Google Doodle Hari Ini: Dr. Victor Chang, Pelopor Transplantasi Jantung dari Australia

Reporter : Aditia
Kamis, 23 November 2023 17:09
Google Doodle Hari Ini: Dr. Victor Chang, Pelopor Transplantasi Jantung dari Australia
Dr. Chang menjadi salah satu ahli bedah jantung terkemuka di dunia

ada tanggal 23 November 2023, Google Doodle menampilkan sosok Dr. Victor Chang, seorang ahli bedah jantung asal Australia. Doodle ini dibuat untuk memperingati hari kematiannya yang ke-32.

Dr. Victor Chang lahir di Shanghai, Tiongkok, pada tanggal 21 November 1936. Ia dan keluarganya pindah ke Australia pada tahun 1950. Setelah menyelesaikan pendidikannya di bidang kedokteran, Dr. Chang melanjutkan pendidikannya di bidang bedah jantung di Amerika Serikat.

Pada tahun 1970, Dr. Chang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia. Pasiennya adalah seorang anak berusia 14 tahun yang menderita penyakit jantung bawaan. Transplantasi ini berhasil dan menjadi tonggak penting dalam perkembangan transplantasi jantung di Australia.

1 dari 2 halaman

Menyelamatkan Ribuan Nyawa

Dr. Victor Chang © Diadona

Dr. Chang kemudian menjadi salah satu ahli bedah jantung terkemuka di dunia. Ia telah melakukan lebih dari 1.000 transplantasi jantung dan menyelamatkan ratusan nyawa. Ia juga mengembangkan teknik-teknik baru dalam transplantasi jantung, seperti teknik transplantasi jantung-paru.

Pada tanggal 28 April 1991, Dr. Chang dibunuh oleh dua orang pria dalam upaya pemerasan. Pembunuhannya menimbulkan duka mendalam di Australia dan dunia.

Karya Dr. Victor Chang telah mengubah dunia kedokteran. Ia telah menyelamatkan banyak nyawa dan memberikan harapan baru bagi orang-orang yang menderita penyakit jantung.

2 dari 2 halaman

Pencapaian Dr. Victor Chang

Dr. Victor Chang © Diadona

Berikut adalah beberapa pencapaian Dr. Victor Chang:

  • Melakukan transplantasi jantung pertama di Australia pada tahun 1970
  • Melakukan lebih dari 1.000 transplantasi jantung
  • Mengembangkan teknik-teknik baru dalam transplantasi jantung, seperti teknik transplantasi jantung-paru
  • Menerima berbagai penghargaan, termasuk Order of Australia (AO) pada tahun 1982

Dr. Victor Chang adalah sosok yang inspiratif dan menginspirasi. Ia adalah seorang dokter yang berdedikasi dan berkomitmen untuk menyelamatkan nyawa. Karyanya telah mengubah dunia dan akan terus dikenang oleh banyak orang.

 

Beri Komentar