ranking Tiga dalam Volume Cuitan K-Pop

#KpopTwitter Data Percakapan#KpopTwitter Data Percakapan © Twitter/ TwitterData


Dibagikan data oleh Twitter daftar 20 negara yang paling ceriwis membahas K-Pop di Twitter. Nah, Indonesia berada di urutan ketiga yang mana di nomer satu ditempati Thailand dan posisi kedua diisi Korea Selatan.

Sedangkan untuk idol Kpop yang sering diperbincangkan rakyat Indonesia, mungkin juga termasuk kamu nih ada BTS, EXO, TXT, NCT 127 dan Stary Kids. Sementara itu, untuk artis yang mengalami pertumbuhan pesat di Twitter ada Stary Kids, Ateez, TXT, Iz*One, SuperM, AB6IX, WayV, Loona dan Itzy.

3 dari 4 halaman

Indonesia Ranking Empat Soal Pengguna

#KPopTwitter#KPopTwitter © Twitter/ TwitterData

Kalau paling bawel membahas K-Pop di urutan ketiga, untuk soal pengguna Indonesia ada di nomor 4. Twitter membagikan data yang berisi 20 negara dengan pengguna Twitter paling banyak.

Nah, Indonesia ada di posisi keempat. Sebelumnya di posisi pertama hingga ketiga ada Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Perubahan Data Percakapan

#KPopTwitter#KPopTwitter © Twitter/ TwitterData


Selain kedua data di atas, Twitter juga mengungkapkan naik-turunnya topik yang dibicarakan pengguna Twitter dalam satu dekade kemarin. Sepuluh tahu lalu, ada nama-nama idol Kpop yang cukup besar dari generasi kedua, seperti Super Junior, SNSD dan Big Bang yang mendominasi.

Kemudian, masuk di tahun 2013 nama idol generasi ketiga mulai menghiasi obrolan cuitan di Twitter. Mulai dari EXO, BTS, GOT7, BLACKPINK dan NCT 127. Selain mereka, ada juga artis K-Pop yang paling sering di-mention pengguna Twitter, yaitu MONSTA X, SEVENTEEN< NCT Dream, TWICE dan Stray Kids.

Di samping itu, Twitter juga mengungkap siapa saja artis K-Pop yang memiliki pertumbuh sangat pesat. Ada nama Stary Kids, Ateez, TXT, IZ*ONE, SuperM, AB6IX, WayV, CIX, Loona dan Itzy.

Menurutmu gimana nih guys? Apa kamu termasuk salah satu dari pengguna Twitter yang rajin post cuitan soal mereka?

Beri Komentar