Fakta di Balik Bisnis Tas Syahrini yang Dituduh Jiplak Brand Christian Dior

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 21 Oktober 2020 13:37
Fakta di Balik Bisnis Tas Syahrini yang Dituduh Jiplak Brand Christian Dior
Syahrini dituduh menjual tas jiplakan dari brand ternama dunia.

Syahrini dikenal sebagai penyanyi solo wanita di dunia musik tanah air. Nggak hanya itu, Syahrini juga dikenal cukup sering terlibat beberapa kontroversi yang membuat namanya menjadi buah bibir banyak orang.

Pelantun lagu "Sesuatu" itu, baru-baru ini bikin kehebohan lagi. Di tengah pandemi, Syahrini meluncurkan sebuah produk tas bersama sang adik, Aisyahrani.

Tas model totebag dengan motif bunga itu kemudian menimbulkan kecaman dari para netizen. Syahrini dituduh menjiplak model tas dari brand ternama Christian Dior.

Brand Christian Dior memang memiliki model tas yang terlihat mirip dengan yang dipromosikan oleh Syahrini. Beriku beberapa fakta tentang tas yang dijual Syahrini.

1 dari 4 halaman

Berkolaborasi dengan sang adik

Syahrini dan Aisyahrani © Diadona

Syahrini menjalankan bisnisnya dengan sang adik, Aisyahrani. Keduanya menjalankan sebuah brand yang diberi nama SYH by Aisyahrani.

Nggak hanya menjual tas, mereka juga menjual scarf, mukena, pouch, sepatu sandal, dan produk lainnya. Tas yang dijual ini merupakan produk baru yang diberi nama Totebag Canvas.

2 dari 4 halaman

Melibatkan UMKM

      View this post on Instagram

Niat baik memang selalu Allah mudahkan dan lancarakan semuanya,..Masya Allah ???? Berkah buat semua..ini udah kloter kesekian ya pemirsa,.???? Terima kasih yg udah order ya,..semoga bermanfaat ???? Dan dengan kalian membeli tote bag ini itu artinya kalian juga turut membantu menghidupkan kembali perekonomian dalam situasi sulit pandemi sekarang ini, sekali lagi terima kasih banyak???? ___ Yang mau order silahkan ke IGnya @syh_byaisyahrani ada no WA di bionya..yang ASLI hanya ada di @syh_byaisyahrani tidak ada IG lain, klo ada yg mungkin mirip dipastikan itu PALSU..inget ya!!!!!,...happy shopping ???? #syahreino #syahrini #reinobarack #princessyahrini #umkm #produklokal #indonesia

A post shared by Syahrini Reino Love Story (@official_syrb) on

Bisnis Syahrini dan Aisyahrani ini melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM. Tas ini merupakan hasil karya dari pelaku UMKM.

Melalui bisnis ini Syahrini juga sekaligus membantu pelaku UMKM yang bisnisnya terkena dampak dari pandemi COVID-19. Aisyahrani bahkan sempat mengunggah video di mana dirinya akan mengirimkan 450 pesanan tas yang sudah dipesan.

3 dari 4 halaman

Pandangan pengamat fashion tentang tuduhan menjiplak

      View this post on Instagram

A post shared by Aisyahrani (@syh55) on

Tas yang dijual oleh Syahrini dan Aisyahrani ini dituduh menjiplak model tas dari brand ternama, Christian Dior. Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram TV Caren Delano, pria yang dikenal sebagai pengamat fashion itu menyampaikan pendapatnya soal hal itu.

"Jadi Aisyahrani mungkin terinspirasi dari ini nih, namanya Christian Dior," kata Caren Delano.

Caren diketahui sebelumnya pernah membuat tote bag yang terinspirasi dari produk Balenciaga.

4 dari 4 halaman

Hanya terinspirasi

Syahrini © Diadona

Menurut Caren, hampir semua brand memiliki bentuk tas yang sama dengan yang dijual oleh Aisyahrani. Jadi baginya Aisyahrani nggak menjiplak tapi hanya terinspirasi.

" Jadi sebenarnya menurut gue ya, sebagai fashion stylist, sebagai pengamat fashion, gue tidak melihat ini sebagai peniruan. Ini menurut gue sebagai peluang bisnis ya. Ini bahasa mahalnya knock off atau inspiration," ucap Caren.

Gimana menurut kamu?

 

Beri Komentar