Ini Ciri-Ciri Moisturizer yang Kamu Pakai Nggak Cocok dengan Kulit, Wajib Tahu!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 22 Januari 2024 18:44
Ini Ciri-Ciri Moisturizer yang Kamu Pakai Nggak Cocok dengan Kulit, Wajib Tahu!
Stop pemakaiannya ya, guys!

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu skincare wajib yang sering jadi andalan perempuan. Moisturizer dipercaya bisa melindungi kulit sekaligus menjaganya tetap terhidrasi. Banyak ahli merekomendasikan agar moisturizer digunakan setiap hari, dan penggunaannya pun harus disesuaikan jenis kulit agar manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

Biasanya, sebelum mendapatkan moisturizer yang cocok, kita akan mencoba beragam brand. Namun, tanpa disadari, gonta-ganti moisturizer ternyata bisa membahayakan kulit. Dilansir dari Healthline, ada beberapa ciri-ciri yang bisa terlihat jika moisturizer yang kamu gunakan tidak cocok untuk jenis kulitmu. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 11 halaman

1. Kulit Jadi Kemerahan

Ilustrasi Wajah Iritasi © Diadona

Moisturizer yang tidak cocok bisa membuat kulit jadi ruam atau kemerahan. Hal ini biasanya berhubungan dengan kandungan yang ada pada moisturizer tersebut.

" Pelembap ringan dan lembut adalah yang terbaik untuk kategori pasien dengan kulit alergi. Meskipun mudah terpikat oleh produk yang membanggakan retinol dan asam hidroksi yang bagus untuk anti-penuaan, bahan-bahan ini mungkin bukan bahan yang tepat untuk jenis kulit sensitif.

Ingat, kesederhanaan adalah kuncinya," ujar Dr. Corey L. Hartman, pendiri dan direktur medis Pusat Kesehatan Kulit Alabama di Birmingham, Alabama, sekaligus asisten profesor klinis dari dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Alabama.

2 dari 11 halaman

2. Kulit Terasa Kering

Ciri kedua yakni kulit menjadi kering, bahkan setelah memakai moisturizer. Biasanya, kulit akan mengelupas serta makeup akan terlihat pecah-pecah.

Jika terjadi hal semacam ini, biarkan kulit mengalami masa pengelupasan (exfoliating) agar menghilang kulit kering dan sel kulit mati. Namun jika kondisi sudah mulai baikan, segera kembalikan kelembapan kulit dengan menggunakan moisturizer yang tepat.

3 dari 11 halaman

3. Muncul Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Untuk kulit yang mudah berjerawat, sebaiknya kamu memilih serum atau moisturizer dengan kandungan yang lebih ringan. Melansir dari Southern Living, kulit yang rentan berjerawat sebaiknya mengenakan moisturizer dengan tekstur gel atau yang berbahan dasar air.

" Lotion dan krim yang lebih berat dapat memperburuk penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan peningkatan produksi minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Labelnya harus mengatakan bebas minyak atau non-komedogenik untuk memastikannya," saran Dr. Corey.

4 dari 11 halaman

4. Kulit Makin Berminyak

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka jangan memakai moisturizer yang berbahan dasar minyak.

" Sebaiknya gunakan moisturizer yang mengandung asam glikolat atau salisilat, yang mungkin berguna untuk melawan kelenjar minyak yang terlalu aktif dan menjaga minyak tetap keluar," ujar Dr. Corey.

5 dari 11 halaman

5. Muncul Milia di Beberapa Bagian

Satu lagi tanda jika kamu mengenakan moisturizer yang tidak tepat, yakni munculnya milia.

" Efek samping dari penggunaan moisturizer yang salah adalah berkembangnya milia, benjolan putih kecil yang keras di wajah dan pada area tertentu. Ini adalah kondisi yang sangat umum, jika kamu menggunakan body lotion di wajah, tetapi bisa juga terjadi karena kandungan moisturizer yang terlalu berat," ungkap Dr. Rutledge Forney dari Afiliasi Dermatologi di Atlanta.

