Pengertian Administrasi Perkantoran Beserta Karakteristiknya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 13 Juli 2020 11:59
Pengertian Administrasi Perkantoran Beserta Karakteristiknya Menurut Para Ahli
Pengertian administrasi perkantoran merupakan kegiatan yang terkait langsung dengan sistem administrasi dalam suatu kantor.

Pengertian administrasi perkantoran ialah serangkaian aktivitas rutin di dalam organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data maupun informasi guna mencapai tujuan tersebut.

Singkatnya, administrasi kantor merupakan serangkaian kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan keuangan, penagian, pencatatan, ataupun distribusi barang serta logistik dalam sebuah organisasi.

Tugas dari administrasi perkantoran adalah menangani keluhan pelanggan tentang kebijakan dan prosedur, serta merekrut atau memilih karyawan. Sehingga seseorang yang melakukan tugas ini biasanya disebut sebagai manajer kantor atau administrator kantor.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian administrasi perkantoran, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1 dari 5 halaman

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Perkantoran © Diadona

Selain dari penjelasan di atas, adapula pengelolaan administrasi perkantoran menurut para ahli untuk menambah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. George Terry

Pengertian administrasi perkantoran adalah perencanaan, dan pengorganisasian suatu pekerjaan perkantoran untuk menjadi penggerak bagi mereka yang menjalankannya tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

2. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pengertian administrasi perkantoran ialah ilmu manajemen yang membahas pada pelaksanaan pekerjaan dalam perkantoran secara efisien.

2 dari 5 halaman

3. Arthur Granger

Arthur Granger berpendapat bahwa pengertian administrasi perkantoran berfungsi untuk melaksanakan komunikasi pekerjaan kantor dengan tepat.

4. Suparjati

Pengertian administrasi perkantoran adalah proses kerja sama dalam lingkup kantor guna mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan melakukan fungsi manajemennya.

5. William Spriegel dan Ernest Daview

Sedangkan menurut William Spriegel dan Ernest Daview, bahwa pengertian administrasi perkantoran merupakan pemberian yang tertuju pada semua kegiatan operasional seperti transportasi, produksi, pengelolaan gudang, dan marketing.

3 dari 5 halaman

Pengertian Kantor dan Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran © Diadona

Pengertian kantor merupakan organisasi yang menjadi pusat dari kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.

Sehingga ciri-ciri dari kantor adalah alat penyambung pancaidera dan ingatan pemimpin, serta untuk membantu pemimpin merumuskan pekerjaan, metode kerja, guna mencapai efisiensi dalam pekerjaan tata usaha.

Sedangkan pengertian administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis dalam melaksanakan pekerjaan operatif, untuk memberikan informasi kepada pimpinan, serta membantu kelancaran pengembangan organisasi.

4 dari 5 halaman

Pengertian Karakteristik Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran © Diadona

Seperti yang telah diketahui, pengertian administrasi perkantoran adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen, untuk memberikan informasi, memori, dan komunikasi organisasi.

Sehingga dalam administrasi perkantoran terdapat karakteristik yang harus dipahami sebagai karyawan, diantaranya:

- Terdapat sekelompok orang
- Adanya proses/usaha yang berkesinambungan
- Terdapat Pembagian tugas
- Adanya Bimbingan, kepemimpingan dan pengawasan
- Terdapat Kerja sama
- Memiliki Tujuan

Pada umumnya tujuan administrasi perkantoran ialah untuk mencapai tujuan secara efisien, dimana mereka bisa memenuhi persyaratan dalam hal teknis, ekonomi dan psikologis.

5 dari 5 halaman

Selain itu, menurut Quible (2001), ada lima jenis fungsi pendukung administratif di perkantoran, diantaranya:

1. Fungsi Rutin, yaitu fungsi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.

2. Fungsi Teknis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang mumpuni.

3. Fungsi Analis, yaitu fungsi yang memerlukan cara berpikir kritis dan kreatif guna memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.

4. Fungsi Interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang penilaian analisis sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu dan berkomunikasi dengan orang lain.

5. Fungsi Manajerial, yaitu fungsi yang memerlukan perencanaan, pengukuran, serta memberikan motivasi.

Itulah pengertian administrasi perkantoran yang meliputi tujuan, tugas, dan fungsinya menurut para ahli. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar