13 Ciri-Ciri Bunga Bangkai dan Fungsinya, Ternyata Beda Dengan Rafflesia arnoldii lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 17:49
13 Ciri-Ciri Bunga Bangkai dan Fungsinya, Ternyata Beda Dengan Rafflesia arnoldii lho!
Ciri-ciri bunga bangkai adalah ukurannya yang besar dan aromanya yang busuk. Kedua ciri ini sama dengan bunga Rafflesia arnoldii, padahal keduanya adalah jenis yang berbeda lho

Ciri-ciri bunga bangkai yang paling terkenal adalah ukurannya yang super besar dan baunya yang busuk. Ini adalah bunga yang paling langka di dunia. Namun banyak orang yang salah sangka bahwa bunga bangkai adalah bunga Rafflesia Arnoldii. Loh, memangnya bukan? Bukan dong!

Bunga bangkai raksasa yang juga langka punya nama latin Amorphophalus titanium, bukan Rafflesia Arnodlii. Keduanya memang sama-sama mengeluarkan bau busuk yang tajam, tapi bentuk bunganya sangat jauh berbeda.

Lebih lanjut mengenai ciri-ciri bunga bangkai dan fakta unik tentang kedua jenis bunga ini, Didona udah mengutip dari Powo Science Kew dan bisa kamu simak di dalam artikel di bawah ini. Yuk!

1 dari 3 halaman

Ciri Khusus Bunga Bangkai

Ciri-Ciri Bunga Bangkai © Diadona

Ciri-ciri bunga bangkai Amorphophallus titanum yang sangat khsuus adalah ukurannya yang sangat besar dan bisa menjulang sampai ketinggian 3 meter di atas tanah. Ini adalah bunga yang langka, kehadirannya selalu menyita perhatian.

Mereka hidup di Sumatera, tumbuh di hutan hujan Sumatera bagian barat, di lereng bukit yang curam, pada ketinggian 120 hingga 365 m di atas permukaan laut.

Bagian Bunga

Bunga ini berbentuk seperti lonceng terbalik berwarna hijau dan berbintik-bintik seperti krim di bagian luasr, dan merah tua di bagian dalam. Bunag ini punya sisi berusuk dan tepi berumbai dengan tinggi bisa mencapai tiga meter lho.

Kelopak bunga bangkai ini melilit bantalan bunga yang berwarna kuning keabuan. Nah di dasar bantalan bunga ini adalah pelindung yang dibentuk oleh spathe, ada pita bunga jantan berwarna krem ??di atas cincin bunga betina merah muda yang lebih besar.

Saat bunga ini siap untuk penyerbukan, spandix bakalan memanas dan mengeluarkan bau yang busuk banget. Dari ciri-ciri bunga bangkai inilah nama itu kemudian berasal.

Umbi

Bunga bangkai tumbuh dari umbi, sebuah batang di bawah tanah yang ukurnnya besar banget. Umbi ini berfungsi buat menyimpan cadangan makanan, berbentuk bulat dengan berat bisa mencapai 70 kg.

Daun

Apakah bunga bangkai ini punya daun? Ternyata daun hanya muncul satu helai setelah bunga mati lho. Dengan ukuran pohon yang kecil, daun bunga bangkai bisa mencapai tinggi 7 meter dengan lebar 7 meter. Bentuknya adalahtangkai hijau mengkilap yang kokoh dengan bintik-bintik krem, yang terbagi menjadi tiga di puncaknya dan mengandung banyak selebaran.

Daun ini berfusngi untuk membuat gula trus diangkut ke umbi lalu disimpan sebagai pati. Daun itu bakalan layu sebelum yang baru muncul. Saat tanaman akan berbunga, umbi jadi nggak aktif sampai empat bulan sebelum bunga lain muncul.

Penyerbukan

Sampai saat ini sih masih belum dikethaui apakah serangga yang membawa serbuk sari masuk untuk melaukan penyerbukan lalu bisa keluar atau malah terperangkap di dalamnya. Ciri-ciri bunga bangkai adalah bau busuknya yang tajam. Kemungkinan penyerbuk adalah kumbang atau mungkin lalat yang bertelur.

Buah

Yup, bunga bangkai ini memiliki buah yang berkembang dari bunga betina yang diserbuki. Saat bua matang, bunga akan layu sehingga bagian buah berwarna merah cerah bakalan terlihat. Nah, dari sini nih buah ini akan menarik perhatian burung yang akan memakan dan menyebarkan bijinya.

