Aliando Syarief Idap Penyakit Obsessive Complusive Disorder: OCD Gue Udah Sadis

Reporter : Galang
Jumat, 28 Januari 2022 15:45
Aliando Syarief Idap Penyakit Obsessive Complusive Disorder: OCD Gue Udah Sadis
Aktor Aliando Syarief ternyata sudah mengidap OCD sejak 2 tahun ke belakang. Ini pengakuannya!

Baru-baru ini aktor muda Indonesia, Aliando Syarief melakukan live di Instagram miliknya. Ia melakukan hal itu untuk memberi kabar bahwa dirinya tengah berjuang sembuh pada dua tahun ke belakang, dari penyakit OCD (Obsessive Complusive Disorder).

Live Instagram dipilih Aliando untuk memberi kabar kepada khalayak mengenai keadaannya saat ini. Untuk aktivitas lainnya, Aliando memilih untuk tetap di rumah dan melakukan terapi.

Penyakit OCD sendiri memberikan efek kepada pengidapnya berupa tubuh kurus dan muncul imajinasi-imajinasi aneh serta berbahaya.

1 dari 3 halaman

Melansir dari situs NHS, Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah sejenis penyakit gangguan mental.

Orang dengan OCD memiliki pikiran dan dorongan yang tidak dapat dikendalikan dan berulang (obsesi), serta perilaku (paksaan) kompulsif.

Contoh perilaku kompulsif adalah mencuci tangan 7 kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor. Pikiran dan tindakan tersebut berada di luar kendali pengidap. Meski pengidap mungkin tidak ingin memikirkan atau melakukan hal tersebut, tetapi ia tidak berdaya untuk menghentikannya. Dengan kata lain, OCD dapat memengaruhi secara signifikan kehidupan pengidapnya.

2 dari 3 halaman

Aliando sendiri mengkonfirmasi bahwa penyakit OCD membuat tubuh menjadi kurus. Dia menjadi susah makan, susah bergerak, bahkan untuk menyuap makanan ke dalam mulut pun harus berpikir.

Meskipun demikian, Aliando tetap bersyukur karena diberi mental yang kuat. Baginya, dengan tetap berjuang melawan penyakit ini, maka hal ini patut disyukuri.

Obsessie Complusive Disorder yang diderita aktor berusia 25 tahun itu sempat membuatnya stres dan tidak nafsu makan. Dia juga mengaku kesulitan untuk melakukan sesuatu, termasuk mandi.

3 dari 3 halaman

Aliando Syarief dan Pevita Pearce © Diadona

OCD yang dialami oleh bintang sinetron dan film itu bukan kali pertama untuknya. Saat duduk di bangku kelas 2 SD, Aliando juga pernah mengalami hal serupa.

Saat ini ketika dirinya menginjak usia 25 tahu, penyakit itu kembali menyerang tubuhnya. Ilusi yang dialami Aliando bahkan ia sebut sudah sangat sadis. Oleh karena itu, ia memilih untuk berdiam diri di rumah.

Aliando Syarief juga menjelaskan bahwa OCD dan bipolar adalah dua penyakit yang berbeda. Menurutnya, OCD memiliki unsur anxiety, bipolar, dapat menyebabkan overthinking, bahkan critical thinking. Pada akhirnya, OCD yang diidap Aliando menariknya ke hal-hal negatif.

Beri Komentar