SPSS adalah Software Pengolah Data Statistika, Ini Kemudahan dan Manfaatnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Juli 2021 16:46
SPSS adalah Software Pengolah Data Statistika, Ini Kemudahan dan Manfaatnya
SPSS adalah program yang biasanya harus kamu pelajari di perguruan tinggi sebagai persiapan penelitian. Nggak susah kok!

Untuk kamu yang sehari-hari bergelut dengan bidang statistik pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini. Namun walaupun menempuh pendidikan tinggi di bidang lainnya, suatu saat kamu pasti akan bertemu dengan SPSS ini karena SPSS adalah software statistik yang umum digunakan untuk penghitungan data penelitian akhir.

SPSS adalah software yang mudah digunakan, punya fleksibiltas dan skabilitas tinggi yang membuatnya bisa diakses oleh pengguna dari smeua tingkat keahlian. Dalam hal analisis statistik mendalam, sebagian besar peneliti menganggap SPSS sebagai solusi terbaik di kelasnya.

SPSS adalah kependekan dari Statistical Package for the Social Sciences, dan digunakan oleh berbagai macam peneliti untuk analisis data statistik yang kompleks, dikutip dari Alchemer. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1968 lalu tru sdiakuisisi oleh IBM di tahun 2009.

SPSS digunakan oleh berbagai peneliti, mulai dari peneliti kesehatan, perusahaan survei, entitas pemerintah, peneliti pendidikan dan masih lagi lainnya untuk memproses dan menganalisis data survei. Softwareini bisa mengambil data yang berasal dari sumber apapun dan membaka semua format file yang digunakan untuk data terstruktur seperti spreadsheet dari MS Excel atau OpenOffice ; file teks biasa (.txt atau .csv); database relasional (SQL); Stata dan SAS.

Lebih lanjut tentang SPSS yuk simak uraian Diadona berikut.

1 dari 4 halaman

Aplikasi SPSS

SPSS adalah © Diadona

Secara fungsi nih SPSS menawarkan empat program untuk mengakomodasi kebutuhan analisisimu. Dan program SPSS adalah:

Program Statistik

Ini adalah program yang secara umum menyediakan sejumlah besar fungsi statistik dasar, beberapa di antaranya mencakup frekuensi, tabulasi silang, dan statistik bivariat.

Modeler Program

Apakah itu? Dalam program pemodel ini, peneliti bisa membangun dan menvalisasi model prediktif menggunakan prosedur statistik tingkat lanjut.

SPSS Text Analytics for Surveys

Dengan SPSS, kamnu bisa mengukur respon teks untuk dianalisa berssama dengan data survei lainnya. Caraya dengan mengubah teks survei yang tidak terstruktur menjadi data kuantitatif dan mendapatkan insight menggunakan analisis sentimen.

Visualization Designer

Dengan program ini, peneliti bisa menampilkan datta mereak dalam bentuk visual seperti grafik dan radial boxplot dari survei mereka secara lebih mudah.

Selain keempat program tersebut di atas, SPSS juga memberikan solusi untuk pengelolaan data, yang memungkinkan peneliti untuk melakukan pemilihan kasus, membuat data turunan, dan melakukan reshaping file.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan SPSS

SPSS adalah © Diadona

SPSS adalah software yang bisa membaca berbagai jenis data. Namun untuk itu, seperti apapun struktur dalam filenya, maka data di bagian Data Editor SPP kudu dimasukkan dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variable)

Yang dimaksud cases adalah informasi satu unit analisis. Sedangkan untuk varibale adalah informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus. Selanjutnya, hasil analisa muncul dalam di tab Output Navigator.

Dilansir dari SPSS Tutorials, saat membuka data maka kamu akan melihat tampilan dalam bentuk spreadsheet lalu lembar kedua berupa tampilan variabel. Setelah dilakukan analisa, maka akan muncul jendela baru berupa output atau hasil dari penghitungan yang telah dilakukan.

3 dari 4 halaman

SPSS adalah © Diadona

Jendela Output Viewer memiliki tata letak dan struktur yang berbeda dari jendela Data Editor yang kita lihat sebelumnya. Akibatnya, output di SPSS nggak bisa mengubah data dengan cara apapun. SPSS memiliki jendela data dan hasil penelitian yang berbeda, tidak seperti Microsoft Excel.

Nah karena SPSS akan menampilkan semua jenis data dan menampilkannya -dan metadatanya- dalam dua lembar di jendela Data Editor-nya, terus gimana dong cara menganalisis datanya? Maka kamu harus memahami SPSS ini lebih dalam dengan menggunakan menu yang sedikit lebih rumit.

Outpot SPSS biasanya muncul dalam tabel atau bagan yang bisa dnegan mudah disalin ke program lainnya lho. Misalnya banyak yang meng-importnya ke MS Word, Open Office atau Google Docs untuk tujuan report. Sedangkan untuk tabel SPSS biasanya bisa disalin dalam format rich text sehingga fontnya akan tetap dipertahankan.

4 dari 4 halaman

Kayak yang udah Diadona jelasin, SPSS adalah sofware yang bagus banget untuk mengolah data karena kemampuannya sebagai berikut:

  • Membuka file data , baik dalam format file SPSS sendiri atau banyak lainnya;
  • Mengedit data seperti menghitung jumlah dan rata-rata pada kolom atau baris data. SPSS memiliki opsi luar biasa untuk operasi yang lebih kompleks juga.
  • Membuat tabel dan bagan yang berisi penghitungan frekuensi atau statistik ringkasan atas (kelompok) kasus dan variabel.
  • Menjalankan statistik inferensial seperti ANOVA, regresi dan analisis faktor.
    menyimpan data dan output dalam berbagai format file.

SPSS adalah software yang harus kamu kuasai untuk keperluan penelitian kamu. Nggak rumit kok asal kamu belajar. Semangat ya!

 

Beri Komentar