Berbeda Keyakinan dengan Saudarinya, Shandy Aulia Akui Sempat Jalani Dua Agama Sewaktu Kecil

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 2 September 2020 10:43
Berbeda Keyakinan dengan Saudarinya, Shandy Aulia Akui Sempat Jalani Dua Agama Sewaktu Kecil
Shandy Aulia pernah sholat dan ke gereja sekaligus sewaktu kecil.

Menjadi ibu muda, kehidupan Shandy Aulia memang sering kali menuai banyak perhatian. Meski jarang muncul di layar kaca, Shandy cukup sering membagikan momen bahagianya bersama sang anak, Claire.

Tak banyak yang tahu, Shandy Aulia lahir dari kedua orang tua yang berbeda agama. Sang ayah, Kemas Yusuf Effendy beragama Islam dan sang mama, Elsye Dopong beragama Kristen. Namun, keduanya sudah bercerai sejak ia kecil.

Perbedaan agama kedua orang tua Shandy ini, ternyata membuatnya sempat menjalani dua agama sekaligus lho sewaktu kecil. Hal ini ia bagikan dalam channel YouTubenya, Shandy Aulia.

1 dari 5 halaman

Shandy Aulia saat ngobrol dengan kakaknya © Diadona

Sekitar usia 12 sampai 15 tahun, Shandy mengungkapkan bahwa ia sempat menjalani dua agama sekaligus, Kristen dan Islam.

" Tapi pada saat usia aku TK sampai SD ya, aku inget banget sekitar usia 12 sampai kalau nggak salah 15 tahun deh, memulai masa remaja, itu aku masih mengalami yang namanya menjalani kedua agama," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Menjalani Ibadah Dua Agama Sekaligus

Hal ini nggak lepas dari orang tuanya yang bercerai semenjak kecil, lalu ia dibesarkan oleh sang mama yang beragama Kristen dan seseorang yang ia panggil ibu yang beragama Islam.

Karena itulah, Shandy Aulia pernah menjalani ibadah dua agama sekaligus.

" Karena aku inget banget nih aku suka nginep di rumah ibu juga. Di situ aku masih ngejalanin yang namanya sholat bahkan puasa aku pernah jalanin. Terus sama mama aku ke gereja juga. Jadi kedua hal itu aku masih menikmati karena at that moment saat itu ya anak-anak fokusnya utamanya bukan itu kali ya. Tahu Tuhan tapi sesuatu yang fokusnya masih main, masih sekolah," jelas pemeran Tita dalam film Eiffel, I'm in Love ini.

3 dari 5 halaman

Sempat Ada Perbedaan Pendapat

Shandy Aulia saat ngobrol dengan kakaknya © Diadona

Nah, setelah sempat menjalani dua agama, akhirnya di usia remaja Shandy berani untuk menentukan agama apa yang jadi pilihannya. Meski ia mengatakan sempat ada perbedaan pendapat dengan orang tuanya mengenai pilihannya ini.

" Jadi dua-duanya aku masih menjalani sampai di titik mungkin usia aku mendekati 17 tahun, aku inget banget ya belom sampai 17 lah, 15 aku mulai berani speak up ke mama, ke papa bahwa inilah pilihan aku walaupun ada pertentangan, ada perbedaan pendapat, ada ini," imbuh Shandy.

4 dari 5 halaman

Mantap Memilih Agama

Meski begitu, Shandy mengaku pilihan agamanya yang sekarang memang murni dari pilihannya sendiri tanpa ada campur tangan pihak lain.

" Aku jelaskan ke papa bahwa pilihan itu mutlak murni dari aku nggak ada campur tangan mama karena bisa dilihat aku ngejalanin dua-duanya kayak itu emang proses yang aku alamin secara pribadi," pungkasnya.

Beri Komentar