Apa sih Nama Tukang Parkir Pesawat yang Sering Seliweran di Bandara?

Reporter : Yoyok
Rabu, 15 Mei 2024 15:42
Apa sih Nama Tukang Parkir Pesawat yang Sering Seliweran di Bandara?
Siapa nih Diazens yang tahu sebutan untuk tukang parkir pesawat?

Buat yang sering ke bandara, pasti kamu penasaran dengan nama tukang parkir pesawat. Seperti kita tahu, bandara merupakan tempat di mana pesawat mendarat dan lepas landas. Kalau diibaratkan bus dan kereta, bandara seperti terminal atau stasiun.

Tentu banyak orang yang bekerja di bandara. Jika di pintu depan, kamu pastinya akan bertemu dengan satpam, resepsionis, supir taksi, dan masih banyak lagi. Saat masuk ke dalam bandara, kamu mungkin akan bertemu dengan pramugari dan pilot sambil membawa koper dan siap lepas landas. Saat berada di dalam pesawat, lewat jendela, kamu akan melihat tukang parkir pesawat yang bekerja untuk mengatur pesawat lepas landas.

Lalu, apa sih nama dan tugas tukang parkir pesawat itu? Apakah sama dengan tukang parkir di mall atau minimarket pada umumnya?

1 dari 4 halaman

Apa Itu Tukang Parkir Pesawat?

Nama Tukang Parkir Pesawat© shutterstock.com

Orang yang biasa kita ketahui dengan nama tukang parkir pesawat sebenarnya disebut dengan marshaller. Marshaller biasanya kalian lihat di lintasan pesawat sambil membawa lampu atau bendera sebagai penunjuk untuk pilot, layaknya tukang parkir yang biasa kita temui.

Seperti namanya, marshaller memang bertugas untuk mengarahkan atau memarkirkan pesawat di bandara. Mereka bertugas untuk menuntun pesawat keluar dari hangar atau saat akan lepas landas. Biasanya marshaller terlihat mengenakan rompi berwarna terang serta mengenakan headphone untuk melindungi telinga dari suara bising pesawat.

Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari marshaller atau tukang parkir pesawat:

- Mengarahkan pesawat saat parkir, lepas landas, atau bergerak di area bandara menggunakan sinyal tangan dengan alat bantu seperti lampu atau bendera.

- Berkomunikasi dengan pilot untuk memastikan mereka memahami instruksi yang diberikan.

- Memastikan keselamatan operasional di lapangan udara dengan menghindari tabrakan atau kecelakaan saat pesawat bergerak di apron atau area parkir.

- Bekerja sama dengan petugas lain di bandara untuk memastikan kelancaran pergerakan pesawat.

2 dari 4 halaman

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Nama Tukang Parkir Pesawat© shutterstock.com

Untuk menjadi tukang parkir pesawat atau marshaller tidak bisa sembarangan lho. Ada beberapa ketentuan atau syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat menjadi marshaller:

- Usia minimal 18 tahun dan tidak ada batas maksimalnya.

- Pendidikan minimal SMA sederajat.

- Untuk pria tinggi badan minimal 165 cm. Sedangkan untuk perempuan tinggi badan minimal 160 cm.

- Tidak buta warna.

- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

- Punya kemampuan bekerja dalam tim.

- Pengidap mata minus masih bisa asalkan dalam batas wajar.

Namun, syarat untuk menjadi marshaller atau tukang parkir pesawat berbeda-beda tergantung dari pihak maskapai. Namun, sebelumnya kamu harus mengikuti pelatihan atau pendidikan khusus dulu sebelum menjadi marshaller. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh sekolah atau maskapai penerbangan. Nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar kerja sebagai marshaller atau tukang parkir pesawat.

3 dari 4 halaman

Tips Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Nama Tukang Parkir Pesawat© shutterstock.com

Setelah mengetahui berbagai syarat untuk menjadi marshaller, mungkin banyak Diazens yang tertarik untuk menjadi tukang parkir pesawat. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk menjadi marshaller:

- Penuhi terlebih dahulu syarat menjadi marshaller yang dibutuhkan, seperti pelatihan dan kondisi fisik.

- Latih kemampuan komunikasi serta kerjasama tim.

- Resapi pelatihan dan pendidikan untuk menjadi marshaller yang andal.

- Bersikap profesional dan penuh tanggung jawab.

4 dari 4 halaman

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Nama Tukang Parkir Pesawat© shutterstock.com

Buat kamu yang tertarik menjad marshaller atau tukang parkir pesawat, pasti kepo dengan besaran gaji. Gaji marshaller di Indonesia berkisar di antara Rp4 juta - Rp7 juta per bulannya. Jadi, dalam setahun seorang marshaller akan diupah Rp48 juta sampai Rp84 juta.

Jadi, kalian sudah tahu gak nih nama atau sebutan tukang parkir pesawat? Tertarik gak tuh untuk menjadi tukang parkir pesawat?

Beri Komentar