Cara Membuat Patung dari Plastisin, Simple tapi Unik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 20 Oktober 2022 08:23
Cara Membuat Patung dari Plastisin, Simple tapi Unik
Cara membuat patung dari plastisin ini dapat kamu coba untuk melatih kreatifitas dan menciptakan sebuah karya pahat mini.

Plastisin merupakan mainan yang terbuat dari lilin dengan tekstur lunak dan dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk. Cara membuat patung dari plastisin juga tergolong sangat mudah dilakukan. Namun, tidak banyak orang yang tahu akan manfaat dari kegiatan membuat patung atau kerajinan dari plastisin. Dilansir dari id.theasiaparent.com bermain plastisin memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak, diantaranya : 

  • Melatih koordinasi mata dan tangan

Anak usia balita harus dilatih untuk menyesuaikan antara kinerja mata dan tangan yang berkesinambungan. Dengan membuat patung dari plastisin, anak akan mampu mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan dengan cara memotong - motong plastisin hingga membentuk plastisin menggunakan alat.

  • Mempersiapkan anak sebelum berlatih dan belajar menulis

Plastisin yang memiliki tekstur lunak dapat memudahkan anak untuk membentuk plastisin sesuai dengan kreatifitas dan gerak tangannya. Teknik yang diterapkan ada meremas, menekan, hingga menggulung yang dilakukan dengan menggunakan keterampilan otot tangan pada anak. Kemampuan ini akan melatih anak menjadi lebih lancar saat memasuki fase belajar menulis dan membutuhkan kemampuan untuk memegang benda - benda keras lainnya.

  • Melatih kreativitas dan imajinasi

Dengan menggunakan plastisin, anak akan menyalurkan kreatifitas dan imajinasinya tanpa batas. Plastisin dapat dibentuk sesuka hati dan sebebas - bebasnya sesuai dengan keinginan dan kreativitas masing - masing.

  • Bentuk permainan yang menenangkan dan mampu mengurangi stress

Meremas - remas dan membentuk plastisin, ternyata dapat memberikan efek menenangkan pada anak. Dapat meningkatkan fokus pada anak, lebih tenang, serta juga dapat meredamkan emosi. 

1 dari 1 halaman

Cara Membuat Patung dari Plastisin

Cara membuat patung dari plastisin dengan mudah © Diadona

Beberapa manfaat tersebut sebenarnya juga dapat berlaku untuk anak - anak di atas 5 tahun bahkan hingga usia remaja dan dewasa, karena pada dasarnya bermain plastisin merupakan salah satu bentuk refreshing sederhana yang mampu meredamkan emosi, memberikan ketenangan, dan menguraikan rasa stress pada tubuh.

Bermain plastisin ternyata tidak terus menerus hanya menjadi sebuah permainan. Namun, teknik membuat plastisin dengan berbagai bentuk juga seringkali menjadi penugasan untuk kerajinan pada siswa. Membuat patung contohnya, dengan menggunakan plastisin siswa dapat praktik teknik dan metode seni pahat yang dapat ia terapkan dengan cara membuat patung dari plastisin sebagai bentuk patung yang paling sederhana.

Dilansir dari gramedia.com, Berikut ini adalah tata cara membuat patung dari plastisin yang dapat kamu praktikkan di rumah

  • Siapkan plastisin beserta alat - alatnya, di sini kamu dapat mempersiapkan alat - alat yang dapat menunjang kreativitasmu untuk membentuk plastisin yang ingin kamu jadikan patung.

  • Mulai dengan melunakkan plastisin terlebih dahulu. Memijat - mijat plastisin hingga lunak dan menjadi mudah dibentuk.

  • Mulailah berimajinasi dan membentuk plastisin sesuai dengan kreativitas dan imajinasi kamu. Untuk memudahkan proses pembentukan patung, kamu dapat membentuknya dengan membuat bagian tubuhnya satu persatu. Misalkan jika ingin membuat kucin, maka buatlah kepala, kemudian badan, lalu kaki, hingga ekor. Begitu pula jika ingin membuat benda lain, seperti buah - buahan, contohnya strawberry, mulai dengan membentuk bagian merahnya kemudian bagian daun hijaunya lalu berikan hiasan lubang - lubang sehingga dapat memberikan kesan hidup pada patung strawberry yang kamu buat.

  • Gabungkan bagian - bagian patung yang telah dibuat, rangkai hingga membentuk suatu bentuk patung yang utuh dan sempurna.

  • Berikan hiasan dengan alat yang telah kamu siapkan untuk mendukung kesan nyata pada patung plastisin yang telah kamu bentuk tersebut.

Cara membuat patung dari plastisin dapat kamu lakukan dimana saja dan kapan saja, karena bahan - bahan dan alat pembuatan patung sederhana tersebut sangat mudah kamu dapatkan. Latih terus imajinasi dan kreativitasmu untuk terus berkreasi dengan hal - hal sederhana yang ada di sekitarmu.

Penulis: Caca Firanda 

Beri Komentar