Apa Zombi Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Januari 2020 16:00
Apa Zombi Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata?
Zombi biasa muncul di film atau serial TV, tetapi apakah zombi ini benar-benar ada di kehidupan nyata? Berikut ini ulasannya.

Zombi sering dikaitkan dengan para mayat hidup pemakan daging ganas yang mengejar para manusia yang belum menjadi zombi. Banyak film, serial drama, komik atau novel yang bercerita tentang zombi tetapi apakah dalam dunia nyata zombi ini benar-benar ada? Sebenarnya di alam ada beberapa kasus zombifikasi yang benar-benar terjadi.Namun berbeda dengan di film atau serial drama, zombi di kehidupan nyata ini ditemukan pada beberapa hewan tertentu.

Dilansir dari laman Medical News Today (31/10), zombifikasi ini ditemukan pada beberapa hewan dan tanaman yang memiliki kesamaan dengan para mayat hidup yang sering muncul di film atau biasa disebut zombi. Apa saja fenomena zombifikasi yang terjadi di alam ini secara nyata, berikut adalah ulasannya:

1 dari 4 halaman

Semut Zombi

Ilustrasi Zombi © Diadona

Ophiocordyceps adalah genus jamur yang memiliki lebih dari 200 spesies. Salah satu spesiesnya adalah sebuah jamur yang sangat menakutkan. Hal ini dikarenakan jamur ini mampu menginfeksi tubuh serangga yang sudah mati seperti semut dan lalu mengendalikan tubuh dan pikiran mereka untuk memanjat ke tempat jamur ini hidup. Tak berhenti sampai situ saja, jika jamur ini mati maka spora fungi yang jatuh bisa mengenai semut lain di bawahnya dan akan menyebarkan penularan yang lebih luas lagi.

2 dari 4 halaman

Laba-laba Zombi

Ilustrasi Zombi © Diadona

Tahun lalu, seorang ahli zoologi dari Universitas British Columbia di Vancouver, Kanada, bersama rekannya menemukan hal yang mengerikan di Hutan Amazon. Mereka menemukan spesies tawon Zatypota yang mampu memanipulasi laba-laba dari spesies eksimius Anelosimus. Biasanya spesies laba-laba ini hidup berkoloni tetapi laba-laba yang mereka lihat ini meninggalkan koloninya untuk membuat jaring-jaring seperti kepompong yang dibuat dilokasi-lokasi terpencil.

Ketika para peneliti ini membuka kepompong yang dibuat laba-laba itu, mereka menemukan adanya larva Zatypota di dalamnya. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ternyata tawon Zatypota ini bertelur di perut laba-laba kemudian saat telur itu sudah menetas, larva tawon akan memakan laba-laba dan mulai mengendalikan tubuhnya, sangat mengerikan, bukan?

3 dari 4 halaman

Zombi Seks

Ilustrasi Zombi © Diadona

Kasus zombifikasi lainnya ditemukan pada katak pohon di Korea Selatan. Katak ini telah terinfeksi fungi patogen Batrachochytrium dendrobatidis. Katak-katak yang terinfeksi memiliki panggilan yang lebih cepat dan panjang yang membuat betina lebih tertarik kepada mereka. Menurut Matt Fisher, perilaku ini agar penyebaran fungi yang menginfeksi katak semakin terseabr luas yaitu dengann cara reproduksi tetapi ini baru hipotesa dan belum dibuktikan dengan melakukan penelitian.

4 dari 4 halaman

Tanaman Zombi

Ilustrasi Zombi © Diadona

Pada tahun 2014, peneliti dari John Innes Centre menemukan bakteri tertentu yang dikenal dengan phytoplasma. Bakteri ini teryata mampu mengubah tanaman menjadi zombi. Bakteri phytoplasma mengambil alih tubuh inang (tanaman) dengan cara menghasilkan protein yang mengubah proses molekuler di dalam tumbuhan. Hasilnya tanaman yang biasanya memiliki bunga, kini berubah menjadi semacam daun berwarna hijau. Hal ini menyebabkan tanaman ini lebih menarik bagi serangga yang menjadi kendaraan bagi bakteri agar dibawa ke tumbuhan lain yang akan ia jadikan inang baru.

Itulah beberapa zombifikasi yang ditemukan di alam ini tetapi belum ada kasus zombifikasi yang ditemukan pada manusia secara nyata dengan kata lain para zombi atau mayat hidup yang ditampilkan di film atau serial drama itu murni hal yang fiktif. Apa kamu pernah menjumpai salah satu dari pada zombi ini?

Beri Komentar