7 Nama Nama Neraka dalam Agama Islam yang Disebutkan al-Quran dan Para Calon Penghuninya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 20 Desember 2021 10:00
7 Nama Nama Neraka dalam Agama Islam yang Disebutkan al-Quran dan Para Calon Penghuninya
Selain menambah pengetahuan, mengetahui nama nama neraka ini harusnya juga menjadi pengingat buat kita untuk selalu berbuat baik serta menjalankan perintah agama dengan baik dan benar.

Bagi tiap-tiap penganut agama, pasti akan memahami jika di kehidupan selanjutnya ada surga dan neraka. Surga merupakan tempat yang diperuntukkan untuk orang yang semasa hidupnya gemar melakukan kebaikan dan menjalankan perintah agama dengan baik dan benar. Sedangkan neraka adalah sebaliknya, berbagai nama nama neraka adalah tempat terburuk bagi siapapun yang semasa hidupnya dipenuhi keburukan terhadap semasa makhluk dan juga kepada Tuhannya.

Agama Islam melalui al-Quran menyebutkan ada tujuh nama nama neraka. Masing-masing dari nama nama neraka tersebut tentu saja memiliki calon penghuninya sendiri. Tentu saja masing-masing dari neraka tersebut tentu saja adalah seburuk-buruknya tempat tinggal.

Diadona.id telah merangkum nama nama neraka ini untuk kamu ketahui dari laman NU Online. Di antara nama nama neraka tersbeut antara lain adalah neraka Jahanam, Lazha, Huthamah dan beberapa nama neraka lainnya. Selain untuk menambah pengetahuan, mengetahui nama nama neraka ini harusnya juga menjadi pengingat buat kita untuk selalu berbuat baik serta menjalankan perintah agama dengan baik dan benar agar kelak terhindar dari pedihnya siksa neraka.

Berikut ini adalah nama nama neraka yang disebutkan oleh al-Quran. Jadi, yuk kita simak bareng-bareng uraian di bawah ini.

1 dari 8 halaman

1. Neraka Jahanam

Nama Nama Neraka © Diadona

Nama nama neraka yang pertama adalah neraka Jahanam. Melansir laman NU Online, neraka Jahanam ini adalah neraka yang berada di tingkatan paling atas. Keberadaan neraka ini dijelaskan di dalam al-Quran di dalam surat al-Isra' yang artinya adalah sebagai berikut:

" Dan Kami jadikan neraka Jahannam penjara bagi orang-orang yang kafir," (Q.S. al-Isra’ [17]: 8)

Banyak ulama tafsir berpendapat jika neraka Jahanam ini adalah tingkatan teratas neraka. Ia dikhususkan untuk umat Nabi Muhammad saw. yang maksiat. Di neraka Jahanam ini, mereka kan mendapat siksa sesuai dengan kadar dosa dan kesalahannya.

2 dari 8 halaman

2. Neraka Lazha

Nama Nama Neraka © Diadona

Nama nama neraka yang selanjutnya adalah neraka Lazha. Secara harafiah, Lazha ini sendiri memiki arti " menyala-nyala" . Masih dilansir dari laman NU Online, Syekh al-Samarqandi menafsirkan, maksud kata Naran Talazha dalam ayat al-Quran tersebut adalah neraka sangat memberatkan para penghuninya, begitu marah kepada mereka, dan menakut-nakuti mereka dengan ringkikan panjangnya.

Neraka Lazha ini diterangkan al-Quran dalam surat al-Lail yang artinya adalah sebagai berikut:

" Maka kami memperingatkan kalian dengan neraka yang menyala-nyala," (Q.S. al-Lail [92]: 14).

Penghuni neraka ini antara lain adalah mereka yang mendustakan Al-Quran dan berpaling dari keimanan dan ketaatan kepada Allah dan menghadap untuk menaati setan.

