Budaya Sungkan sama Rekan Kerja Justru Bisa Ancam Karirmu, Atasi Pakai Trik Ini Aja

Reporter : Mila
Kamis, 7 Mei 2020 08:57
Budaya Sungkan sama Rekan Kerja Justru Bisa Ancam Karirmu, Atasi Pakai Trik Ini Aja
Jangan sungkan lagi!

Ada gak sih yang suka sungkan sama partner atau rekan kerja perkara dimintai tolong sesuatu? Pasti rasanya serba salah deh. Mau di-iyakan, tapi kerjaan kita sendiri juga masih numpuk, tapi mau nolak pun takut dibilang sombong dan semacamnya.

Tenang, kamu nggak sendiri kok. Rasa sungkan memang sering terjadi di manapun dan dengan siapapun. Untuk mengatasi rasa sungkan, kamu bisa coba trik di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Mempertimbangkan

Atasi Sungkan sama Rekan Kerja © Diadona

Nggak usah buru-buru langsung mengiyakan, kamu punya waktu kok untuk mempertimbangkan. Pikirkan sejauh apa permintaan bantuan itu, seperti: apakah terlalu membebanimu, apakah kalau ditolak akan pengaruhnya sama hubungan kalian. Jangan gegabah ya, ntar malah menyusahkan dirimu sendiri.

2 dari 3 halaman

Plan B

Atasi Sungkan sama Rekan Kerja © Diadona

Kadang meski kamu sudah menolak, orang itu tetap saja keukeuh untuk meminta bantuanmu. Jika seperti itu, cobalan plan b dengan memberikan persyaratan tertentu. Misalnya kamu akan membantu kalau pekerjaanmu sendiri sudah selesai. Dengan begitu, dia akan mengerti situasimu dan kamu juga nggak terlalu terbebani.

3 dari 3 halaman

Cari Alternatif Kesepakatan

Atasi Sungkan sama Rekan Kerja © Diadona

Cara lain untuk melakukan penolakan halus adalah dengan memberi alternatif solusi di luar dirimu. Misal menyarankan orang lain untuk membantu atau membantu tanpa harus mengerjakan secara langsung, seperti diskusi. Dengan begitu, dia mengerti bahwa sebenarnya kamu sedang menolak dan hubungan kalian nggak bakalan rusak. 

Sekali lagi, kita harus tahu prioritas ya. Jangan sampai kita terlalu sibuk mengiyakan permintaan rekan kerja, sampai lupa kerjaan kita sendiri. Nggak ada salahnya bilang 'nggak', kok. Semangat!

Beri Komentar