7 Cara Membuat Kulit Putih Alami dan Sehat

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 3 November 2022 09:51
7 Cara Membuat Kulit Putih Alami dan Sehat
Dengan pola hidup sehat bisa bantu mencerahkan kulitmu. Berikut cara membuat kulit putih secara alami yang bisa kamu coba.

Mempunyai kulit putih bersih adalah dambaan banyak wanita. Akan tetapi, kamu perlu tahu bahwa membuat kulit putih bukan berarti merubah warna kulitmu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara membuat kulit putih alami.

Dengan bahan-bahan alami dan metode pemakaian yang tepat, kamu bisa memperoleh berbagai manfaat mencerahkan kulit. Cara membuat kulit putih yang terlihat sehat bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. 

Yuk simak informasi cara membuat kulit putih yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut. 

 

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Putih Alami Permanen

Cara Membuat Kulit Putih Alami Permanen © Diadona

Dilansir dari Klikdokter, kamu bisa coba tips di bawah ini untuk mengetahui cara membuat kulit putih permanen. 

Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih sangat baik untuk kesehatan, efektif untuk merawat kulit,  membantu melawan kerutan, dan tanda-tanda penuaan. 

Hindari Paparan Matahari Langsung

Melindungi kulit dari paparan ultraviolet (UV) dengan memakai sunblock minimal 30 SPF. 

Rutin Eksfoliasi 

Bertujuan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat gelap.

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Dengan menggunakan sabun cuci muka yang sesuai kebutuhan kulit mu,makan dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Rutin konsumsi sayur dan buah akan bermanfaat untuk kesehatan kulit sebab kandungannya yang tinggi akan vitamin,  serat,  dan mineral.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Putih Mulus Seperti Artis Korea

Cara Membuat Kulit Putih Mulus Seperti Artis Korea © Diadona

Tips yang satu ini nih bisa buat kulit kamu semulus artis korea. Dilansir dari halodoc.com, ikuti cara membuat kulit putih mulus seperti artis korea berikut.

Minum Cukup Air Putih

Wanita Korea rajin memenuhi kebutuhan air putih minum setiap hari supaya tidak dehidrasi, dapat membantu melembabkan, dan menyehatkan kulit dari dalam. 

Konsumsi Buah dan Sayur

Dalam menu makanan sehari-hari, wanita korea selalu mengonsumsi buah dan sayur. Sebab membantu menyehatkan pencernaan dan efektif menambah asupan air di dalam tubuh. 

Membersihkan Wajah

Salah satu teknik membersihkan wajah yang populer di korea adalah 4-2-4. Pertama membersihkan wajah memakai cleansing oil selama 4 menit, lalu menggunakan facial wash selama 2 menit, dan membilas menggunakan air hangat dan air dingin selama 4 menit. 

Masker Wajah Secara Rutin

Menggunakan dua macam masker setiap minggunya (membersihkan dan menutrisi)  membuat kulit tampak lebih halus.

Menggunakan Krim Pelembab

Untuk mencegah penuaan dini, wanita Korea selalu rajin menggunakan neck cream, lip dan eye cream.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Putih Menggunakan Kopi

Cara Membuat Kulit Putih Menggunakan Kopi © Diadona

Masih dari Alodokter, ini nih cara membuat kulit putih menggunakan kopi. Pastinya mudah banget loh!

Membuat masker kopi dengan minyak zaitun

Masker kulit yang dibuat dari campuran kopi dan minyak zaitun baik dinilai efektif untuk memutihkan wajah jika dilakukan secara rutin setidaknya 2–3 kali seminggu.

Membuat masker kopi dengan yoghurt

Masker ini sangat baik untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati, memudarkan bintik-bintik hitam, mengecilkan pori-pori, serta mencerahkan kulit.

Membuat scrub kopi

Rutin menggunakan scrub dari kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah penuaan dini, serta mencerahkan wajah

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Putih Glowing

Cara Membuat Kulit Putih Glowing © Diadona

Penasaran nggak sih gimana cara membuat kulit putih glowing? Kamu bisa ikuti tips cara membuat kulit putih glowing yang dikutip dari hellosehat.com di bawah ini.

