Bikin Salut, Nenek Ini Tolak Bantuan Beras karena Merasa Masih Ada yang Lebih Membutuhkan

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 18 April 2020 13:40
Bikin Salut, Nenek Ini Tolak Bantuan Beras karena Merasa Masih Ada yang Lebih Membutuhkan
Mengalihkan bantuan yang didapat karena merasa bukan haknya. Kalau kita di posisi tersebut apa bisa melakukan seperti nenek ini?

Virus corona yang menjangkiti banyak wilayah menimbulkan banyak kesulitan bagi masyarakat. Meski begitu, di sisi lain banyak pula bermunculan aksi saling bantu, seperti bagi-bagi sembako atau kebutuhan kebersihan dasar.

Orang-orang lanjut usia adalah salah satu sasaran penyaluran bantuan karena dinilai secara kemampuan fisik sudah berkurang. Meski begitu, ada juga yang masih merasa sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri dan justru mengalihkan bantuan yang diterima untuk orang lain.

Itulah yang dilakukan oleh seorang nenek di Sumatera Barat.

1 dari 2 halaman

Berawal dari unggahan video di akun Twitter @infoSumbar. Nampak seorang nenek yang sedang menerima satu karung beras dari seorang laki-laki.

Jika hanya dilihat tanpa audio, terlihat si nenek menerima bantuan itu seperti penerima donasi pada umumnya. Namun, ternyata nenek tersebut mengatakan sesuatu yang mengejutkan.

Alih-alih menerima bantuan, si nenek justru menolaknya. Bukan tanpa alasa, nenek tersebut menolak bantuan beras karena merasa ada orang yang lebih layak menerima bantuan tersebut. Ia meminta pada pemberi donasi untuk mengalihkannya pada mereka.

" Tolong berikan (beras ini) ke orang yang lebih membutuhkan. Kalau garam ini nggak apa-apa saya terima. Kalau beras saya masih ada untuk tiga bulan ke depan," ujar sang nenek dalam bahasa daerah.

2 dari 2 halaman

Video tersebut sontak membuat netizen kagum. Bagaimana di kondisi yang sedang krisis seperti ini, nenek itu tidak memanfaatkan kebaikan, justru mengalihkan bantuan yang didapat untuk orang yang lebih berhak.

Hingga saat artikel ini ditulis, cuitan tersebut telah mendapatkan 1.400 retweet dan 2.800 like serta ratusan komentar.

Semoga sehat dan tidak bosan untuk menjadi orang baik ya, nek!

Beri Komentar