2 dari 3 halaman

Ciri Khusus bunga Bangkai dan Fungsinya

Ciri-Ciri Bunga Bangkai © Diadona


Saat ini, salah satu fungsi dari bunga bangkai Amorphophalus titanium adalah sebagai tanaman hias. Sedangkan bagian kuncup bunga Rafflesia Arnoldii digunakan dalam pengobatan tradisional. 

Kuncup bunga Rafflesia arnoldii sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu persalinan dan pemulihan selama proses tersebut. Tanaman ini juga dikenal sebagai pembangkit gairah. Sayangnya, kegunaan tersebut hadir bukan karena kandungan kimiawi dalam bunga melainkan karena bentuknya, warn, ukuran dan takhayul.

3 dari 3 halaman

Ciri Khusus Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldi

Ciri-Ciri Bunga Bangkai © Diadona

Sementara itu, bunga Rafflesia arnoldii juga mengeluarkan bau busuk yang menarik serangga ketika mekar. Mungkin inilah yang jadi alasan kenapa bunga langka ini disebut juga dengan bunga bangkai.

Mekar Hanya Setahun Sekali

Bunga ini disebut dengan bunga pemalu karena cuman mekar satu tahun sekali. Konon sih, ciri-ciri bunga bangkai adalah mekar di bulan yang berakhiran 'er', seperti Oktober, November atau Deseber. Beberapa ornag juga sempet menyebut kalau bunga ini mekar di bulan Juli. Tapi nggak ada yang bisa memperkirakan kapan sebenarnya bunga ini bakalan mekar.

Mekar dalam Waktu Singakt

Mekarnya cuman setahun sekali, itupun hanya dalam waktu singkat kira-kira selama lima hari. Paling lama, bunga bungkai mekar selama satu minggu.

Ukuran Bunga Bangkai

Ciri-ciri bunga bangkai Rafflesia arnoldii adalah ukurannya yang paling besar, membuatnya disebut sebagai bunga terbesar di dunia. Tapi, sebesar apa? Bunga bangkai bisa tumbuh sampai satu meter dengan diameter mencapai 107 meter, dan masuk dalam rekor dunia.

Aroma Busuk

Saat bunga ini mekar, ia mengeluarkan aroma daging busuk yang menyengat. Ciri-ciri bunga bangkai Rafflesia Arnoldii ini cocok sekali dengan namanya. Aroma ini akan menarik serangga untuk datang dan jadi makanan bunga ini.

Bentuk Bunga Bangkai

Salah satu ciri-ciri bunga bangkai Rafflesia arnoldii adalah bentuknya yang ikonik. Satu bunga punya lima helai kelopak mirip kubis, bertekstur kulit dan di bagian tengahnya terdapat bagian bunga berbentuk mangkuk. Fungsinya, untuk menelan lalat dan serangga untuk makanannya sendiri.

Tidak Punya Akar, Batang dan Daun

Meskipun ciri-ciri bunga bangkai Rafflesia Arnoldii adalah ukurannya yang besar, tapi ternyata bunga ini nggak punya akar atau batang. Ini adalah bunga parasit dan tumbuh di dalam inangnya, tumbuhan merambat Tetrasigma, yang termasuk dalam famili anggur. Bunga bangkai melekat dengan tumbuhan lain dan tumbuh dengan mengorbankan inangnya.

Tumbuhan Parasit

Bunga ini adalah tumbuhan parasit yang mendapatkan makanan dan inangnya. Bagian utama tumbuhan berada di dalam tumbuhan inang. Satu-satunya bagian yang terlihat adalah bunganya, yang menembus kulit tanaman inang sebagai tunas kompak, dan kemudian buahnya.

Ancaman Kepunahan

Keberadaan bunga bangkai ini tentu menarik wisatawan yang pada akhirnya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat serta insentif untuk melestarikan spesies tersebut. Sayangnya, dikutip dari Powo Science, sebagai akibat dari terbentuknya ekowisata ini serta gangguan manusia, jumlah kuncup bunga yang dihasilkan bunga bangkai mengalami penurunan secara signifikan di berbagai lokasi.

Ciri-ciri bunga bangkai yang paling utama adalah aromanya yang menyengat yang berfungsi untuk menarik serangga dan membantu mereka melakukan penyerbukan.

Beri Komentar