6 dari 11 halaman

Moisturizer untuk Jenis Kulit Kering

Moisturizer yang tepat untuk pemilik kulit kering adalah yang mengandung bahan-bahan humektan (yang menarik air ke dalam kulit), emolien (menghaluskan dan melembutkan kulit), dan oklusif (menyegel kelembapan).

Penting juga memilih produk dengan kandungan bahan-bahan yang hypoallergenic, non-comedogenic, serta tanpa pewarna, pewangi, dan alkohol. Selain itu, moisturizer untuk jenis kulit kering sebaiknya berbentuk krim atau salep, karena teksturnya yang kental bisa menahan air lebih lama di kulit.

Berikut adalah rekomendasi yang bisa kamu coba.

7 dari 11 halaman

SOMETHINC Supple Power Hyaluronic9+Onsen Moisture Bomb Gel

Moisturizer untuk Kulit Kering - SOMETHINC Supple Power Hyaluronic9 Onsen Moisture Bomb Gel © Diadona

Produk lokal yang satu ini punya moisturizer yang bisa melembapkan kulit kamu yang kering, lho. Moisturizer ini diklaim vegan friendly dan mampu melindungi skin barrier, serta dilengkapi dengan 65% Onsen Sui Water yang bisa menjaga agar kulit tetap segar. 

Nggak cuma bikin segar, SOMETHINC Supple Power Hyaluronic9+Onsen Moisture Bomb Gel juga dilengkapi dengan 9 hyaluronic acid serta ceramide complex yang siap untuk menghidrasi kulitmu. Nah, hal yang bikin moisturizer ini  istimewa adalah fungsinya untuk mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit.

Studio Tropik Rich Skin Barrier Cream

Moisturizer untuk Kulit Kering - Studio Tropik Rich Skin Barrier Cream © Diadona

Lagi-lagi datang dari produk skincare lokal buatan Indonesia, Studio Tropik Rich Skin Barrier Cream disebut sebagai cherry on top moisturizer dari rangkaian skincare kamu. Diperkaya kandungan squalane dan probiotics, produk ini mampu untuk mengunci kelembapan kulit serta menjaga skin barrier kamu.

Teskturnya sendiri rich dan dewy sehingga cocok dipakai oleh pemilik jenis kulit normal to dry skin. Skincare ini diklaim tanpa kandungan alkohol dan fragrance. Dibanderol dengan harga Rp69.000 untuk 15 gr, skincare lokal yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan jika kamu memiliki tipe jenis kulit kering.

8 dari 11 halaman

Moisturizer untuk Jenis Kulit Berminyak

Siapa bilang kulit berminyak tak perlu moisturizer? Apapun tipe kulitnya, semua tetap memerlukan moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Memilih moisturizer untuk jenis kulit berminyak memang agak sedikit tricky, tapi tentu ada tips yang bisa kamu ikuti. Cukup pilih produk dengan kata kunci 'bebas minyak' atau 'non-comedogenic'. Selain itu, pilih juga moisturizer dengan bentuk losion atau gel yang ringan.

Berikut rekomendasinya.

9 dari 11 halaman

Moisturizer untuk Kulit Berminyak - SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel © Diadona

SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Saat ini, kebanyakan produk moisturizer memiliki kandungan ceramide yang berfungsi untuk menjaga skin barrier, tak terkecuali SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisturize Gel. Selain ceramide, skincare ini juga dilengkapi dengan bahan hyaluronic acid serta centella, yang diklaim dapat melakukan oil control hingga 24 jam.

Moisturizer ini mampu meminimalisir timbulnya jerawat, kemerahan, kulit bertekstur, dan kulit kering. Selain menjaga, skincare ini juga memperkuat skin barrier agar tidak mudah rusak. Seperti yang tercantum pada nama produknya, 5x ceramide merupakan teknologi modern yang menggabungkan lima jenis ceramide untuk melengkapi fungsi memperbaiki dan menjaga skin barrier.

