13 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami dengan Garam dan Jeruk Nipis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 29 Desember 2019 07:26
13 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami dengan Garam dan Jeruk Nipis
Masalah ketombe yang dialami banyak orang nyatanya bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana.

Ketombe di kulit kepala bisa jadi masalah yang mengganggu. Selain gatal yang tak tertahankan, ketombe membuat kamu jadi nggak bisa bebas bereksperimen dengan model rambut. Maunya dibelah tengah, tapi malah menampakkan kulit kepala yang ada ketombenya. Mau pakai baju berwarna gelap pun takut menampakkan ketombe yang berguguran.

Sedihnya, ketombe membentuk persepsi orang tentang kebersihan diri. Dikira jorok lah, atau jarang keramas. Maka, untuk kamu yang sedang bermasalah dengan ketombe, yuk coba atasi dengan cara menghilangkan ketombe seperti di bawah ini yang dilansir dari berbagai sumber (17/12)

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel dan Parah

 

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © 2019 https://www.diadona.id/@timesofindia.indiatimes

Sebelum masuk ke dalam cara menghilangkan ketombe, mungkin kamu ingin tahu bagaimana ketombe bisa terjadi. Sayangnya sampai saat ini pun penyebabnya masih belum diketahui. Cuman yang pasti, dan mungkin melegakan buat kamu, ketombe nggak ada hubungannya dengan faktor kebersihan diri.

Kemungkinan munculnya ketombe bakalan lebih besar pada mereka yang malas keramas. Kamu juga mungkin pernah melihat kasus ketombe parah nan membandel pada mereka. Tapi tenang aja, ketombe memang bikin malu dan susah buat dihilangkan, namun bukan berarti nggak ada yang bisa dilakukan.
G

Ganti Shampoo Kamu dengan Shampoo Anti Ketombe

Kalau kamu berpikir bahwa semua shampoo tuh sama aja, nah kamu salah besar. Produk shampoo dengan klaim sebagai cara menghilangkan ketombe memang mengandung bahan tertentu yang berfungsi untuk itu.

Beberapa diantaranya yakni

  • ketoconazole
  • selenium sulfida
  • zinc pyrithione
  • coal tar, dan
  • asam salisilat.

Satu merk shampoo dengan satu atau kombinasi beberapa bahan tersebut mungkin efektif hanya untuk suatu waktu. Jadi untuk hasil yang lebih maksimal dalam cara menghilangkan ketombe, nggak ada salahnya untuk mengganti satu shampoo anti ketombe kamu dengan shampoo anti ketombe yang lainnya.

Minyak Sereh

Secara tradisional, minyak sereh sering digunakan untuk obat dari masalah pencernaan, tekanan darah dan stress. Sedangkan untuk cara menghilangkan ketombe, minyak sereh diandalkan dari kandungan antimikro dan antiinflamasinya. Sebuah penemuan kecil di tahun 2015 menyebut, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak sereh bisa mengurangi 81 persen ketombe cuman dalam waktu dua minggu saja.

Pengaplikasikan minyak sereh secara langsung sebagai cara menghilangkan ketombe ke kulit kepala bisa menyebabkan iritasi. Kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan air. Atau, kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetesnya ke dalam shampoo atau kondisioner kamu.

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil diperoleh dari sifat antivirus, antijamur dan antibakteri bahan tersebut. Secara komersial, minyak ini tersedia dalam berbagai konsentrasi dan mudah menguap. Biasanya, minyak ini dikombinasikan dengan minyak yang lain, atau dicampur dalam minyak urut, shampoo, atau sabun mandi.

Keberadaan ketombe di kulit kepala biasanya disebabkan oleh jamur Malassezia. Pada beberapa orang, jumlah jamur ini meningkat karena faktor kebersihan yang kurang baik, misalnya jarang keramas. Namun bisa juga hal ini terjadi karena kondisi medis tertentu.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa shampoo dengan kandungan 5 persen tea tree oil nyatanya efektif sebagai cara menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur ini. 

Minyak Kelapa

Terkenal dengan berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa sering juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Baking Soda

Baking soda diyakini sebagai exfoliant yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal.

Soda kue juga memiliki khasiat antijamur yang bisa bermanfaat untuk cara menghilangkan ketombe.

Coba deh oleskan baking sode ke rambut yang basah dan pijatkan ke kulit kepala. Biarkan selama satu atau dua menit lalu lanjutkan keramas seperti biasa.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Permanen

lemonlemon © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Mengganti shampoo dengan bahan tertentu bisa saja nggak cuman berpengaruh ke ketombe di kulit kepala, namun juga kondisi rambut kamu secara keseluruhan. Misalnya, kulit kamu jadi bebas ketombe namun rambut kamu jadi kasar dan kering. Solusi mengganti shampoo dalam cara menghilangkan ketombe jadi terlihat bukan satu-satunya pilihan yang tepat, kan?

Setelah itu, mungkin kamu ingin mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Selain aman, cara ini juga murah dan mudah. Kamu juga nggak perlu lagi mengganti shampoo yang sudah terlanjur kamu cintai.

