Cara Memakai Masker Jeruk Nipis dan Bengkuang untuk Wajah dengan Benar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 31 Januari 2020 16:10
Cara Memakai Masker Jeruk Nipis dan Bengkuang untuk Wajah dengan Benar
Dengan cara memakai masker yang benar, maka seluruh manfaatnya akn terserap baik oleh kulit.

Masker wajah jadi perawatan paling mutakhir untuk merawat kulit kamu. Dari dermatologis mengatakan kalau cara memakai masker dilakukan dengan benar, maka bisa banget kok memperbaiki kulit kamu dengan banyak cara yang berbeda.

Cara memakai masker wajah yang benar bisa membantu minyak berlebih, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengurangi peradangan. Lagian kamu juga bsia melakukannya sambil berbaring, bersantai, menonton televisi dan memberikan suasana yang santai.

1 dari 4 halaman

Cara Memakai Masker yang Benar

ilustrasi masker wajah © Diadona

Cara memakai masker yang benar akan mengoptimalkan semua manfaat masker untuk kulit kamu.

Bersihkan Wajah Sebelum Pemakaian Masker

Sebelumnya, cara memakai masker yang benar harus diawali dengan pembersihan wajah terlebih dahulu. Untuk ini, kamu harus berhati-hati melakukannya. Temukan pembersih wajah yang dirancang untuk jenis kulit kamu dan gunakan secara bebas sebelum menggunakan masker wajah kamu.

Dalam cara memakai masker, pembersihan dapat membantu mempersiapkan kulit kamu untuk menyerap nutrisi dan bahan aktif dari masker, serta memaksimalkan keefektifannya.

Gunakan Pelembab

Cara memakai masker yang benar haruslah diakhiri dengan melembabkan kulit. Pilih pelembab yang dirancang untuk jenis kulit kamu, dan oleskan lapisan tipis setelah melepaskan masker wajah kamu.

Penggunaan pelembab sebagai penutup dalam cara memakai masker inid apat membantu menjaga kulit kamu tetap terhidrasi, dan memaksimalkan efek penuh dari masker kamu.

 

2 dari 4 halaman

Cara Memakai Masker Wajah

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

 

Nggak asal pilih masker, cara memakai masker haru memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Pilih Sesuai Jenis Kulit

Kulit Kering : krim pelembab atau sheet mask baik untuk jenis kulit ini.

Dalam cara memakai masker untuk kulit kering, beberapa ahli merekomendasikan penggunaan semalaman untuk hidrasi maksimum. Masker dalam bentuk krim ini biasanya dilepaskan dari wajah dalam dua cara, yakni dibilas dengan air atau dilepaskan setelah kering. Cara memakai masker ini yakni hindari krim di bibir, mata, dan alis.

Cara memakai sheet mask.
- lepaskan masker lembar dari kemasannya dan buka lipatannya tanpa sobek.
- Sejajarkan topeng dengan bentuk wajah, mata, hidung, dan mulut kamu.
- Dengan lembut tekan masker ke bentuk wajah kamu sampai menempel dengan merata.

Kulit berminyak : gunakan masker berbasis clay. Ini karena bahan tersebut sangat menyerap minyak, membantu membersihkan kotoran dari dalam pori-pori.

Untuk cara memakai masker clay, celupkan ujung jari ke clay lalu sebarkan merata ke wajah hingga ke leher bagian atas.

Sensitif : masker jenis gel
Kulit hiperpigmentasi : masker dengan kandungan antioksidan

3 dari 4 halaman

Cara Memakai Masker Jeruk Nipis yang Benar

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Kalau digunakan dengan benar, asam seperti asam alfa hidroksi dan asam hidroksi beta dapat bagus untuk kulit kamu. Ini karena bahan tersebut mampu menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengusir sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya, bersinar dari dalam.

Namun, ketika diaplikasikan secara tidak benar, asam dapat merusak kulit kamu. Jeruk nipis sering digunakan untuk masker, namun cara memakai masker jeruk nipis harus digabung dengan bahan lain untuk mengurangi kadar keasamannya.

