Cara Membuat Blog Pribadi Simple yang Menghasilkan, Tentunya Gratis

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 19 Oktober 2022 07:22
Cara Membuat Blog Pribadi Simple yang Menghasilkan, Tentunya Gratis
Berikut langkah-langkah cara membuat blog pribadi yang gratis dan mudah banget dicoba!

Kemunculan blog atau wordpress merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Banyak orang yang menjadikan blog sebagai tempat penghasilan dan berbagi informasi. blog menjadi media banyak orang untuk berekspresi dan berkarya dengan bebas di internet.

Untuk kamu yang suka menulis dan berkarya, blog menjadi salah satu media pilihan yang bisa kamu gunakan. Blog akan memfasilitasi kamu untuk terus berkembang dalam menulis atau membuat karya lainnya.

Kebanyakan orang masih bingung cara membuat blog. Padahal, cara membuat blog pribadi cukup mudah. Kamu bisa melakukannya di smartphone atau laptop/PC.

Blogspot merupakan salah satu platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat dan mengelola blog pribadi. Platform ini diminati oleh banyak orang karena aksesnya yang mudah dan gratis.

Tak perlu khawatir kesusahan dalam pengoprasiannya. Platform ini bisa dioperasikan dengan mudah bahkan oleh pemula. Ditambah lagi, kamu bisa mendapatkan penghasilan jika mengelolanya dengan baik.

Ingin tau lebih lanjut bagaimana cara membuat blog pribadi? yuk simak Langkah – Langkah berikut, dijamin blog pribadi kamu menarik dan tentunya gratis.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Blog Pribadi yang simple

Cara Membuat Blog Pribadi yang simple © Diadona

Untuk membuat blog pribadi yang simple, kamu dapat menggunakan Wordpress atau blogger.com. dua platform tersebut sering digunakan orang karena mudah dan praktis. Selain itu, platform tersebut juga memiliki banyak fitur yang dapat mendukung kamu dalam berkarya.

Kamu bisa menggunakan smartphone atau laptop/PC yang kamu miliki untuk mengakses blogspot.com atau blogger.com. 

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Smartphone

Cara membuat blog pribadi melalui smartphone ini cukup mudah dilakukan. Kamu bisa membuatnya dimanapun dan kapanpun. Tidak harus menggunakan device seperti laptop atau PC untuk membuatnya. Berikut Diadona berikan Langkah – Langkah mudah membuat blogspot melalui smartphone:

  • Pertama – tama, kamu bisa mengunduh platform blogspot.com atau blogger.com. kamu bisa mengakses Google Play Store untuk mengunduhnya secara gratis. Jika kamu pengguna ios, di sana juga tersedia dan bisa diunduh di App Store.

  • Setelah selesai mengunduh, selanjutnya kamu bisa mengisi alamat email yang kamu miliki. Pada tahap ini, email diperlukan untuk membuat akun. Pastikan menggunakan alamat email yang aktif digunakan.

  • Kemudian, setelah akun selesai dibuat, kamu bisa melakukan Sign Up untuk masuk. Gunakan password dan email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

  • Selanjutnya, setelah berhasil sign up. Langkah selanjutnya adalah mengedit profil. Edit profil sesuai yang kamu inginkan, di sana terdapat fitur yang dapat kamu gunakan. Setelah selesai, kamu dapat memilih buat blog baru.

  • Kamu akan diarahkan untuk menulis alamat blog dan judul blog pribadi. perhatikan dalam mengisi alamat blog, karena ada syarat untuk menuliskan alamat yang belum pernah dipakai oleh pengguna lain.

  • Setelah itu, kamu bisa memilih desain template. Akan ada banyak template – template menarik yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih template sesuai selera.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Blog dengan Laptop Atau PC

Cara membuat blog pribadi dengan laptop atau PC ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan smartphone. Caranya juga mudah dan praktis, kamu hanya perlu menyiapkan alamat email sebelum melakukan Langkah – Langkah berikut.

  • Pertama – tama, buka browser yang ada di laptop kamu. Kemudian kamu bisa mencari di search engine browser dengan mengetik www.blogspot.com atau www.blogger.com

  • Kemudian, pilih create your blog. Setelah itu kamu akan diarahkan untuk mengisi alamat email serta password. Ini untuk membuat akun yang akan kamu gunakan seterusnya

  • Sama seperti menggunakan Smartphone, kamu juga diminta untuk mengedit profil. Kamu bisa melengkapi profil sesuai keinginan kamu. Atau kamu juga menunda mengisinya.

  • Setelah itu, akan ada beberapa fitur yang muncul. Fitur pertama adalah dashboard, fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengatur tampilan awal pada blog pribadimu. Kamu bisa menulis judul dan alamat blog serta tema atau template desain blog pribadimu. Kemudian kamu bisa mengklik create blog. Jika ada tawaran untuk membeli domain, kamu bisa mengklik “ No Thanks”.

  • Fitur selanjutnya adalah post blog. Fitur ini merupakan fitur yang digunakan untuk mengatur isi blog, termasuk menaruh tulisan yang sudah kamu buat. Ketika sudah selesai kamu bisa mengklik publish.

  • Fitur terakhir, adalah fitur yang memudahkan kamu untuk melihat hasilnya. Fitur ini merupakan gambaran nanti tampilan blog beserta isinya yang akan dilihat oleh orang lain. Kamu bisa mengklik visit blog atau menuliskan alamat blog yang sudah kamu buat.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mendapat Penghasilan dari Blog

Pada era ini, kemajuan teknologi memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya dengan memanfaatkan media blog. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Berikut diadona rangkumkan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari blog.

  • Memasang Iklan, menjadi publisher dari suatu iklan merupakan salah satu cara mendapatkan rupiah dari blog. Google menyediakan fitur google adsense bagi kamu yang ingin menjadi publisher iklan. Sistem dari google adsense sendiri adalah semakin banyak orang yang mengklik iklan, maka semakin banyak akumulasi penghasilan yang didapat. 

  • Review Suatu Produk

Sama seperti content creator youtube yang mereview suatu barang, atau selebgram yang mereview barang endorse. Kamu bisa melakukannya juga di blog, bedanya review ini berbentuk tulisan. Kamu bisa mereview barang atau jasa yang diminta pemilik.

Itu tadi cara membuat blog pribadi simple yang menghasilkan dan tentunya gratis. Jika kamu ingin menghasilkan rupiah dari blog, kamu perlu mengelolanya dengan baik. Kamu bisa terus berkarya melalui tulisan namun juga menghasilkan uang, menarik bukan?

Penulis: Rafli Husein

Beri Komentar