7 Macam-macam Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahui untuk Gali Potensi Diri

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 9 Juni 2021 17:37
7 Macam-macam Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahui untuk Gali Potensi Diri
Kenali dirimu dengan gaya belajar ini!

Macam-macam gaya belajar ini setiap individu memiliki gaya belajarnya sendiri-sendiri. Hal ini karena seseorang memiliki kemampuan dalam memahami informasi atau suatu pengetahuan dengan tingkat yang berbeda-beda. Walaupun gaya belajar yang dimiliki tiap orang berbeda-beda, namun untuk memiliki ilmu pengetahuan yang luas yang diperlukan cuman belajar secara konsisten dengan gaya belajar masing-masing.

Dikarenakan belajar memiliki macam-macam yang berbeda-beda setiap orangnya, maka berikut ini adalah macam-macam gaya belajar yang harus kamu ketahui untuk mengenal diri kamu. Apa saja?

1 dari 7 halaman

Gaya Belajar Visual (Spatial)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam gaya belajar salah satunya ada Visual atau Spatial. Gaya belajar ini adalah gaya belajar yang ditandai dengan preferensi kamu untuk belajar dengan menggunakan hal-hal yang berbau visual misalnya, gambar, grafik, warna dan lain sebagainya. Biasanya orang-orang yang memiliki gaya belajar visual ini  lebih suka belajar yang tidak sepenuhnya hanya tulisan saja. Mereka juga kerap kali membutuhkan sesuatu hal yang bisa mereka bayangkan secara nyata.

Jika kamu merasa nyaman belajar dengan gaya ini, media belajar yang bisa kamu gunakan adalah mindmap, belajar menggunakan media bergambar, dan video. Media belajar seperti ini sangat membantu kamu untuk memahami suatu fenomena.

2 dari 7 halaman

Aural (Auditory)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam gaya belajar selanjutnya adalah Aural atau auditory yang merupakan macam-macam gaya belajar yang memproses informasi melalui sumber suara. Biasanya sumber suara ini didapatkan dari ketika guru menerangkan, rekaman belajar, video, dan lain-lain. Orang-orang yang memiliki tipe belajar seperti ini adalah orang-orang yang lebih nyaman jika belajar dengan mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru atau mendengarkan materi melalui audio book. 

Apabila kamu adalah seorang yang memiliki tipe belajar aural, maka lebih baik aktivitas belajarmu ditemani dengan musik. Biasanya orang dengan tipe belajar seperti ini memiliki ingatan yang cukup kuat dan cepat menangkap walau hanya dijelaskan saja. 

 

3 dari 7 halaman

Verbal (Linguistic)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam gaya belajar seperti verbal ini ditandai dengan preferensi menggunakan kata-kata. Orang yang memiliki gaya belajar seperti ini biasanya lebih nyaman belajar dengan banyak membaca, berbicara, dan menulis saat belajar. 

Jika kamu adalah pelajar verbal, kamu memiliki kemampuan mengaitkan materi pelajaran dengan tulisan yang kamu rangkum atau catat. Selain itu juga bisa dari bacaan yang kamu baca atau membaca rangkuman kamu sambil menjelaskannya kepada orang lain.

 

4 dari 7 halaman

Physical (Kinesthetic)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam gaya belajar seperti kinestetik ini biasanya dapat dengan cepat memahami suatu masalah dan menerima sebuah materi dengan kehadiran alat peraga dan membayangkan dirinya dalam proses belajar itu atau menempatkan dirinya dalam sebuah masalah itu. Gaya belajar kinestetik ini lebih mudah menerima materi ketika dirinya benar-benar mengalami kejadian tersebut atau diajak secara langsung agar benar-benar bisa memahami hal itu. Intinya gaya belajar ini adalah gaya belajar yang dilakukan dengan learning by doing.

 

5 dari 7 halaman

Logical (Mathematical)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam belajar pada tipe ini adalah gaya belajar yang kebanyakan menggunakan logika. Tipe orang yang dengan gaya belajar seperti ini biasanya akan cepat menyadari suatu bentuk pola, dan melihat suatu keterkaitan dan cepat menghubungkan satu informasi ini dengan lainnya. Selain itu gaya belajar ini bisa menyusun sesuatu hal dengan secara terorganisir seperti bermain puzzle, dan hal-hal yang berbau logika lainnya

6 dari 7 halaman

Sosial (interpersonal)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Gaya belajar interpersonal biasanya adalah gaya yang dilakukan dengan cara berdiskusi. Orang-orang yang memiliki gaya belajar interpersonal akan lebih nyaman berkonsultasi dan berdiskusi dengan orang lain untuk memahami suatu materi dan menambah sudut pandang baru. 

Macam-macam gaya belajar seperti ini bisa kamu terapkan dengan teman-teman kamu. Kamu bisa mendapatkan banyak insight dari hasil berdiskusi dengan teman-teman kamu atau orang yang lebih paham dengan materi yang sedang kamu pelajari. 

 

7 dari 7 halaman

Solitary (Intrapersonal)

Macam-macam gaya belajar © Diadona

Macam-macam gaya belajar yang terakhir ini adalah solitary atau sendiri. Biasanya orang-orang yang dengan tipe gaya belajar ini lebih suka belajar sendiri di tempat yang sepi. Mereka agak kurang suka dengan tempat yang ramai karena sulit untuk berkonsentrasi. Bukan berarti mereka anti sosial, ya. Mereka hany lebih nyaman untuk belajar secara mandiri agar bisa lebih memahami materi yang sedang diajarkan.

Nah, itu tadi adalah macam-macam gaya belajar yang bisa kamu baca untuk mengenali diri kamu sendiri. Kira-kira kamu tipe apa ya Diazens?

Beri Komentar