Untuk para Bos: Hargai Karyawan Jika Ingin Mereka Lebih Sehat dan Produktif

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 13 Juni 2020 11:15
Untuk para Bos: Hargai Karyawan Jika Ingin Mereka Lebih Sehat dan Produktif
Karyawan pun patut dihargai..

Seringkali banyak yang beranggapan bahwa hanya bos atau atasan yang perlu dihargai dan dihormati. Tapi justru nggak gitu lho, karyawan pun patut dihargai dan dihormati bahkan oleh atasan sekalipun.

Mengutip dari Times of India, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa karyawan yang merasa dihormati dan dihargai seniornya, cenderung lebih produktif dan lebih loyal kepada perusahaan. Penelitian yang dimuat dalam Harvard Business Review ini telah melakukan survey global pada 20.000 karyawan.

1 dari 3 halaman

Karyawan-karyawan tersebut diberi pertanyaan yang berkaitan dengan makna, kesehatan dan kesejahteraan, kepercayaan dan keamanan, kebahagiaan dan kepuasan, serta fokus dan prioritas.

Hasilnya, karyawan yang merasa dihargai oleh atasannya menunjukkan adanya peningkatan sampai 56% dalam hal kesehatan dan kesejahteraan. Bahkan 55% karyawan mengaku lebih terlibat dalam pekerjaan daripada mereka yang merasa tidak dihargai.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pekerja Bahagia © Diadona

Secara statistik, karyawan tersebut melaporkan 89% lebih senang dan puas saat bekerja. Kemudian mereka juga menunjukkan fokus dan prioritas 92% lebih besar untuk pekerjaan mereka.

3 dari 3 halaman

Hasil survey menyatakan bahwa dihargai dan dihormati senior terasa lebih baik daripada sekadar diberi pengakuan dan penghargaan. Sehingga mereka pun lebih terbuka dalam menyampaikan ide-ide segar, memberikan feedback yang baik, bahkan lebih terpacu untuk belajar dan berkembang.

Dari penelitian ini diperoleh suatu kesimpulan bahwa setiap orang di tempat kerja patut dihargai dan dihormati. Karena jika hal ini diterapkan, maka kesehatan, kinerja, dan loyalitas karyawan pun akan terjaga dengan baik.

Beri Komentar