3 dari 8 halaman

3. Neraka Huthamah

Nama nama neraka yang selanjutnya adalah neraka Huthamah. al-Quran memberikan infromasi tentang nerkaa ini di dalam surat al-Humazah ayang artinya adalah sebagai berikut:

" Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka," (Q.S. al-Humazah [104]: 4-8).

Neraka Huthamah adalah satu dari nama nama neraka yang calon penghuninya adalah orang-orang yang suka mengumpat atau gibah, orang yang suka mengadu domba atau namimah, dan orang yang terpedaya dengan harta kekayaannya.

4 dari 8 halaman

4. Neraka Sa'ir

Nama Nama Neraka © Diadona

Kemudian, nama nama neraka yang selanjutnya adalah neraka Sa'ir. Dalam surat al-Mulk, al-Quran menjelaskan jika neraka ini adalah seburuk-buruknya tempat untuk tinggal dan kembali. Itu adalah gambaran sederhana tentang betapa mengerikannya siksaan api neraka tersebut.

Neraka Sa'ir ini nantinya akan dihuni oleh mereka yang semasa hidupnya mendustakan para pemberi peringatan. Juga, calon penghuni neraka ini adalah orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan para pengikut setan yang jahat.

5 dari 8 halaman

5. Neraka Jahim

Nama Nama Neraka © Diadona

Nama nama neraka selanjutnya adalah neraka Jahim. Secara harfiah, Jahim memliki arti berupa tempat yang panas sekali. Neraka ini disebut dalam Alquran sebanyak 23 kali.

Calon penghuni neraka Jahim ini telah dijelaskan al-Quran dalam surat al-Hajj yang artinya berbunyi, orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat-Nya dengan melemahkan kemauan untuk beriman (Q.S. al-Hajj [22]: 51)

Kemudian, masih melansir dari lama NU Online, neraka Jahim adalah satu dari nama nam neraka yang dijanjikan untuk orang-orang yang sesat seperti apa yang diinformasikan di dalam surat Syu'ara yang artinya " Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang- orang yang sesat," (Q.S. Syu‘ara [26]: 91).

6 dari 8 halaman

6. Neraka Saqar

Nama nama neraka yang selanjutnya adalah neraka Saqar. Neraka ini nantinya akan dihuni oleh orang-orang yang meninggalkan shalat, tidak menyantuni orang miskin, suka membicarakan yang batil, dan pendusta adanya hari pembalasan.

Hal tersebut dijelaskan al-Quran dalam surat Muddatsir yang artinya adalah sebagai berikut:

Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang batil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan. (QS Muddatsir [74]: 42-46).

Ayat lain yang menjelaskan neraka Saqar ini adalah terdapat dalam surat al-Qamar. Berikut adalah arti dari ayat tersebut:

Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): Rasakanlah sentuhan api neraka Saqar! (QS. al-Qamar: 47-48)

7 dari 8 halaman

7. Neraka Hawiyah

Nama Nama Neraka © Diadona

Nama nama neraka yang terakhir adalah neraka Hawiyah. Berbagai riwayat telah menyebutkan jika neraka Hawiyah ini adalah neraka yang tingkatannya berada di paling bawah. Neraka Hawiyah dalam Al Quran juga disebut dengan istilah naar hamiyah yang artinya api panas dan berkobar. Jadi, Hawiyah merupakan tempat dengan api yang sangat panas dan di dasar neraka yang dalam.

Calon penghuni neraka ini antara lain adalah orang-orang munafik, yakni adalah mereka yang ikrar beriman, beramal seperti orang-orang yang beriman, namun hatinya adalah hati orang yang kufur. Hal ini sejalan dengan penyataan al-Quran dalam surat an-Nisa' yang artinya adalah sebagai berikut Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. (QS al-Nisa’ [4]: 145).

Jadi itulah uraian sederhana tentang nama nama neraka dan calon manusia-manusia yang akan menjadi penghuninya. Semoga dengan ini kita bisa semakin memiliki iman yang kuat kepada Allah SWT sehingga terhindar dari pedihnya siksa api neraka. Wallahua'lam.

Beri Komentar