Cara Membuat Resume Kerja untuk Fresh Graduate yang Menarik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 6 Oktober 2022 09:50
Cara Membuat Resume Kerja untuk Fresh Graduate yang Menarik
Resume merupakan sebuah tulisan yang hanya mengambil inti informasinya dengan mengesampingkan rincian dan ilustrasi yang ada. Masih bingung cara buatnya? Berikut cara membuat resume yang mudah.

Menurut definisi, resume adalah ringkasan dari sebuah tulisan panjang. Namun seiring waktu, resume juga digunakan untuk menyebut ringkasan diri yang kamu buat untuk melamar pekerjaan, sehingga terciptalah istilah contoh resume lamaran kerja. Artikel ini akan membahas mengenai cara membuat resume yang mudah kamu praktikkan.

Dalam hal ini, yang dituliskan biasanya adalah data diri yang dilengkapi dengan riwayat pendidikan, pekerjaan, pengalaman berorganisasi, kemampuan, dan juga prestasi yang pernah dicapai. 

Bukan hanya itu, beberapa kegiatan seperti seminar dan perkuliahan juga akhirnya menggunakan istilah ini untuk menyebut berkas yang dibuat sebagai rangkuman dari kegiatan tersebut. Inilah yang biasa disebut dengan contoh resume jurnal atau contoh resume seminar. 

Di era pasca pandemic tantangan Fresh graduate masa jauh lebih menantang. Pesaing job seeker-nya nggak cuma dari sesama fresh graduate saja, tapi juga para pekerja yang jadi korban PHK. 

Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai keinginan. Selain lebih giat mencari lowongan kerja dan apply di banyak platform, kamu juga mesti menyiapkan CV yang jauh lebih menjual. Meski belum berpengalaman, CV fresh graduate bisa dibuat menarik kok. 

1 dari 7 halaman

Tips n trick cara membuat resume kerja untuk fresh graduate

Saat menulis resume lamaran kerja untuk pertama kalinya dengan tidak adanya pengalaman pekerjaan, kalian bisa saja menulis pengalaman sebagai seorang volunteer, magang, atau aktivitas kuliah lainnya. Untuk memudahkan kalian dalam menulis resume, berikut cara menulis resume untuk lamaran kerja:

2 dari 7 halaman

Tulis Resume dengan Singkat, tetapi Menarik

Mungkin kalian akan berpikir bahwa resume yang baik dan mengesankan adalah resume yang banyak informasinya. Akan tetapi, justru sebaliknya. Ini menunjukkan bahwa kualitas lebih utama daripada kuantitas. Hal itu karena seorang perekrut tentunya hanya akan membaca sekelebat atau sepintas resume kalian dalam menemukan alasan untuk membaca kedua kalinya.

 

3 dari 7 halaman

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti dan Sederhana

Selanjutnya dalam cara membuat resume adalah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Secara teknis, seorang perekrut akan langsung menolak apabila resume yang kalian tulis itu menggunakan bahasa yang ‘bombastis’ atau omong kosong. Perlu digaris bawahi bahwa profesional Sumber Daya Manusia bukanlah orang teknis.

Mereka bisa saja memiliki pengetahuan umum terkait keterampilan yang diperlukan untuk posisi teknis, akan tetapi mereka bukanlah ahli di bidang tersebut. Jadi, perhatikanlah bahasa yang hendak kalian gunakan dalam menulis resume lamaran kerja apabila ingin resume yang kalian buat masuk ke shortlist.

 

4 dari 7 halaman

Jangan Berbohong dalam Menulis Resume

Berbohong dalam menulis resume adalah hal terburuk. Bisa saja kalian berhasil pada tahap seleksi berkas-berkas, berhasil tahap wawancara, bahkan sudah mendapatkan posisi dan pekerjaan yang kalian dambakan. Akan tetapi, kalian akan merasa sulit untuk dapat menggapai ‘janji’ yang kalian tulis di resume tersebut. Tak hanya itu, risiko lainnya adalah kalian bisa saja dipecat karena telah menulis suatu kebohongan.

5 dari 7 halaman

Membuat Resume sesuai Bidang Keahlian

Tulislah resume dengan menunjukkan kepribadian diri kalian. Pada bagian ini, summary resume kalian dapat disusun sebaik mungkin dan buatlah perbedaan. Hal yang perlu diingat ialah kalian mencantumkannya harus sesuai dengan bidang alias kembali lagi pada poin sebelumnya, yakni jangan berbohong dalam menulis resume.

 

6 dari 7 halaman

Tetaplah Relevan

Sebagai seseorang yang baru lulus (fresh graduate), mungkin saja kalian tidak memiliki banyak pengalaman pekerjaan yang relevan untuk dicantumkan di resume. Pada bagian ini, kalian dapat memasukkan atau mencantumkan semacam kegiatan organisasi kampus, volunteer atau sukarelawan dan juga magang untuk menunjukkan kecakapan sosial, communication, dan leadership.

Dalam menulis dan mencantumkan kegiatan volunteer atau magang yang pernah kalian ikuti, kalian perlu menyebutkan dan menunjukkan keterkaitan pengalaman tersebut dengan posisi yang hendak kalian lamar. Dengan kata lain, kalian harus selalu menyesuaikan resume dengan lamaran posisi pekerjaan tertentu.

 

7 dari 7 halaman

Menunjukkan Prestasi Spesifik

Berikutnya, kalian bisa menunjukkan prestasi yang kalian miliki secara spesifik. Hal itu karena semakin spesifik resume kalian, akan semakin baik. Kemudian, hindari ungkapan dan pernyataan yang buram, seperti “ berorientasi pada hasil” atau “ memiliki kemampuan komunikasi dengan baik”.

Contoh resume

Berikut adalah contoh dari cara membuat resume untuk lamaran kerja

Contoh resume 1Contoh resume 1 © myedusolve.com

Contoh resume 2Contoh resume 2 © myedusolve.com

Itulah tadi cara membuat resume untuk lamaran kerja bagi fresh graduate, tantangan akan semakin berat sehingga persiapan harus lebih matang ya, semangat!

Penulis: Agung Brahma Wikara

Baca Juga: Cara Membuat Resume dengan Benar dan Mudah Dipahami Para Pelajar maupun Job Seeker Resume adalah Ringkasan Kualifikasi Profesional, Ternyata Beda dengan CV lho Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Disukai HRD Saat Melamar Pekerjaan, Job Seeker Wajib Tahu nih Mengenal Job Description dan Job Spectification Para Karyawan di Sebuah Perusahaan

 

Beri Komentar