14 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 3 Juli 2021 11:08
14 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Pengertian manajemen menurut para ahli bisa sangat bervariasi dan ini wajar banget pada suatu bisang studi yang menyangkut masalah manusia

Pengertian manajemen sebenarnya belum baku, tetap dan mendpaatkan persetujuan secara universsal. Namun istilah ini sudah mendapatkan definisi dengan pokok pengertian yang sama antara satu dan yang lainnya.

Mengintip historynya, manajemen nampaknya berakar dari bahasa Italia yakni 'maneggiare' yang memiliki arti 'mengendalikan'. Sebagian ahli merujuk istilah manajemen dari bahasa Perancis Kuno 'menagement' yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

1 dari 4 halaman

Mendefinisikan manajemen terbagi dalam tiga fokus, dikutip dari jurnal online UIN Sumatera Utara, yakni:

  • Sebagai kemampuan dan keahlian yang selanjutnya menjadi bibit manajemen sebagai suatu profesi. Sebagai suatu ilmu, manajemen memberi perhatian pada ketrampilan dan kemampuan manajerial
  • Sebagai proses, yakni dengan mengatur langkah sistematis dan terpadu sebagai aktivitas
  • Sebagai seni, nampak dari perpedaan gaya seseorang dalam memberdayakan orang lain dalam mencapai tujuannya.

Pengertian manajemen sulit untuk didefinisikan dan ini umum pada banyak bidang studi yang menyangkut masalah manusia. Melansir buku Manajemen Sebuah Pengantar : Sejarah, Tokoh, Teori dan Praktik karangan Dr. Lilis Sulastri, MM, berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli:

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli © Diadona

Mary Parker Follet

Management is the art of getting things done through people.

Pengertian manajemen menurutnya adalah sebagai seni mencapai tujuan melalui orang lain. Apa artinya? Bahawa ilmu manajemen adalah bagaimana orang-orang dalam manajemen tersebut mengatur orang lain untuk mencapai tujuan orang lain.

Term 'art' dalam kalimat pengertian manajemen tersebut merujuk pada upaya mengatur tersebut.

Henry Fayol

Pengertian manajemen menurut ahli berikut adala suatu proses perencanaan, pengoordinasian dan pengawasan ataukontrol terhadap sumber daya. Ini dilakukan untuk mencapai tujuan secara aktif dan efisien.

James A.F Stoner

Management is process of planning, organizational, observation and guidance of effort all organizational member and usage of resource, other organizational to be reaching the target of organization which have been specified.

Secara sederhana, pengertian manajemen menurut ahli berikut adalah bahwa manajemen merupakan proses perencanaan, organisasi, kepemimpinan dan kepengawasan usaha anggoita organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A.

Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

3 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli © Diadona

Robert L. Kats

Pengertian manajemen menurut ahli berikut adalah suatu profesi yang harus memiliki kemampuan dalam berikut:

  • kemampuan konsep, yakni kemampuan berpikir dan menggagas situasi yang abstrak
  • Kemampuian sosial yakni kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dengan individu
  • Kemampuan teknikal meliputi pengetahuan dan keahlian di bidang khusus

Luther Gulick

Manajemen adaalh bidang ilmu pengetahuan yang mempelajarai tentang alasan dan proses orang dalam bekerja sama

Oey Liang Lee

Menurutnya, manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Gulick dalam Wijayanti (2008: 1)

Manajemen adalah bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

4 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli © Diadona

George R. Tarry

Seperti yang dikutip Syafaruddin, pengertian manajemen menuru ahli George R. Tarry adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan tujuan dari usaha-usaha manusia dan sumber daya lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Pengertian manajemen menurut para ahli lainnya adalah sebagai berikut :

Susilo Martoyo dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Cet IVi

Manajemen adalah usaha untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia atau kepegawaian, pengarahan dan kepemimpinan serta pengawasan.

Schein

Schein mendefinisikan manajemen sebagai suatu profesi yang dituntut untuk bekerja secara profesional dengan karakteristiknya yakni mampu membuat keputusan berdasarkan prinsip umum.

Renville Siagian

Renville Siagian mengartikan manajemen sebagai bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan, pengorganisasian, memimpin & pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (manusia, keuangan, fisik & informasi) dengan tujuan mencapai tujuan organisasi secara efektif & efisien dalam lingkungan yang berubah.

Seperti yang udah Diadona jelaskan sebelumnya bahwa ada banyak definisi mengenai suatu ilmu yang terkait dengan masyarakat, dan dibuktikan dengan banyaknya pengertian manajmeen menurut ahli tersebut.

Beri Komentar