Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Fukushima Jepang, Getaran Hingga ke Tokyo

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 14 Februari 2021 11:43
Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Fukushima Jepang, Getaran Hingga ke Tokyo
Sementara itu, gempa yang dirasakan di ibu kota tercatat pada 4 skala Jepang, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Hingga saat ini, peringatan tsunami belum dikeluarkan oleh otoritas Jepang.

Untuk berjaga-jaga, mereka yang berada di sekitar pantai disarankan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi karena kemungkinan besar akan terjadi gempa susulan.

Lebih dari 20.000 orang tewas atau hilang dalam gempa yang juga memicu tsunami tersebut, sementara ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal.

1 dari 3 halaman

Gempa Fukushima Jepang © Diadona

" Karena (gempa 2011) adalah gempa bumi besar dengan kekuatan 9.0, tidak mengherankan jika terjadi gempa susulan dalam skala ini 10 tahun kemudian," kata Kenji Satake, seorang profesor di Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo, dikutip dari Mainichi Shimbun, Minggu (14/2/2021).

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga meyakinkan publik bahwa setelah gempa bumi pada hari Sabtu, 13 Februari 2021, " tidak ada yang aneh" di salah satu pembangkit nuklir di kawasan itu, seperti dikutip dari CNN.

Berbicara kepada wartawan dari kantornya pada Minggu 14 Februari 2021, Suga mengatakan meski kerusakan masih dalam penilaian, belum ada korban jiwa besar yang dilaporkan. Namun, dia meminta warga di daerah yang terkena dampak untuk tetap di dalam rumah dan bersiap menghadapi gempa susulan.

2 dari 3 halaman

Gempa Fukushima Jepang © Diadona

Gempa 13 Februari 2021 terjadi pada pukul 11:07 malam waktu setempat (9.07 a.m. ET), terletak 73,9 kilometer timur laut Namie, kota pesisir 60 mil dari Fukushima, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Sedangkan kedalaman gempanya sekitar 36 mil.

Setidaknya 48 cedera dilaporkan di prefektur Fukushima dan Miyagi, menurut badan bailout negara NHK. Peringatan tsunami tidak dikeluarkan untuk gempa bumi pada hari Sabtu tanggal 13 Februari.

" Meskipun ukuran gempa terakhir relatif besar dengan fokus di luar Prefektur Fukushima, itu tidak mungkin menyebabkan tsunami karena memiliki pusat gempa sekitar 55 kilometer di bawah permukaan laut," kata Satake.

3 dari 3 halaman

Gempa Fukushima Jepang © Diadona

Gempa bumi memicu tanah longsor yang tumpah ke Jalan Tol Joban, jalan raya utama yang membentang di sepanjang pantai timur Jepang. Tanggul di sepanjang jalan runtuh, menghalangi jalan dan mengubur pagar pembatas di lumpur, NHK melaporkan.

Bagian lain dari jalan tol terangkat sekitar 10 meter, kata polisi di Prefektur Miyagi, menurut NHK.

Sekitar 830.000 rumah tangga di wilayah Kanto, yang mencakup Tokyo besar, dan sekitar 90.000 rumah tangga di wilayah Tohoku mengalami pemadaman listrik setelah gempa bumi Sabtu, kata sekretaris kabinet Jepang, Katsunobu Kato. Listrik secara bertahap pulih, lapor NHK.

Beri Komentar