Nggak Se-Simpel Kelihatannya, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menyisir Rambut dengan Benar

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 5 Januari 2023 16:15
Nggak Se-Simpel Kelihatannya, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menyisir Rambut dengan Benar
Yakin caramu menyisir rambut udah benar? Sisirnya juga udah tepat belum nih..

Sebagian besar dari kita beranggapan menyisir rambut adalah kebiasaan untuk mengurai rambut. Siapa sangka, sebenarnya ada beragam manfaat dari menyisir rambut setiap hari.

Manfaat ini akan didapatkan jika kamu sudah menyisir rambut dengan benar, melakukannya dengan fruekensi yang tepat, serta menggunakan jenis sisir yang sesuai.

Merangkum dari AsiaOne, berikut adalah tips dari para profesional mengenai seluk beluk menyisir rambut. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

Manfaat menyisir rambut

Ilustrasi Menyisir RambutIlustrasi Menyisir Rambut © Fashion Lady

1. Mengurai rambut

Manfaat paling sederhana dari menyisir adalah untuk mengurai rambut. Sisir rambut tiap hari untuk cegah kekusutan!

2. Merangsang kulit kepala dan meningkatkan kesehatan folikel

Menyisir rambut sekaligus kulit kepala adalah hal yang penting. Cara ini akan merangsang kapiler kulit kepala, meningkaatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen dan nutrisi pada rambut, serta membantu rambut tumbuh lebih kuat dan kencang dari akarnya.

3. Mendistribusikan minyak

Minyak alami yang diproduksi kulit kepala bertujuan untuk menutrisi dan menjaga rambut tetap kuat, menghindari kerusakan, menghindari rambut bercabang, serta menjaga kilau rambut. Dengan rutin menyisir rambut, maka minyak bisa menyebar merata pada setiap helai dari atas hingga ke bawah.

4. Menghilangkan helai rambut yang segera rontok

Kerontokan rambut setiap hari adalah hal yang wajar, namun kadang ada helaian yang tetap kusut dan menemepl di rambut. Menyisir rambut tiap hari akan membantu kamu menghilangkan helai yang rontok. Cara ini juga bisa mencegah rambut rontok bertebaran di mana-mana.

5. Pembersihan sebelum keramas

Menyisir rambut sebelum keramas bisa membantu menghindari penumpukan produk, serpihan kulit, serta kotoran di kulit kepala dan rambut. Membersihkan dengan sampo mungkin masih menyisakan beberapa kotoran menempel, itu sebabnya menyisir rambut sebelum keramas bisa memberi bantuan ekstra.

2 dari 5 halaman

Seberapa sering harus menyisir rambut?

Ilustrasi menyisir rambutIlustrasi menyisir rambut © bustle.com

Ternyata, seseorang perlu menyisir rambut setidaknya satu kali dalam sehari. Akan lebih baik jika menyisir saat pagi dan malam hari, terutama bagi pemilik rambut kering.

3 dari 5 halaman

Ini loh cara menyisir rambut yang benar..

Ilustrasi Menyisir RambutIlustrasi Menyisir Rambut © shutterstock.com/id/g/aslysun

Menurut Vincent De Marco, penata rambut selebriti yang berbasis di Los Angeles, menyisir rambut dengan kuat janya akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Kamu harus selalu lembut saat menyisir rambut, apapun jenis rambutnya.

Para ahli merekomendasikan untuk memulai menyisir dari bagian ujung bawah, kemudian naik perlahan-lahan hingga ke atas. Lakukan sapuan pendek dan terus menerus pada setiap segmen, kemudian akhiri dengan memberikan sapuan yang panjang dan lambat dari kulit kepala.

Momen terbaik untuk menyisir rambut adalah saat hampir atau sudah kering. Jika rambut yang disisir dalam kondisi basah, rambut akan lebih rapuh dan mudah patah. Namun, apabila masih ada bagian yang kusut saat masih basah, kamu bisa menyisirnya dengan memakai sisir bergigi lebar.

4 dari 5 halaman

Pilih jenis sisir yang tepat ya!

Ilustrasi Menyisir RambutIlustrasi Menyisir Rambut © shutterstock.com/id/g/whyframe

Semakin panjang rambut, maka kamu perlu berhati-hati dengan sisir yang digunakan. Namun, berapa pun panjangnya, fitur dan tekstur rambut yang berbeda tetap memerlukan sisir yang berbeda pula.

Salah satu jenis sisir yang wajib kamu punya adalah sisir detangling. Sisir ini memiliki gigi yang jaraknya jauh, dirancang untuk memisahkan helai rambut dengan menariknya ke bawah. Cocok banget untuk mengurai kekusutan dengan tetap menimimalisir kerusakan helai rambut dan menghindari tarikan yang berlebihan.

Beri Komentar