Wardah Perfect Bright Moisturizer Bright + Oil Control SPF 30 PA+++

Moisturizer untuk Kulit Berminyak - Wardah Perfect Bright Moisturizer Bright Oil Control SPF 30 © Diadona

Dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ sehingga nggak cuma melembapkan, tetapi produk ini juga bisa melindungi kamu dari sinar UV matahari yang menyebabkan kerusakan kulit. Diperkaya dengan kandungan 4x bright berries, Wardah Perfect Bright Moisturizer Bright + Oil Control SPF 30 PA+++ berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, kandungan zinc sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi tampilan berlebih pada wajah kamu. Kemampuan oil control dari moisturizer ini diklaim bertahan hingga 12 jam, lho.

Skincare ini juga nggak menimbulkan komedo karena termasuk produk non-comedogenic. Produk ini juga termasuk hypoallergenic sehingga kecil kemungkinan untuk memunculkan reaksi energi. Harga dari moisturizer ini juga tergolong terjangkau, yakni Rp29.600.

10 dari 11 halaman

Mosturizer untuk Jenis Kulit Berjerawat

Pemilik kulit berjerawat harus memakai moisturizer secara rutin, baik pagi maupun malam. Pilihlah produk dengan label oil-free atau non-comedogenic, karena tidak menyumbat pori-pori.

Kemudian, pilih moisturizer water-based dengan kandungan humektan, seperti glycerin dan hyaluronic acid untuk melembapkan kulit dengan maksimal. Terakhir, pertimbangkan kandungan aloe vera, vitamin E dan teh hijau untuk merawat kulit berjerawat agar tetap sehat.

Berikut adalah rekomendasi moisturizer untuk jenis kulit berjerawat yang bisa kamu pertimbangkan.

11 dari 11 halaman

 

Moisturizer untuk Kulit Berjerawat - NPURE Moisturizer Noni Probiotics Comfort Me Moisturizer © Diadona

NPURE Moisturizer Noni Probiotics " Comfort Me" Moisturizer

Skincare ini punya tekstur ringan sehingga nyaman saat kamu gunakan pada setiap harinya. Diperkaya dengan kandungan 48% natural noni serta probiotics 9 complex, moisturizer ini berfungsi untuk menjaga kulit agar lebih sehat.

Selain kandungan tersebut, NPURE Moisturizer Noni Probiotics " Comfort Me" Moisturizer juga dilengkapi dengan ekstrak chamomile, bisabolol, betaine, allantoin, dan ceramide NP. Nah, kandungan tersebut yang bekerja untuk melembapkan dan menenangkan kulit kamu.

Bahan utama lain dalam moisturizer ini adalah NMF atau natural moisturizing factor yang mampu menghidrasi kulit sehingga menjaga kandungan air yang ada. Moisturizer ini dibanderol dengan harga Rp80.100 dan bisa kamu dapatkan pada toko kosmetik terdekat atau online store.

SOMETHINC Calm Down! Skinpair R-Cover Cream

Moisturizer untuk Kulit Berjerawat - SOMETHINC Calm Down! Skinpair R-Cover Cream © Diadona

Sama seperti moisturizer Somethinc sebelumnya, produk ini juga termasuk dalam vegan friendly. Teksturnya yang ringan, bikin produk ini cocok untuk digunakan sehari-hari. SOMETHINC Calm Down! Skinpair R-Cover Cream dilengkapi dengan kandungan Muru-Muru Butter & Natural Moisture Magnet yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier serta melembapkan kulit.

Skincare ini juga diklaim dapat menghidrasi dan menenangkan kulit dengan cepat karena memiliki bahan CalmDown, Madagascar Centella Asiatica & Encapsulated Ceramide. Pokoknya, kulit kamu bisa terlihat lembut, sehat, kenyal, dan segar!

Kalau kamu merasakan ciri-ciri mousturizer yang kamu gunakan tidak cocok,s segera ganti sesuai dengan tipe kulitmu ya!

Penulis: Olivia, Alvita Maharani

Beri Komentar