Dikabarkan akan Hengkang, Ini Prestasi Shin Tae-yong Selama jadi Pelatih Timnas Indonesia

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 13 Oktober 2022 12:22
Dikabarkan akan Hengkang, Ini Prestasi Shin Tae-yong Selama jadi Pelatih Timnas Indonesia
Hal ini tak lepas dari imbas insiden di Stadion Kanjuruhan pada 1 Okober 2022 silam.

Shin Tae-yong dikabarkan akan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Hal ini ia lakukan dengan catatan jika ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan tak menjabat lagi.

Yap, kabar tersiar santer mengatakan kalau Mochamad Iriawan diminta mundur dari status Ketua Umum PSSI. Hal ini tak lepas dari imbas insiden di Stadion Kanjuruhan pada 1 Okober 2022 silam.

Hingga kini, petisi yang meminta Mochamad Iriawan mundur dari jabatan Ketum PSSI sudah mencapai 44 ribu tanda tangan. Mendengar kabar tersebut, lantas membuat Shin Tae-yong angkat suara.

1 dari 4 halaman

" Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepakbola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI. Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tulis Shin Tae-yong dikutip dari Instagram pribadinya @shintaeyong7777, Rabu 12 Oktober 2022.

Ungkap akan mengundurkan diri dari jabatanya, berikut adalah beberapa prestasi Shin Tae-yong selama jadi pelatih Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

1. Runner-up Piala AFF 2020

Meski gagal jadi juara, namun pergerkan Timnas Indonesia sangat impresif. Mereka pun berhasil finis di posisi pertama, unggul atas Vietnam di Piala AFF 2020.

2. Perunggu SEA Games 2021

Shin Tae-yong kembali memimpin Timnas Indonesia kategori usia 23 tahun. Ya, Timans Indonesia U-23 pulang dari Hanoi dengan menyabet medali. Mereka meriah perunggu SEA Games 2021 usai taklukkan Timnas Malaysia U-23 lewat adu penalti dengan skor 4-3.

3 dari 4 halaman

3. Naik 20 Peringkat FIFA Kurang dari Satu tahun

PSSI kontrak Shin Tae-yon sejak Desember 2019. Namun, pelatih 51 tahun itu baru baru aktif melatih di laga resmi Timnas Indonesia pada Juni 2021. Ketika itu posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA berada di urutan ke-175 dunia per September 2021.

4. Timnas Indonesia Tampil Tajam di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia tampak makin berjaya sejak di bawah asuhan Shin Tae-yong. Ya, meski kerap berganti taktik, namun tak diragukan lagi formula Shin Tae-yong cukup berhasil. Terbukti, ketajaman lini serang Timnas Indonesia selama babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

4 dari 4 halaman

5. Lolos Piala Asia 2023

Selama 16 tahun terakhir, Timnas Indonesia akhirnya kembali ke Piala Asia. Terakhir, Timnas Indonesia di posisi ini pada Piala Asia pada tahun 2007. Itu pun Timnas Indonesia mentas di Piala Asia 2007 dengan status tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Tentu ini jadi capaian manis sepanjang sejarah.

Well, itulah tadi beberapa prestasi yang ditorehkan Shin Tae-yong selama jadi pelatih Timnas Indnesia. Keren banget bukan? Gimana menurut kamu Diazens?

Beri Komentar