7 Cara Bermain Gitar untuk Pemula dengan Cepat dan Mudah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 16 Juli 2020 11:11
7 Cara Bermain Gitar untuk Pemula dengan Cepat dan Mudah
Bagi pemula, tentu mereka akan berlomba-lomba ingin tahu cara bermain gitar dengan mudah dan cepat.

Alat musik gitar sangat populer di kalangan kaum muda, pantas saja semua orang ingin tahu cara bermain gitar yang baik dan benar. Bahkan, beberapa orang rela merogoh koceknya untuk ikut kursus serta belajar langsung dari ahlinya.

Namun, bagaimana buat kamu yang ingin tahu cara bermain gitar tapi belum pernah menyentuh gitar sama sekali sebelumnya? Apalagi tak memiliki budget buat kursus.

Eits, jangan panik dulu ya guys, berikut kami rangkum dari berbagai sumber cara bermain gitar untuk pemula. Dengan latihan yang rutin, tentu kamu akan jadi gitaris andal.

1 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar untuk Pemula

Cara Bermain Gitar © Diadona

1. Tentukan posisi bermain gitar yang nyaman

Sebelum mulai berlatih, cara bermain gitar untuk pemula ialah mengetahui bagaimana posisi dan cara memegang gitar yang benar. Sebab, kalau kamu tidak nyaman dengan posisi dudukmu, hal itu akan membuatmu tidak fokus saat belajar cara bemain gitar.

Untuk itu, berikut langkah-langkah menentukan posisi yang nyaman:

- Pertama, cara bermain gitar ialah duduklah di kursi dengan nyaman, dan tegakkan punggung serta bahumu.

- Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.

- Ketiga, tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Lalu, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.

- Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit, tetapi lama kelamaan hal ini akan terbiasa.

2 dari 6 halaman

2. Pelajari cara tuning atau menyetel senar gitar

Cara bermain gitar selanjutnya ialah menyetel senar gitar. Pasalnya, kalau tidak setel, senar biasaya tidak mengeluarkan suara yang merdu. Belajar tuning gitar ini pun perlu kamu lakukan supaya bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

Cara belajar bermain gitar dengan tuning itu tidak boleh terlewatkan, sebab hal ini bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

Adapun cara menyetel senar gitar, ialah sebagai berikut:

- Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya ialah E, A, D, G, B, dan E'.

- Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Jika menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu, tapi kalau kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

3 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar © Diadona

3. Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar

Sudah bisa tuning sendiri? Langkah selanjutnya dari cara cepat bermain gitar adalah mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik.

Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya sudah kamu ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci, karena ini akan memudahkan cara bermain gitar.

4. Belajar memetik gitar

Selanjutnya, cara mudah belajar bermain gitar ialah dengan belajar memetik gitar dengan menggunakan 5 jarimu, supaya nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu.

Pertama, letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Lalu, jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1.

Oh iya, setiap kunci gitar menghasilkan nada yang berbeda. Seperti saat kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

4 dari 6 halaman

5. Rutin berlatih memainkan kunci-kunci dasar agar jari kian lihai

Cara bermain gitar selanjutnya adalah rutin belajar menekan senar pada logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja, kemudian mulailah memainkan kunci dasar.

Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Eits, tapi jangan asal genjreng aja ya, usahakan juga kamu bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih.

Oh iya, cara bermain gitar untuk pemula jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu ya, untuk itu berlatihlah lagi selama beberapa waktu, agar semakin hafal letak kuncinya.

5 dari 6 halaman

6. Belajar melodi

Bagi pemula, cara bermain gitar memang bukan perkara mudah, apalagi belajar melodi. Namun, ada 3 langkah yang bisa kamu lakukan saat belajar melodi, diantaranya:

- Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi merupakan proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan cara bermain gitar dalam belajar melodi.

- Pahami scale, ini merupakan hal paling cara bermain gitar untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu.

- Kalau sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir dari cara bermain gitar ialah belajar berimprovisasi. Hal ini tentu membutuhkan feeling yang bagus, insting, dan pendengaran yang kuat dalam menentukan nada.

6 dari 6 halaman

Cara Bermain Gitar © Diadona

7. Memilih 1 lagu dengan kunci dasar

Setelah mahir memainkan kunci dasar, maka cara bermain gitar selanjutnya ialah memilih satu lagu dengan kunci dasar. Pilih dulu lagu yang mudah agar jarimu lebih terbiasa, karena dengan memilih satu lagu utuh maka jari-jari akan terlatih untuk bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya.

Nah, itu tadi cara bermain gitar untuk pemula. Kalau sudah berhasil memainkan satu lagu secara utuh, kamu bisa mencoba memainkannya di depan teman-temanmu untuk meminta kritik dan saran agar lebih maksimal.

Beri Komentar