Ini Ciri-Ciri Moisturizer yang Kamu Pakai Nggak Cocok dengan Kulit, Wajib Tahu!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 5 Februari 2022 18:15
Ini Ciri-Ciri Moisturizer yang Kamu Pakai Nggak Cocok dengan Kulit, Wajib Tahu!
Stop pemakaiannya ya, guys!

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu skincare wajib yang sering jadi andalan perempuan. Moisturizer dipercaya bisa melindungi kulit sekaligus menjaganya tetap terhidrasi.

Banyak ahli merekomendasikan agar moisturizer digunakan setiap hari. Penggunaannya pun harus disesuaikan jenis kulit agar manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

Biasanya, sebelum mendapatkan moisturizer yang cocok, kita akan mencoba beragam brand. Tanpa disadari, gonta-ganti moisturizer ternyata bisa membahayakan kulit.

Melansir dari Healthline, ternyata ada beberapa ciri-ciri yang bisa terlihat jika moisturizer yang kamu gunakan tidak cocok untuk jenis kulitmu. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

1. Kulit jadi kemerahan

Ilustrasi Wajah IritasiIlustrasi Wajah Iritasi © reed.com

Moisturizer yang tidak cocok bisa membuat kulit jadi ruam atau kemerahan. Hal ini biasanya berhubungan dengan kandungan yang ada pada moisturizer tersebut.

" Pelembap ringan dan lembut adalah yang terbaik untuk kategori pasien dengan kulit alergi. Meskipun mudah terpikat oleh produk yang membanggakan retinol dan asam hidroksi yang bagus untuk anti-penuaan, bahan-bahan ini mungkin bukan bahan yang tepat untuk jenis kulit sensitif. Ingat, kesederhanaan adalah kuncinya," ujar Dr. Corey L. Hartman, pendiri dan direktur medis Pusat Kesehatan Kulit Alabama di Birmingham, Alabama, sekaligus asisten profesor klinis dari dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Alabama.

2 dari 6 halaman

2. Kulit kering

Ciri kedua yakni kulit menjadi kering, bahkan setelah memakai moisturizer. Biasanya, kulit akan mengelupas serta makeup akan terlihat pecah-pecah.

Jika terjadi hal semacam ini, biarkan kulit mengalami masa pengelupasan (exfoliating) agar menghilang kulit kering dan sel kulit mati. Namun jika kondisi sudah mulai baikan, segera kembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan moisturizer yang tepat.

3 dari 6 halaman

3. Muncul jerawat

Ilustrasi Wajah BerjerawatIlustrasi Wajah Berjerawat © shutterstock

Untuk kulit yang mudah berjerawat, sebaiknya kamu memilih serum atau moisturizer dengan kandungan yang lebih ringan. Melansir dari Southern Living, kulit yang rentan berjerawat sebaiknya mengenakan moisturizer dengan tekstur gel atau yang berbahan dasar air.

" Lotion dan krim yang lebih berat dapat memperburuk penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan peningkatan produksi minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Labelnya harus mengatakan bebas minyak atau non-komedogenik untuk memastikannya," saran Dr. Corey.

4 dari 6 halaman

4. Kulit makin berminyak

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka jangan memakai moisturizer yang berbahan dasar minyak.

" Sebaiknya gunakan moisturizer yang mengandung asam glikolat atau salisilat, yang mungkin berguna untuk melawan kelenjar minyak yang terlalu aktif dan menjaga minyak tetap keluar," ujar Dr. Corey.

5 dari 6 halaman

5. Muncul milia di beberapa bagian

Satu lagi tanda jika kamu mengenakan moisturizer yang tidak tepat, yakni munculnya milia.

" Efek samping dari penggunaan moisturizer yang salah adalah berkembangnya milia, benjolan putih kecil yang keras di wajah dan pada area tertentu. Ini adalah kondisi yang sangat umum, jika kamu menggunakan body lotion di wajah, tetapi bisa juga terjadi karena kandungan moisturizer yang terlalu berat," ungkap Dr. Rutledge Forney dari Afiliasi Dermatologi di Atlanta.

Beri Komentar