Jeruk Nipis dan Madu

Cara memakai masker dari jeruk nipis dan madu biasanya digunakan untuk menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori. Dikutip dari healthline.com, ini lho cara memakai masker jeruk nipis dan madu

Bahan
1/2 sendok madu mentah
1 sendok teh jus lemon
1 putih telur

Pembuatan
Campurkan bahan-bahan tersebut dalam mangkuk dan aduk selama 1 hingga 2 menit. Kamu akan tahu itu tercampur cukup baik ketika komponen berbusa.

Cara Memakai Masker Jeruk Nipis, Madu dan Putih Telur

  • Gunakan jari-jari kamu atau sikat kecil dan bersih untuk mengoleskan campuran itu ke wajah kamu yang baru saja dicuci.
  • Hindari area mata saat kamu mengaplikasikannya.
  • Oleskan campuran setebal mungkin tanpa membiarkannya menetes.
  • Biarkan masker mengering selama 20 hingga 30 menit. Lepaskan lebih awal jika kamu merasa masker telah mengering dan mengencang di kulit kamu.
  • Bilas kulit kamu dengan air hangat atau dengan menggunakan lap basah yang lembut.
  • Tepuk-tepuk wajah kamu hingga kering
  • Oleskan pelembab ringan.

Cara memakai masker dari dua bahan tersebut sebetulnya bisa kamu variasikan tergantung kebutuhan dan kondisi kulit kamu.

Cara memakai masker untuk kulit yang cenderung berjerawat. Campurkan 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh soda kue. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Meski begitu, kamu harus memperhatiakn bahwa bisa saja bahan tersbeut nggak sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Cara memakai masker untuk kulit hiperpigmentasi
Campurkan 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan yogurt tawar, dan 1/4 sendok teh bubuk kunyit. Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Cara memakai masker untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Campurkan dua sendok makan madu, air dari satu irisan jeruk nipis, dan satu sendok teh kayu manis. Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Yang harus kamu ingat dalam cara memakai masker jeruk nipis yakni jeruk punya sifat sangat asam dan dapat menyebabkan iritasi kulit, kekeringan, dan kerusakan akibat sinar matahari, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Kunci untuk cara memakai masker jeruk nipis dengan aman adalah dengan menggunakan sedikit saja pada kulit kamu.

 

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Masker Bengkoang

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Manfaat kecantikan dari umbi satu ini didapat dari campuran mineral, vitamin, fitonutrien, serat makanan , vitamin C, vitamin E, folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, dan besi. Banyak banget, kan?

Selain dikonsumsi langsung, bengkuang bisa diaplikasikan dalam bentuk masker. Seperti apa cara membuat dan cara memakai masker bengkoang?

Masker Bengkoang dan Putih Telur

Nggak jarang dalam cara membuat masker bengkoang ditambahkan beberapa bahan alami untuk memperkaya kandungan nutrisinya, sekaligus meningkatkan manfaat bengkuang.

Dengan mencampurkan putih telur dalam cara membuat masker bengkoang, maka akan menambah efek mengencangkan dan membersihkan kulit yang didapat dari putih telur.

Cara membuat masker bengkoang dan putih telur

  • Kuliti dan cuci bersih buah bengkuang.
  • Kamu bisa memotongnya dalam ukuran kecil atau tidak
  • Parut bengkoang hingga habis
  • Tanpa perlu menambahkan air, peras air bengkoang
  • Diamkan air perasan hingga mengendap
  • Dengan berhat-hati, pisahkan antara air dan endapan. Endapan inilah yangg akan digunakan dalam cara membuat masker masker bengkuang
  • Campur endapan dengan putih telur, gunakan untuk masker kulit.

Cara memakai masker bengkuang

  • Dengan menggunakan kuas, aplikasikan masker bengkoang ke wajah secara merata
  • Hindari area seperti mata, dan bibir
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering
  • Bilas dengan air bersih

Beri Komentar