Daun Sirsak

Zat asetogenin dalam daun sirsak mampu menghambat laju energi yang dibutuhkan dalam perkembangan sel kanker. Asetogenin ini pula punya sifat beracun bagi serangga dan parasit. Makanya, daun sirsak juga bisa digunakan untuk menghambat dan cara menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan daun sirsak bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan beberapa lembar daun sirsak yangs udah dicuci bersih
  • Haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk
  • Tambahkan sedikit air
  • Aplikasikan ke rambut secara merata
  • Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih

Jeruk Lemon

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lemon didapat dari kandungan vitamin C, asam sitrat, flavonoid dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, lemon juga bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dalam mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut dan menghilangkan serpihan kulit kepala. Lemon sendiri sudah jadi bahan yang umum digunakan dalam shampoo lho.

Untuk penggunannya, kamu bisa mengkombinasikan lemon dengan berbagai bahan alami yang kamu punya di rumah. Misalnya, dengan madu, atau minyak kelapa. Campur beberapa tetes lemon dengan bahan tersebut, lalu oleskan ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

Lidah Buaya

Sejak dulu, lidah buaya sudah dikenal luas untuk mempercantik dan mengatasi masalah rambut. Sebuah penelitian di tahun 2015 yang menguji 25 orang memberikan bukti kalau lidah buaya bisa mengobati ketombe yang berbentuk dermatitis seboroik. Kamu bisa mengambil gel lidah buaya langsung dari tanamannya, atau membelinya gel lidah buaya di toko kalau tidak mau repot sebagai cara menghilangkan ketombe.

Kurangi Stres

Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan, termasuk kesehatan tubuh dan juga mental. Dan meskipun nggak menyebabkan ketombe, ternyata stres bisa memperburuk gejalanya.

Kalau kamu stres, maka kekebalan tubuh kamu bisa menurun, trus nggak bisa melawan infeksi jamur yang jadi penyebab ketombe.

Cuka Sari Apel

Tingkat keasaman dari produk ini dipercaya bisa membantu stimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan cara menghilangkan ketombe.

Sayangnya, nggak ada penelitian yang benar-benar membuktikan hal ini. Dan kalau kamu ingin mencobanya, jangan lupa encerkan bahan ini dengan minyak lain ya untuk menurunkan tingkat keasamannya.

Aspirin

Yup, aspirin untuk obat sakit kepala itu lho?

Dilansir dari Healthline, asam salisilat adalah salah satu senyawa utama yang ditemukan dalam aspirin yang bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi. Asam salisilat bekerja dengan membantu menghilangkan kulit bersisik dan melonggarkan serpihan sehingga dapat dihilangkan.

Untuk cara menghilangkan ketombe, cukup hancurkan dua butir aspirin lalu tambahkan bedak ke shampo sebelum kamu mulai keramas.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Ilustrasi GaramIlustrasi Garam © 2019 https://www.diadona.id/OneFox@pixabay

Ketombe ternyata bisa diatasi dengan solusi sederhana yang ada di setiap dapur rumah, yaitu garam. Yup! Garam sudah terkenal untuk terapi kulit dan tubuh, dan ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan kulit kepala. Malahan, penggunaan garam sudah jadi solusi kuno sebagai cara menghilangkan ketombe di masyarakat India.

Garam bisa membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sebum, termasuk juga menyerap kelembaban di kulit kepala kamu. Kelebihan minyak di kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe juga akan diserap oleh garam. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan garam?

Gunakan Garam di Kulit Sebelum Keramas

Selain mengurangi serpihan ketombe, garam juga akan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sekaligus menyerap kelembaban berlebih. Setelah garam menyentuh kulit kepala, pijat sebentar lalu diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, cuci rambut kamu sampai bersih.

Mencampur Garam dengan Minyak Essensial

Campurkan 2 atau 3 sendok makan garam laut dengan minyak jojoba, minyak zaitun atau minyak kepala. Pijat kulit kepala kamu sebentar, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk NipisIlustrasi Jeruk Nipis © 2019 https://www.diadona.id/@pexels

Jeruk nipis punya berjuta manfaat untuk kulit dan kecantikan, dan ternyata juga bisa sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Hampir sama seperti halnya lemon, kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis sering digunakan dalam formulasi shampoo. Coba hitung deh berapa jumlah merk shampoo yang menggunakan jeruk nipis dalam varian produknya.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa dengan langsung menggosokkannya pada kulit kepala. Lakukan hal ini seblum keramas, dan biarkan selama beberapa menit agar kandungannya terserap sempurna. Lalu, bilas sampai bersih.

Jeruk nipis bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan yang kamu punya di rumah, misalnya madu, minyak essensial, santan, lidah buaya, hingga telur. Dengan begini, kamu juga bisa mengambil manfaat lain dari bahan-bahan yang kamu kombinasikan. Jangan lupa lakukan setiap perawatan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan ketombe berdasarkan ulasana Diadona tersebut cukup mudah kan. Jadi, kamu mau pakai cara yang mana nih?

Beri Komentar