Rangkaian Skincare untuk Jaga Kulit Tetap Terhidrasi selama Bulan Ramadan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 6 April 2022 16:15
Rangkaian Skincare untuk Jaga Kulit Tetap Terhidrasi selama Bulan Ramadan
Bye-bye kulit kering~

Selama bulan Ramadan atau menjalankan ibadah puasa, kulit cenderung menjadi lebih kering karena kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kulit kering kadang membuat penampilan wajah jadi lebih kusam dan terlihat nggak bersemangat.

Selain menghidrasi kulit dengan minum banyak air saat sahur dan berbuka, membuat kulit kembali lembap bisa dengan menggunakan skincare. Berikut ada 8 tahap rangkaian skincare yang bisa menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

1. Face mask

Ilustrasi Gel Mask © Diadona

Selama bulan Ramadan, sebaiknya kamu menggunakan face mask yang bertekstur gel dengan tipe wash-off mask yang aman untuk semua jenis kulit dan tetap meninggalkan rasa dingin di wajah. Penting juga memperhatikan kandungannya loh, sebisa mungkin pilih yang mengandung AHA agar bisa menghidrasi sekaligus mencerahkan.

2. Toner

Secara umum, toner memang diformulasikan untuk membersihkan minyak dan kotoran dari wajah. Namun dengan campuran bahan alami atau bahan aktif tertentu, toner juga bisa mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, menjaga pH alami kulit, melembapkan, sekaligus bikin kulit kenyal. Jika kulit cenderung kering dan sensitif, sebaiknya gunakan toner dengan kandungan cica atau centella asiatica.

2 dari 5 halaman

3. Essence

Ilustrasi Essence © Diadona

Essence merupakan salah satu skincare yang memiliki konsentrat bahan aktif yang cukup tinggi, namun teksturnya cenderung lebih ringan. Essence punya empat manfaat utama, yakni melembapkan, mencerahkan, menyamarkan noda hitam, dan bikin kulit jadi lebih glowing.

4. Serum

Serum diformulasikan untuk merawat kulit secara khusus tergantung permasalahannya, sehingga biasanya punya tekstur yang berbeda-beda. Serum juga punya kandungan bahan aktif 'spesial' yang bisa mencapai lapisan epidermis paling dalam. Secara umum, serum punya manfaat untuk mencerahkan wajah, peremajaan kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta menghidrasi kulit.

3 dari 5 halaman

5. Face oil

Ilustrasi Pemakaian Face Oil © Diadona

Manfaat utama dari face oil adalah untuk menghidrasi, melembapkan, dan menutrisi kulit. Biasanya, face oil punya tekstur yang pekat karena mengandung ekstrak tumbuhan dan minyak esensial yang menyediakan lemak bagi kulit. Face oil juga dipercaya bisa membantu membentengi penghalang kelembapan sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan yang menyebabkan jerawat dan tanda-tanda penuaan.

6. Eye serum

Area mata juga bisa mengering dan berdampak pada munculnya tanda-tanda penuaan, penggunaan eye serum bisa jadi perawatan yang tepat. Dibandingkan eye cream, eye serum justru lebih mampu mengatasi masalah spesifik terutama penuaan. Teksturnya yang lebih ringan membuat skincare yang satu ini mudah meresap ke dalam kulit.

4 dari 5 halaman

7. Moisturizer

Ilustrasi Moisturizer © Diadona

Moisturizer memang dirancang untuk melindungi kulit dari zat-zat berbahaya. Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, moisturizer bisa dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Moisturizer bekerja dengan mengikat dan mengunci nutrisi yang terserap ke dalam kulit.

8. Lip balm

Bukan cuma kulit yang harus dirawat agar terhidrasi selama puasa, bibir pun perlu mendapat perhatian. Cara termudah untuk menghidrasi bibir yakni dengan menggunakan lip balm. Selain menghidrasi, lip balm juga bisa melembapkan bibir agar nggak kering dan berwarna gelap.

Beri Komentar