Makin Glowing dan Fresh, Ini 5 Cara Gunakan Minyak Wijen untuk Atasi Jerawat

Reporter : Arifina
Rabu, 9 Maret 2022 14:23
Makin Glowing dan Fresh, Ini 5 Cara Gunakan Minyak Wijen untuk Atasi Jerawat
Tak melulu mahal, atasi jerawat bisa dengan bahan alami.

Bagi sebagian besar orang, memiliki kulit wajah yang mulus dan tak berjerawat adalah hal yang amat dibanggakan. Sebab, kondisi kulit bersih akan membuat penampilan jauh terlihat lebih fresh dan ceria.

Nah, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat perlu dilakukan berbagai perawatan. Tak ayal, sebagian orang rela merogoh kocek mahal agar memiliki wajah glowing dan tanpa jerawat.

Padahal, bahan-bahan alami bisa juga lho dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Salah satunya, minyak wijen yang biasa digunakan untuk campuran makanan agar lebih sedap.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, minyak wijen dikenal sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional untuk mengtasi permasalahan yang berhubungan dengan kulit.

Seperti dalam membasmi jerawat, karena di dalamnya terdapat kandungan sesamin yang merupakan bahan anti peradangan. Kandungan inilah yang dapat mengurangi peradangan pemyebab breakout di wajah.

Manfaat lainnya, minyak wijen olahan dapat bekerja tanpa menyumbat pori-pori. Hal ini terbukti, jika minyak wijen memiliki sifat non-komedogenik yang dapat membantu mengurangi masalah jerawat.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi minyak wijenIlustrasi minyak wijen © freepik/jcomp

Nah, bagi yang tengah ingin tampil awet muda, minyak wijen juga bisa jadi salah satu pilihan. Beberapa penelitian menunjukkan, minyak wijen dapat menahan sinar UV sebanyak 30 persen.

Hal ini  dapat mencegah kerutan dan tanda penuaan dini. Bahkan, minyak wijen disebut bisa membantu mencegah kanker kulit.

Perlu diperhatikan, meski dapat membantu mengatasi jerawat tanpa efek samping, pemilik kulit berminyak tak begitu bersahabat dengan minyak wijen .  Karenanya, kamu yang memiliki jenis kulit ini harus membatasi penggunaan dalam jumlah kecil ya.

3 dari 5 halaman

Lantas, bagaimana cara penggunaannya untuk kulit wajah?

Pertama, kamu bisa mencampurkan antara minyak wijen dan cuka apel. Kandungan sifat anti bakteri dan anti mikroba dalam cuka apel dapat membantu mengobati jerawat. Sementara minyak wijen dapat membantu meredakan peradangan.

Cukup campurkan empat sendok makan cuka dan minyak dengan dua sendok makan air. Setelah itu, aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari ya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi minyak wijenIlustrasi minyak wijen © freepik/jcomp

Kedua, campurkan minyak wijen dan tepung beras. Sebuah studi menyebutkan, tepung beras dapat membantu menyerap minyak berlebih dari wajah dan membantu mengurangi jerawat bila dicampur dengan minyak wijen.

 Jadi, kamu cukup mencampur tepung beras dan minyak wijen dalam mangkuk lalu oleskan ke seluruh wajah. Biarkan pasta ini di wajah selama 20 menit dan cuci dengan air dingin. Cara ini, cukup dilakukan seminggu sekali saja.

 Ketiga, campurkan minyak wijen dan kunyit. Memiliki sifat antiseptik, kunyit dapat membantu menyembuhkan kulit. Di dalamnya juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengobati jerawat.

 Kamu perlu mencampur kunyit dan minyak wijen dalam mangkuk dan oleskan campuran tersebut ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit dan cuci dengan air dingin. Laukan setiap hari, cukup sekali saja.

5 dari 5 halaman

Keempat, cukup lakukan perendaman bola kapas dalam minyak wijen. Setelah itu oleskan ke bagian yang terkena jerawat. Biarkan kulit menyerap minyak selama 20 menit atau lebih dan cuci dengan sabun atau pembersih yang ringan. Untuk hasil lebih baik, diamkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya.

Kelima, tanpa campuran apapun, kamu bisa dengan hanya mengoleskan minyak wijen ke bintik-bintik jerawat dan duduk di samping bak mandi yang berisi air panas. Uap dari air panas ini akan membuka pori-pori kulit dan memungkinkan minyak wijen meresap lebih baik.

Beri Komentar