Cara Membuat Kulit Putih Glowing:

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi dengan memenuhi kebutuhan sayur, buah, susu rendah lemak, dan membatasi manisan.
  2. Minum air putih yang banyak untuk mencegah kulit kering
  3. Menggunakan tabir surya setiap hari
  4. Mendapatkan tidur yang cukup
  5. Memakai krim malam dapat membantu melembabkan, menenangkan, dan memperbaiki tekstur kulit saat tidur.

5 dari 7 halaman

Bagaimana Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat?

Ilustrasi Kulit Sehat © Diadona

Pada dasarnya, tidak ada cara alami atau aman untuk memutihkan kulit dengan cepat. Kulit yang sehat dan cerah tercapai dengan perawatan kulit yang teratur, konsumsi makanan sehat, hidrasi dan tidur yang cukup, serta menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

Namun, jika kamu punya masalah kulit seperti noda hitam atau hiperpigmentasi yang ingin diatasi, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh dan lakukan

Pertama, gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi. Ini akan melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak dan memperburuk kondisi kulit.

Lalu, jangan lupa gunakan produk pemutih kulit yang mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin C, asam kojic, atau arbutin untuk membantu menghilangkan noda hitam dan memperbaiki warna kulit.

Yang nggak kalah penting juga, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan yang mengandung omega-3. Semua itu dapat membantu memperbaiki kondisi kulit kamu.

Sekali lagi ya, kulit cerah dan sehat tidal bisa didapatkan dengan cara yang cepat. Ada perawatan yang harus kamu lakukan dengan baik. Lagi pula, terlalu banyak mengandalkan produk pemutih kulit akan membahayakan kesehatan kulit dan menyebabkan efek samping yang tidak kamu inginkan loh.

6 dari 7 halaman

Apa Pemutih Kulit Alami yang Aman?

Ilustrasi Kulit Sehat Alami © Diadona

Berbicara tentang apakah ada pemutih kulit alami yang aman, tentu saja ada. Namun, balik lagi ke tipe kulit masing-masing orang. Oleh sebab itu, mau menggunakan bahan apapun, selalu konsultasikan ke ahlinya terlebih dahulu.

Sekali lagi, pemutih kulit alami ini hanya sebagai pendukung saja bukan faktor utama. Faktor utama pemutih kulit adalah melakukan perawatan secara menyeluruh dengan baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa bahan pemutih kulit alami yang bisa kamu gunakan untuk mendukung perawatan kulit kamu. Semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kamu saja.

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Gunakan irisan lemon segar dan oleskan pada kulit secara teratur.

Yoghurt

Yogurt mengandung asam laktat dan probiotik yang membantu menghidrasi kulit dan mencerahkan kulit. Gunakan yogurt alami tanpa gula dan oleskan pada wajah sebagai masker selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Madu

Madu adalah agen pemutih kulit alami yang membantu menghilangkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Oleskan madu pada wajah selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Kunyit

Kemudian ada kunyit yang mana adalah bahan alami yang membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Gunakan kunyit bubuk dengan sedikit air dan oleskan pada kulit selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

Kenapa Saya Tidak Bisa Putih?

Ilustrasi Kulit Sehat © Diadona

Secara alami, warna kulit manusia ditentukan oleh kadar pigmen melanin dalam kulit, yang diproduksi oleh sel melanosit. Semakin banyak melanin yang dihasilkan oleh melanosit, semakin gelap warna kulit.

Kemudian, kulit manusia sebenarnya dapat menjadi lebih terang atau lebih gelap dalam jangkauan tertentu tergantung pada banyak faktor seperti paparan sinar matahari, pengaruh hormon, genetik, usia, dan kondisi kesehatan kulit. Setiap orang memiliki warna kulit yang unik dan ditentukan oleh beberapa faktor tersebut.

Yang paling penting nih Diazens, sangat penting untuk menerima dan mencintai kulit kamu sebagaimana adanya. Juga, tetap fokus pada menjaga kulit agar tetap sehat dengan merawatnya secara teratur dengan cara-cara yang aman.

Beri Komentar