12 Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Sejarah Penamaanya, Kamu Harus Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 21 Desember 2021 12:00
12 Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Sejarah Penamaanya, Kamu Harus Tahu nih!
Nama bulan dalam bahasa Inggris pun juga merupakan kata serapan. Nama nama bulan masehi yang sampai saat ini kita gunakan di berbagai kalender ternyata berasal dari bangsa romawi kuno.

Banyak dari kita mungkin sudah tahu kalau nama bulan dalam baha Inggris atau pun Indonesia tidaklah jauh beda. Ya mungkin yang terlihat sangat berbeda cara pelafalan, kemudian cara penulisan. Ternyata, nama nama bulan dalam bahasa Indonesia itu memang diserap dari bahasa Inggris hehe.

Tapi, nama bulan dalam bahasa Inggris pun juga merupakan kata serapan. Nama nama bulan masehi yang sampai saat ini kita gunakan di berbagai kalender ternyata berasal dari bangsa romawi kuno. Dan tentunya, masing-masing nama bulan tersebut memiliki latar belakang penamaan yang berbeda.

Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang nama bulan dalam bahasa Inggris dan juga sejarah penamaan di baliknya. Jadi, yuk kita simak uraiannya di bawah ini. Check this out!

1 dari 7 halaman

12 Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris © Diadona

1. January atau biasanya disingkat Jan, adalah bahasa bahasa Inggris dari Januari.

2. February biasanya juga disingkat Feb, juga merupakan bahasa Inggris Februari.

3. March ini adalah bahasa Inggris dari Maret yang biasanya disingkat menjadi Mar.

4. April adalah bahasa Inggris dari April.

5. May adalah bahasa Inggris dari Mei.

6. June adalah bahasa Inggris dari Juni.

7. July adalah bahasa Inggris dari Juli.

8. August biasa disingkat menjadi Aug, adalah bahasa Inggris dari bulan Agustus.

9. September biasa disingkat menjadi Sep, adalah bahasa Inggris dari bulan September.

10. October biasa disingkat menjadi Oct, adalah bahasa Inggris dari bulan Oktober.

11. November biasa disingkat menjadi Nov, adalah bahasa Inggris dari bulan November.

12. Desember biasa disingkat menjadi Des, adalah bahasa Inggris dari bulan Desember.

2 dari 7 halaman

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Sejarah di Balik Penamaanya

Sejarah penamaan nama bulan dalam bahsa Inggris ini agaknya adalah pengetahuan yang cukup menarik untuk dikathui. Karena selema ini kita pasti hanya tahu nama-nama bulannya saja tanpa tahun latar berlakang ceritanya hehehe.

Jadi penamaan bulan masehi ini dirumuskan pada masa dan oleh kekaisaran Romawi Kuno. Dulu, dalam kalender Romawi hanya ada 10 nama bulan yakni March - Desember. Nama bulan dalam bahasa Inggris kemudian mendapatkan penambahan 2 nama bulan yaitu January dan February.

3 dari 7 halaman

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris © Diadona

Nah, berikut ini adalah sejarah penamaan nama bulan dalam bahasa Inggris tersebut.

1. January

January atau Januari ini diambil dari nama dewa di mitologi Romawi yang bernama Janus. Dewa Janus ini adalah dewa yang memiliki dua muka sebagai simbol dari permulaan dan akhir. Menurut kepercayaan Romawi, Dewa Janus adalah dewa yang bisa melihat masa depan dan masa lalu.

2. February

Nama bulan dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah February. February ini sendiri berasal dari kata dalam bahasa Latin " februa" , yang berarti “ membersihkan”. Bagi orang Romawi, Februus adalah dewa pemurnian. Ini juga merupakan alasan di bulan tersebut ada festival pemurnian dan penebusan selama sebulan penuh.

4 dari 7 halaman

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris © Diadona

3. March

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, March atau Maret dulunya adalah bulan pertama di dalam kalender Romawi. Nah, Ini merupakan bulan terjadinya musim semi dan orang-orang akan keluar rumah untuk perang.

Nah, nama March ini sendiri sangat dekat dengan Dewa Mars atau dewa perang menurut kepercayaan orang Romawi kuno.

4. April

Lanjut, nama bulan dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah April. April sendiri berasal dari kata dalam bahasa Latin Aperire yang artinya terbuka. Terbuka berarti bunga-bunga akan mekar atau musim panen terjadi di bulan ini. Jadi, bulan April adalah bulan yang penting bagi petani.

5. Mei

Mei adalah nama bulan dalam bahasa Inggris yang penamaannya juga diambil dari salah satu dewa dalam mitologi romawi kuno. Mei diambil dari nama Dewa Maia yang merupakan dewi tumbuhan.

5 dari 7 halaman

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris © Diadona

6. June

Kemudian, nama bulan dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah June yang diambil dari nama dewa Juno. Dewa Juno adalah salah satu dewa Italia kuno yang penting dan kuat yang dipercaya oleh bangsa romawi kuno menjadi pelindung Roma.

7. July

July ini dulunya adalahbulan dalam bahasa Inggris yang berada dalam urutan kelima ketika March masih menjadi bulan pertama. Dulunya sebelum bernama bulan July, bulan ini bernama Quintilis.

Nah, di bulan ini jugalah Julius Caesar lahir dan menjadi sosok yang cukup penting di kekuasaan Romawi. Untuk menghargai jasanya, bangsa Romawi Kuno mengubah nama bulan Quintilis menjadi July.

8. August

Cerita penamaan bulan August atau Agustus ini juag sama dengan July. Dulunya, nama bulan dalam bahasa Inggris ini adalah Sextilis karena berada dalam urutan keenam dalam kalender romawi. Nama Sextilis diubah menjadi August karena diambil dari Kaisar Romawi pertama yang bernama Augustus Caesar.

6 dari 7 halaman

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris © Diadona

9. September

Nama bulan dalam bahasa Inggris September berasal dari kata Latin septem, yang berarti " tujuh" . Tentu saja ini dinamakan bulan ketujuh ini sebelum bulan-bulan Masehi ditambahkan bulan January dan February serta March masih menjadi bulan pertama.

10. October

Sama seperti bulan September, nama bulan October ini berasal dari kata 'octo' yang berarti delapan. Alasan penamaan nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris ini sudah dijelaskan sebelumnya ya.

11. November

Nama bulan dalam bahasa Inggris November ini juga berasal dari kata 'novem' dalam bahasa Latin yang artinya kesembilan dari kalender romawi awal yang hanya berjumlah 10 bulan saja.

7 dari 7 halaman
Beri Komentar