Sering Terjadi, Ini 5 Kesalahan Menghapus Makeup yang Wajib Dihindari

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 30 November 2021 10:15
Sering Terjadi, Ini 5 Kesalahan Menghapus Makeup yang Wajib Dihindari
Jangan dilanjutin lagi ya..

Membersihkan wajah adalah salah satu hal yang harus rutin dilakukan. Apalagi jika kamu rutin memakai makeup dan beraktivitas di luar ruangan, maka membersihkan makeup nggak bisa sembarangan dilakukan.

Sayangnya, beberapa orang masih salah membersihkan makeup. Alhasil, wajah jadi mengalami iritasi, tanda penuaan, bahkan muncul jerawat.

Berikut ada 5 kesalahan umum yang sering terjadi saat menghapus makeup. Simak selengkapnya dan jangan sampai diulangi lagi ya!

1 dari 6 halaman

1. Menggosok terlalu keras

Ilustrasi Membersihkan Make UpIlustrasi Membersihkan Make Up © shutterstock.com/id/g/paullynn

Kesalahan pertama yang tanpa disadari sering dilakukan adalah menggosok wajah terlalu keras. Apalagi saat menggunakan makeup waterproof, kita cenderung menekan kulit dan menggosoknya agar makeup segera terangkat.

Kebiasaan seperti ini bisa membuat kulit jadi kemerahan dan timbul garis-garis halus di kulit. Jadi, gosok wajah dengan lembut agar kulit nggak mengalami iritasi yaa.

2 dari 6 halaman

2. Tidak melakukan double cleansing

Bagi yang masih bingung, double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan 2 jenis cleanser yakni yang berbasis minyak dan berbasis air. Oil base cleanser akan membersihkan makeup dengan lebih mudah dan cepat, terutama untuk jenis makeup waterproof.

Sedangkan water base cleanser akan membantu membersihkan sisa makeup yang masih menempel. Jadi selalu double cleansing ya agar wajah benar-benar bersih dari makeup dan debu kotoran.

3 dari 6 halaman

3. Melupakan bagian bibir

Ilustrasi Menghapus LipstikIlustrasi Menghapus Lipstik © shutterstock.com/g/lipik

Bibir seringkali jadi bagian yang dilewatkan saat proses membersihkan makeup. Apalagi jika menggunakan masker dan nggak memakai lipstik, kita cenderung menganggapnya nggak perlu dibersihkan.

Padahal, bibir juga perlu dibersihkan supaya nggak kasar loh! Entah kamu memakai pemulas bibir atau enggak, bagian tersebut harus selalu dibersihkan agar tetap terjaga kesehatannya.

4 dari 6 halaman

4. Pakai scrub untuk menghapus makeup mata

Makeup mata memang seringkali susah dibersihkan dibanding area lainnya. Tapi, bukan berarti kamu boleh membersihkannya dengan kasar atau bahkan menggunakan scrub agar cepat hilang.

Seperti yang sudah banyak dijelaskan, kulit area mata cenderung lebih tipis sehingga harus dirawat dengan hati-hati. So, hindari penggunaan scrub di area mata, mending bersihkan dengan cleansing balm atau micellar water deh.

5 dari 6 halaman

5. Tidak menggunakan pelembap usai membersihkan wajah

Ilustrasi Menggunakan PelembabIlustrasi Menggunakan Pelembab © shutterstock.com

Membersihkan makeup ternyata bisa menghilangkan minyak alami di wajah, sehingga kelembapan wajah akan berkurang. Itulah sebabnya, menggunakan pelembap usai membersihkan wajah tuh penting banget loh.

Cara ini nggak hanya membantu mengembalikan kelembapan kulit, tapi juga menjaga agar kulit tidak kering.

Beri Komentar