Dani Aditya Rilis Single 'Relax', Tasbihkan Diri Jadi Rapper Difabel Pertama di Indonesia

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 3 Juli 2021 16:43
Dani Aditya Rilis Single 'Relax', Tasbihkan Diri Jadi Rapper Difabel Pertama di Indonesia
Karya out of the box dari komika Dani Aditya.

Sukses menyandang titel komika difabel pertama di Indonesia tak membuat Dani Aditya berpuas diri. Baru-baru ini, ia kembali menelurkan sebuah karya yang membuat namanya tercatat dalam sejarah. Bukan dari bidang stand-up comedy, melainkan sebuah single rap.

Ya, Dani Aditya baru saja merilis single berjudul 'Relax', buah kolaborasinya dengan seorang produser musik Emes Movos.

"Motivasinya, untuk membuktikan jika walau saya memiliki keterbatasan, tapi saya bisa terus berkarya," ungkap Dani Aditya.

1 dari 3 halaman

Alasan Pilih Genre Hip Hop Rap

      View this post on Instagram

A post shared by Dani Aditya (@daniaaditya)

Dani Aditya adalah seorang komika yang mengidap celebral palsy, membuat kemampuan motoriknya terbatas termasuk dalam hal kejelasan berbicara. Hal tersebut sangat kontras dengan pemilihan genre hip hop rap yang identik dengan perapalan lirik yang rapat dan cepat. Meski demikian, pemilihan genre tersebut sebagai single perdana pun bukan tanpa alasan. Ada misi tersendiri yang ingin diusung oleh Dani.

"Karena genre musik ini dianggap genre yang sulit. Jadi itu merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saya untuk menekuni genre ini. Dan kebetulan saya juga menyukai musik hip hop," ujar penggemar Eminem, B.O.B, dan Saykoji tersebut.

"Selain itu saya juga riset, di genre lain sudah ada musisi yang merupakan seorang difabel. Nah, waktu saya cari rapper difabel belum ada nih. Yaudah saya ambil biar bisa jadi yang pertama," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Hasil Kolaborasi

Single 'Relax' merupakan karya Dani Aditya yang berawal dari ieng-iseng di media sosial. Dalam sebuah sesi Q&A di Instagram, Dani mendapat tantangan untuk nge-rap.

" Saya berpikir, kenapa tidak diseriusi saja? Akhirnya saya mencoba membuat Q&A di Instagram untuk mencari Produser Musik dan sampai akhirnya diperkenalkan pada Emes Movos," cerita Dani.

Selain menjadi produser, Emes Movos juga turut andil dalam membuat video klip single 'Relax'. Beberapa pihak lain yang terlibat adalah Dian Desty Wijaya sang istri dan Abel sebagai bintang video klip serta Patrick Effendy selaku CEO Majelis Lucu Indonesia (MLI), manajemen yang menaungi Dani.

3 dari 3 halaman

Misi di Balik Single 'Relax'

      View this post on Instagram

A post shared by Dani Aditya (@daniaaditya)

Single 'Relax' yang dirilis Dani Aditya bercerita tentang perjuangannya dalam menjalani hidup sebagai seorang difabel. Berbagai pandangan remeh dari masyarakat ia terima, namun tak menghentikan langkahnya untuk berkarya. Nilai tersebut memang ingin disoroti oleh Dani untuk memberi suntikan semangat pada banyak pendengar.

"Agar orang-orang tetap tabah dan semangat dalam menjalani kehidupan ini," tutur Dani Aditya.

"Khususnya untuk para disabilitas agar bisa melakukan karya apapun tanpa berkecil hati karena kekurangan. Karena menjadi disabilitas bukanlah halangan untuk kita bisa berkarya dan menjadi sukses," pungkasnya.

Lagu 'Relax' oleh Dani Aditya saat ini sudah tersedia di berbagai platform streaming musik resmi. Video klipnya juga sudah bisa dinikmati di kanal YouTube Dani Aditya Channel.

Gimana, sudah siap untuk relax bareng Dani Aditya?

Beri Komentar