24 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan yang Menguntungkan Masyarakat

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 21 Mei 2021 16:53
24 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan yang Menguntungkan Masyarakat
BPJS adalah program pemerintah di segmen kesehatan

Manfaat BPJS bisa dirasakan bagi orang-orang yang membutuhkan untuk perawatan secara medis. BPJS adalah bentuk tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya melalui sistem kesehatan. Program ini telah diresmikan sejak tahun 2014 di mana peserta BPJS dibagi menjadi tiga golongan yaitu golongan satu, golongan dua dan golongan tiga. Yang membedakan golongan ini terletak pada iuran premi bulanan yang harus dibayarkan. 

Selain itu BPJS juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak tahun 2015 keduanya memiliki manfaat yang berbeda tetapi masih tetap sama-sama menguntungkan masyarakat Indonesia. Kali ini, bagi kamu yang belum tahu manfaat BPJS, bisa simak baik-baik artikel ini, ya.

1 dari 2 halaman

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat BPJS © Diadona

Mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja tanpa bisa ditebak. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini membantu dan menjamin karyawan yang terdaftar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai jika terjadi kecelakaan saat bekerja. Selain itu semua yang terjadi ditanggung oleh perusahaan.

Sebagai Jaminan Hari Tua

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yaitu berupa jaminan pensiun yang akan diterima karyawan dalam satu perusahaan. BPJS Ketenagakerjaan ini uangnya bisa dicairkan setelah selesai masa kerjanya. 

Sebagai Jaminan Pensiun

Perbedaan dari jaminan pensiun dan hari tua adalah jaminan pensiun memiliki masa ketentuan yaitu berupa sistem yang dibayarkan adalah selama per bulan maksimal hingga 180 bulan sejak masa kerja karyawan selesai atau pensiun. Selain itu iuran ini bisa diturunkan ke anak karyawan bila karyawan tersebut meninggal.

Sebagai Jaminan Kematian

Tidak ada yang menginginkan salah satu keluarganya meninggal. Namun, apabila ini terjadi, BPJS Ketenagakerjaan mampu memberikan bantuan dana jika karyawan yang terdaftar meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Santunan ini akan diberikan kepada ahli warisnya. 

2 dari 2 halaman

Manfaat BPJS Kesehatan

Manfaat BPJS © Diadona

Manfaat JKN BPJS Kesehatan memiliki 6 fasilitas yang bermanfaat untuk kamu. Apa saja itu?

Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

Pelayanan ini adalah pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat umum atau non spesialistik. Biasanya pelayanan ini digunakan untuk minta rujukan ke RS. Selain itu pelayanan ini meliputi pelayanan rawat jalan dan rawat inap yang diberikan oleh :

  1. Puskesmas

  2. Praktik Mandiri Dokter

  3. Praktik Mandiri Dokter Gigi

  4. Klinik Pertama

  5. Rumah Sakit kelas D

  6. Faskes Penunjang

Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP)

Manfaat BPJS Kesehatan ini memiliki fasilitas Rawat Jalan Tingkat Pertama. Manfaat yang ditanggung oleh BPJS adalah :

  1. Pelayanan Promosi dan Kesehatan dan Pencegahan

  • Penyuluhan kesehatan perorangan

  • Imunisasi rutin

  • KB meliputi konseling dan pelayanan kontrasepsi

  • Skrining riwayat kesehatan yang diberikan untuk mendeteksi risiko penyakit dengan metode tertentu

  • Membantu meningkatkan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis

  1. Pelayanan kuratif dan rehabilitatif yang mencakup :

  • Administrasi pelayanan

  • Pemeriksaan medis

  • Tindakan medis

  • Pelayanan obat

  • Pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama

  1. Pemeriksaan, tindakan medis, dan pengobatan kesehatan gigi tingkat pertama.

Rawat Inap Tingkat Pertama

Manfaat BPJS Kesehatan untuk RITP ini adalah :

  1. Akomodasi rawat inap

  2. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis

  3. Tindakan medis non spesialistik

  4. Pelayanan kebidanan yang meliputi persalinan pervaginam, persalinan dengan komplikasi dan pertolongan neonatal dengan komplikasi

  5. Mendapatkan pelayanan obat-obatan

Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan

Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan ini memberikan manfaat BPJS Kesehatan berupa pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat spesialistik atau subspesialistik yang terdiri dari rawat jalan, rawat inap dan rawat inap di ruang khusus.

Rawat Jalan Tingkat Lanjutan

Manfaat BPJS Kesehatan salah satunya adalah memberikan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan yang memberikan fasilitas pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi media dasar. Kemudian berlanjut kepada pemeriksaan dan pengobatan yang dilakukan oleh spesialistik. Ditambah pasien akan mendapatkan rehabilitasi medis dan pelayanan darah.

Rawat Inap Tingkat Lanjutan

Rawat Inap Tingkat Lanjutan adalah salah satu manfaat BPJS Kesehatan yang menanggung perawatan inap non intensif dan perawatan inap intensif (ICU, ICCU, NICU, PICU)

Manfaat BPJS entah itu Kesehatan atau Ketenagakerjaan semua fasilitas yang diberikan sangat menguntungkan pesertanya. Selain itu untuk iuran premi nya pun bisa dikatakan murah tergantung golongan yang diambil. Tentunya dengan BPJS semua masalah kesehatan ditanggung mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala.

Beri Komentar