Diduga Melakukan Pelecehan Seksual, Nama Kru Penyalin Cahaya Dicoret dari Film

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 11 Januari 2022 12:03
Diduga Melakukan Pelecehan Seksual, Nama Kru Penyalin Cahaya Dicoret dari Film
Tim Film Penyalin Cahaya bertindak tegas.

Film Penyalin Cahaya akan segera tayang pada 13 Januari 2022 mendatang di Netflix. Film ini memang banyak dibicarakan karena meraih banyak penghargaan dan membawa pulang 12 piala.

Tapi, kini beredar isu pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu kru. Tim Penyalin Cahaya pun memberikan respon cepat terkait isu yang bereda. Tindakan tegas juga diketahui sudah dilakukan oleh tim Penyalin Cahaya.

Berikut fakta-fakta terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan salah satu kru berdasarkan surat tertulis yang dibuat tim Penyalin Cahaya.

1 dari 5 halaman

Pernyataan Tim Penyalin Cahaya

Tim Penyalin Cahaya merilis pernyataan sikap dalam merespon kasus dugaan pelecehean seksual yang menimpa salah satu dari kru.

" Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting 'Penyalin Cahaya' yang berjalan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami," tulis Wregas Bhanuteja dikutip dari laman Twitter @rekatastudio.

2 dari 5 halaman

Nama Kru yang Terkait Dicoret

Tindakan tegas pun dilakukan oleh tim Penyalin Cahayandalam menindaklanjuti kasus dugaan pelecehan seksual itu, dengan menghapus nama kru terkait dari daftar kredit film Penyalin Cahaya.

" Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film 'Penyalin Cahaya' dan di materi-materi publikasi film," tulis tim Penyalin Cahaya.

3 dari 5 halaman

Dikeluarkan dari Tim Penyalin Cahaya

Kini, pelaku bukan lagi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio. Menurut mereka, kejadian ini sangat disikapi dengan serius agar terselesaikan dengan baik dan tepat.

" Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat."

4 dari 5 halaman

Sebuah Nama jadi Terduga Pelaku

Dalam komentar para netizen, muncul nama Henricus Pria sebagai terduga pelaku. Henricus Pria adalah co-writer dari film Penyalin Cahaya.

Dalam situs resmi Rekata Studios, nama Henricus Pria tidak lagi muncul dalam kru produksi film Penyalin Cahaya. Hericus Pria dan Wregas Bhanuteja menerima penghargaan sebagai penulis skenario asli terbaik dalam penghargaan Festival Film Indonesia 2021 kemarin.

Hilangnya nama Hericus Pria dalam deretan kru yang berperan dalam pembuatan film ini membuat netizen berspekulasi bahwa ialah pelaku pelecehan seksual yang dimaksud.

Beri Komentar